... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

LBH Street Lawyer Kritik Narasi Achmad Yurianto Soal Penyebaran Corona

Foto: Wabah Corona.

KIBLAT.NET, Jakarta – Statemen Jubir Pemerintah khusus penanganan COVID-19, Achmad Yurianto terkait penyebaran Corona tuai kontroversi. Sebagaimana diketahui, ia mengatakan bahwa yang kaya melindungi yang miskin agar bisa hidup dengan wajar dan yang miskin melindungi yang kaya agar tidak menularkan penyakitnya.

Menurut anggota LBH Street Lawyer, Ali Alatas, narasi tersebut memberikan pesan seolah penyebaran Covid-19 berbanding lurus dengan kesenjangan sosial. Karena Yuri mengasosiasikan hanya si miskin saja yang menyebarkan penyakit Covid-19.

“Padahal sesungguhnya penyakit tersebut tidak mengenal kelas dan strata masyarakat,” katanya dalam keterangan pers yang diterima Kiblat.net pada Ahad (29/03/2020).

Ia menegaskan bahwa tujuan bagi didirikannya Negara Republik Indonesia diantaranya untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, yang dilakukan tanpa melihat strata sosial. Sehingga kelas sosio-ekonomi seseorang tidak relevan dalam upaya pemenuhan tanggung jawab negara untuk melindungi segenap bangsa dan warga negara Indonesia

“Maka, pernyataan tersebut sangat bertentangan dengan Pancasila, yang salah satu silanya berbunyi ‘Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia’, yang mana kami khawatirkan akan memecah belah bangsa Indonesia lewat Narasi Kelas sosial dalam menghadapi wabah menular Covid-19,” paparnya.

Pihaknya menuntut Pemerintah untuk fokus pada pemenuhan akses pelayanan kesehatan terhadap masyarakat miskin dengan terutama memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dalam penangan Covid-19. Misalnya APD dan Alat kesehatan serta fasilitas kesehatan lainnya, juga keselamatan kerja dan kesejahteraan tenaga kesehatan.

BACA JUGA  Masjid-masjid di Arab Saudi Kembali Dibuka

“Sehingga tenaga kesehatan tidak lagi memikirkan hal lain selain perjuangannya merawat masyarakat yang sakit, tidak melihat kelas sosialnya,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Heal the World, Make it Better Place

Mari sembuhkan bumi, membuatnya jadi tempat yang lebih baik. Sang penyanyi telah meninggal, namun sepenggal lagu tentang bumi mengingatkan kita, manusia, akan satu hal besar yang terlupakan.

Ahad, 29/03/2020 12:17 0

Artikel

Lockdown, Simalakama bagi Jokowi

Meski tak dijelaskan spesifik, Jokowi seolah menyatakan bahwa lockdown tak sesuai dengan karakter bangsa Indonesia.

Sabtu, 28/03/2020 19:20 0

Suara Pembaca

Ibu Bercita-cita Mulia

Covid-19 bukan hanya berdampak pada para pekerja, atau kondisi ekonomi saja, akan tetapi para siswa-siswi dari segala jenjang pendidikan pun kena imbasnya. Mereka dengan terpaksa diliburkan dan menjalankan tugas sekolah dari rumah masing-masing dengan bantuan para orang tua. Adanya perpanjangan masa libur oleh pihak sekolah membuat beberapa orang tua mengeluh.

Sabtu, 28/03/2020 16:46 0

Afrika

Pertempuran di Libya Memanas di Tengah Ancaman Pandemi Corona

UEA, Mesir, dan Rusia mendukung Tentara Nasional Libya secara militer, sementara pemerintah Kesepakatan Nasional mendapat dukungan dari Turki.

Sabtu, 28/03/2020 09:59 0

Suara Pembaca

Merindukan Imam Nawawi Bersama Sri Mulyani

Oleh: Azzam Diponegoro KIBLAT.NET – Di tengah penanganan wabah corona yang mulai menuai kritik, pemerintah...

Sabtu, 28/03/2020 06:55 0

Turki

Mantan Pasien Corona: Penyakit Ini Bisa Dimenangkan

KIBLAT.NET, Ankara – Orang-orang dari berbagai belahan dunia, yang tertular penyakit virus corona asal China,...

Kamis, 26/03/2020 16:10 0

Selandia Baru

Setahun Berlalu, Pelaku Penembakan Masjid Selandia Baru Akhirnya Mengaku Bersalah

Tarrant mengaku bersalah atas 51 tuduhan pembunuhan, 40 percobaan pembunuhan, dan tuduhan terorisme.

Kamis, 26/03/2020 14:23 0

Video Kajian

Sikap Zuhud di Tengah Wabah Corona

Di tengah wabah corona ini mari kita sejenak merenung, sejenak kita melihat ke dalam diri kita, barang kali kita mendapati dalam jiwa kita ada ketakutan - ketakutan.

Kamis, 26/03/2020 11:27 1

Tarbiyah Jihadiyah

Bertahan di Tengah Wabah Corona dengan Zuhud

Di tengah wabah corona, muncul ketakutan dan kekhawatiran. Ada ketakutan anak dan istri tidak makan dengan layak, ada kekhawatiran harga-harga melambung tinggi, khawatir kehilangan pekerjaan dan kekurangan pendapatan.

Kamis, 26/03/2020 07:22 0

Prancis

Epidemi Corona Paksa Prancis Tarik Pasukan dari Irak

Irak, yang perbatasan dengan Iran, terpukul keras oleh epidemi Covid-19 dan secara resmi menghitung kematian sekitar 1.700 orang akibat virus ini.

Kamis, 26/03/2020 07:05 0

Close