... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Penyebaran Virus Semakin Meluas, DPR Minta Pemerintah Pertimbangkan Opsi Lockdown

Foto: Anggota Komisi VII DPR RI, Rofik Hananto. (Foto: Parlementaria)

KIBLAT.NET, Jakarta – Penyebaran pandemi virus Corona yang kian meluas dan menelan banyak korban jiwa membuat anggota Komsi VII DPR-RI, Rofik Hananto meminta agar pemerintah mulai mempertimbangkan opsi lockdown sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, Cina tersebut.

Diketahui, hingga Kamis sore (26/03/2020) jumlah pasien positif terinfeksi virus Covid-19 bertambah menjadi 893 orang orang. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 78 orang, dengan jumlah yang sembuh 35 orang. Melihat kondisi penyebaran yang semakin meluas, Rofik mengingatkan agar Pemerintah segera mempertimbangkan langkah lockdown.

“Saya meminta Pemerintah untuk segera mempertimbangkan langkah lockdown atau karantina wilayah, mengingat wabah virus corona ini semakin hari semakin meluas dan memakan banyak korban,” kata Rofik melalui pernyataan tertulis pada Kamis.

Rofik menambahkan, penyebaran virus Corona ini paling banyak dibawa oleh para pemudik yang kembali ke kampung halaman.

“Ini betul-betul mengerikan, daerah yang sebelumnya tidak ditemukan kasus positif Corona, kini mulai ditemukan kasus positif, dan jumlahnya setiap hari semakin meningkat. Apabila Pemerintah lambat mengambil sikap, dikhawatirkan kondisi ini semakin buruk dan justru akan semakin sulit untuk dikendalikan,” imbuhmya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, saat ini para tenaga medis sudah kewalahan menangani pasien corona meski dengan peralatan seadanya. Ia menilai, bertambahnya pasien positif Covid-19 di Indonesia tidak diimbangi dengan ketersediaan tenaga medis dan peralatan yang memadai, sehingga semakin memperburuk keadaan.

BACA JUGA  Pandemi Corona, Jokowi Tetapkan Status Darurat Kesehatan

“Para tenaga medis kita hari ini sudah mulai kewalahan menangani pasien Covid-19, apabila pemerintah tidak segera mengambil keputusan yang tepat, dikhawatirkan kondisi ini akan semakin buruk,” ujar Rofik.

Seperti diketahui, langkah lockdown juga telah dilakukan oleh beberapa negara seperti Cina, italia, Inggris, Spanyol, Malaysia, dan beberapa negara lain. Arab Saudi juga baru saja menerapkan lockdown untuk Mekkah, Madinah dan Riyadh. Amerika Serikat juga sudah me-lockdown San Fransisco. Bahkan India juga telah mengambil langkah lockdown menyeluruh.

 

Reporter: Qoid

Editor: Guntur Aji

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Mantan Pasien Corona: Penyakit Ini Bisa Dimenangkan

KIBLAT.NET, Ankara – Orang-orang dari berbagai belahan dunia, yang tertular penyakit virus corona asal China,...

Kamis, 26/03/2020 16:10 0

Selandia Baru

Setahun Berlalu, Pelaku Penembakan Masjid Selandia Baru Akhirnya Mengaku Bersalah

Tarrant mengaku bersalah atas 51 tuduhan pembunuhan, 40 percobaan pembunuhan, dan tuduhan terorisme.

Kamis, 26/03/2020 14:23 0

Video Kajian

Sikap Zuhud di Tengah Wabah Corona

Di tengah wabah corona ini mari kita sejenak merenung, sejenak kita melihat ke dalam diri kita, barang kali kita mendapati dalam jiwa kita ada ketakutan - ketakutan.

Kamis, 26/03/2020 11:27 1

Prancis

Epidemi Corona Paksa Prancis Tarik Pasukan dari Irak

Irak, yang perbatasan dengan Iran, terpukul keras oleh epidemi Covid-19 dan secara resmi menghitung kematian sekitar 1.700 orang akibat virus ini.

Kamis, 26/03/2020 07:05 0

Timur Tengah

Khawatir Disalahgunakan, Kuwait Tarik Peredaran Obat Anti-Malaria Chloroquine

KIBLAT.NET, Dubai – Kementerian Kesehatan Kuwait memutuskan untuk menarik semua obat yang mengandung obat anti-malaria...

Rabu, 25/03/2020 16:27 0

India

Aksi Protes terhadap UU Anti-Muslim di India Terus Berlanjut

Aksi diikuti oleh puluhan orang, banyak dari mereka perempuan, yang melawan ketakutan akan virus corona.

Rabu, 25/03/2020 16:06 0

News

Facebook Akan Saring Informasi Liar soal Corona

KIBLAT.NET, Bekasi – Instagram meluncurkan fitur baru pada Selasa (24/03/2020) yang memungkinkan pengguna untuk terhubung...

Rabu, 25/03/2020 11:24 0

Artikel

Peran Alim Ulama di Tengah Wabah Corona

Pandemi Covid-19 memang hal yang sepantasnya menimbang pendapat ilmiah dari para pakar medis. Tetapi bukan berarti ulama kehilangan perannya. Justru ketika kita melihat fenomena pemimpin yang tak sigap, kepanikan di masyarakat, cara pandang beragama yang menafikan sains atau cara pandang alam yang menafikan agama, disitulah ulama sebenarnya sangat dibutuhkan.

Rabu, 25/03/2020 11:16 0

Afghanistan

Empat Tentara NATO di Afghanistan Positif Covid-19

Kebanyakan dari mereka baru saja tiba di Afghanistan.

Rabu, 25/03/2020 08:50 0

Afrika

70 Tentara Nigeria Tewas Disergap Gerilyawan Jihadis

Konvoi militer itu berangkat dari ibu kota, Maiduguri, dalam perjalanan untuk melancarkan serangan ke sebuah kamp bagi para jihadis yang berafiliasi dengan Daulah Islamiyah (ISIS) di wilayah itu. Demikian kata seorang anggota milisi yang didukung pemerintah.

Rabu, 25/03/2020 08:18 0

Close