... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Facebook Akan Saring Informasi Liar soal Corona

Foto: Facebook.

KIBLAT.NET, Bekasi – Instagram meluncurkan fitur baru pada Selasa (24/03/2020) yang memungkinkan pengguna untuk terhubung lebih mudah melalui video dan konten bersama. Hal ini sebagai bagian dari langkah untuk memudahkan isolasi terkait pandemi virus corona. Jejaring sosial milik Facebook itu juga mengumumkan upaya baru untuk mempromosikan konten yang dapat dipercaya tentang wabah dan menghentikan penyebaran informasi yang salah.

Adam Mosseri, kepala Instagram, mengatakan kepada para jurnalis bahwa fitur “co-watching” yang baru memungkinkan orang untuk terhubung di secara online saat mengobrol lewat video. Ini fitur penting di mana banyak orang di seluruh dunia terputus dari teman dan keluarga karena perintah “berlindung di tempat”.

“Kita bisa memainkan peran dalam membantu mengatasi kesepian itu,” katanya.

Layanan berbagi gambar dengan lebih dari satu miliar pengguna di seluruh dunia ini juga mengumumkan akan meningkatkan upaya untuk memberikan informasi yang diverifikasi dan membasmi hoaks.

Mosseri mengatakan Instagram tidak melihat penyebaran informasi yang terkoordinasi, tetapi “saran yang buruk.” dan solusi yang belum terbukti. Dari sini, Instagram mengarahkan pengguna ke informasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan kementerian kesehatan setempat.

Instagram mengatakan akan menambahkan “stiker” yang menandakan informasi virus corona yang terverifikasi dan akan menghapus konten tentang klaim kesehatan “kecuali diposting oleh organisasi kesehatan yang kredibel.”

Jejaring sosial itu juga mengatakan akan menawarkan tautan donasi untuk organisasi nirlaba dan menawarkan kiat untuk menjaga jarak sosial (social distance). Inisiatif ini mengikuti upaya serupa oleh Facebook pada platform sosial intinya serta pada layanan Messenger dan WhatsApp dan oleh platform lain seperti YouTube dan Twitter.

BACA JUGA  Bosan di Rumah? Berkemah Bisa Jadi Alternatif Hindari Corona

Lebih dari dua miliar orang menggunakan setidaknya satu “keluarga” aplikasi Facebook setiap hari.

Sumber: AFP
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Peran Alim Ulama di Tengah Wabah Corona

Pandemi Covid-19 memang hal yang sepantasnya menimbang pendapat ilmiah dari para pakar medis. Tetapi bukan berarti ulama kehilangan perannya. Justru ketika kita melihat fenomena pemimpin yang tak sigap, kepanikan di masyarakat, cara pandang beragama yang menafikan sains atau cara pandang alam yang menafikan agama, disitulah ulama sebenarnya sangat dibutuhkan.

Rabu, 25/03/2020 11:16 0

Indonesia

Dampak Corona, Kemenag Perpanjang Tenggat Pelunasan Biaya Haji 2020

Jamaah juga dihimbau untuk memanfaatkan layanan pelunasan non teller melalui transfer sehingga tidak perlu datang ke bank.

Selasa, 24/03/2020 19:42 0

Indonesia

Kemensos: Ahli Waris Korban Covid-19 Terima Santunan 15 Juta

Kementerian Sosial (kemensos) Republik Indonesia menyampaikan bahwa pihaknya akan menyalurkan dana santunan sebesar Rp 15 juta untuk ahli waris dari tiap korban meninggal dunia akibat Covid-19.

Selasa, 24/03/2020 19:12 0

Suara Pembaca

Covid-19, Menghantui Ramadhan dan Ekonomi Bangsa

Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Bulan yang paling dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di dunia, tak terkecuali umat muslim di Indonesia. Semua berharap melewati Ramadhan dengan penuh kekhusyukan ibadah kepada Allah Yang Maha Kuasa. Namun, apakah di tahun ini harapan tersebut akan menjadi nyata?

Selasa, 24/03/2020 17:54 0

Indonesia

Waspada! Anak Muda Berpotensi Besar Tulari Covid-19 ke Manula

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan bahwa anak muda memiliki potensi besar sebagai pembawa (carrier) mikroorganisme SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 dan menularkan kepada orang tua atau manusia usia lanjut (manula).

Selasa, 24/03/2020 17:04 0

Indonesia

Kemensos Klaim Siapkan Cadangan Beras Bagi Daerah Terdampak Covid-19

Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia menyiapkan cadangan beras pemerintah bagi para kepala daerah yang wilayahnya terdampak wabah Covid-19. Cadangan beras tersebut disiapkan agar kebutuhan keluarga miskin dan rentan yang mengalami kesulitan dalam memenuhi nafkah tetap terpenuhi.

Selasa, 24/03/2020 16:43 0

Indonesia

Kapasitas Overload, Komisi III Ingatkan Kemenkumham Agar Lapas Siap Hadapi Covid-19

Anggota Komisi III DPR-RI, Aboe Bakar Al-Habsyi mengingatkan agar Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) perlu mengambil langkah cepat untuk menata lapas agar siap menghadapi persebaran Covid-19. Ia mengatakan, seperti yang kita ketahui bersama mayoritas lapas di Indonesia mengalami over kapasitas.

Selasa, 24/03/2020 16:26 0

Indonesia

Wapres Minta MUI Buat Fatwa Bolehkan Petugas Medis Sholat Tanpa Wudhu

Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat, KH. Asrorun Niam Sholeh mengatakan bahwa Komisi Fatwa sedang membahas dua fatwa yang diajukan oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin.

Selasa, 24/03/2020 16:05 0

Artikel

10 Pelajaran Hidup dari Wabah Covid-19

KIBLAT.NET – Selama sebulan terakhir, kehidupan telah berubah secara drastis di seluruh dunia. Wabah virus corona...

Selasa, 24/03/2020 11:30 0

Indonesia

Bantu Pengadaan APD Tenaga Medis, Fraksi PKS Potong Gaji

Setelah gerakan pembagian masker dan disinfektan gratis di rumah ibadah, Fraksi PKS menginstruksikan potong gaji bulan Maret untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis.

Selasa, 24/03/2020 11:04 0

Close