... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Rezim Kabul dan Taliban Gelar Diskusi Pertama Bahas Pertukaran Tahanan

Foto: Negosiasi Taliban-AS

KIBLAT.NET, Kabul – Pemerintah Kabul dan Imarah Islam Afghanistan (Taliban) untuk pertama kalinya pada Ahad (22/03/2020) menggelar diskusi langsung membahas pertukaran tahanan. Diskusi ini digelar melalui teleconference yang difasilitasi oleh Utusan Khusus AS untuk Afghanistan Zalmy Khalilzad dan pihak Qatar.

“Hari ini, Amerika Serikat dan Qatar telah memfasilitasi diskusi teknis antara pemerintah Afghanistan dan Taliban mengenai pembebasan tahanan, melalui konferensi video,” kata Khalilzad dalam sebuah tweet.

Juru bicara Taliban, Suhail Sahin, juga mengonfirmasi diskusi tersebut. Dalam tweetnya, Sahin menegaskan bahwa diskusi ini membicarakan pertukaran tahanan, bukan lainnya.

Perjanjian Washington dengan Taliban mengatur pertukaran tahanan, tetapi klausul ini belum diimplementasikan karena adanya penolakan dari Kabul.

Pada Rabu, Khalilzad mengatakan bahwa pertukaran tahanan telah menjadi masalah “mendesak” setelah menyebarnya virus Corona baru, dan harus terjadi “sesegera mungkin.”

Perjanjian antara Washington dan Taliban mengatur penarikan pasukan AS dari Afghanistan dengan imbalan janji gerakan untuk melepaskan segala tindakan teroris dan memasuki negosiasi dengan pemerintah Kabul, yang ditolak oleh gerakan itu.

Di sisi lain, Presiden Afghanistan Ashraf Ghani menentang salah satu klausa utama dalam perjanjian antara Amerika dan pemberontak, yang merupakan pembebasan sekitar lima ribu tahanan dari gerakan Taliban dibandingkan dengan sekitar seribu anggota pasukan Afghanistan.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Jazuli Juwaini Pimpin Gerakan Pembagian Masker dan Disinfektan Rumah Ibadah Gratis

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini turun langsung memimpin gerakan pembagian masker dan disinfektan rumah ibadah gratis.

Ahad, 22/03/2020 21:44 0

Indonesia

MUI Imbau Salat Ghaib untuk Korban Wafat Akibat Covid-19

Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa terkait pelaksanaan Sholat Jenazah pasien Corona Wuhan, mengingat pandemi ini telah menimbulkan korban

Ahad, 22/03/2020 20:59 0

Indonesia

Enam Dokter IDI Meninggal Dunia Akibat Corona

Enam dokter anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meninggal karena terkena virus corona. Hal itu disampaikan Ketua Umum PB-IDI, dr. Daeng M. Faqih

Ahad, 22/03/2020 20:52 0

Indonesia

Sekjen MUI: Fatwa Ulama dan Pendapat Ilmuan Soal Corona Harus Dipatuhi

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) menegaskan bahwa masyarakat harus mengikuti saran para ilmuan untuk menyikapi corona.

Ahad, 22/03/2020 20:32 0

Indonesia

Ustadz Somad: Boleh Tak Salaman dengan Pengidap Penyakit Menular

Dai Nasional Ustadz Abdul Somad menegaskan bahwa tidak bersalaman orang yang mengidap penyakit menular diperbolehkan

Ahad, 22/03/2020 19:36 0

Indonesia

Waspada, Orang Terinfeksi Virus COVID-19 Bisa Tidak Nampak Sakit

Masyarakat diminta waspada terhadap kasus penyebaran virus covid-19 dari orang yang telah terinfeksi namun tidak menunjukkan gejala sakit.

Ahad, 22/03/2020 19:04 0

Indonesia

JSIT Indonesia Gulirkan Gerakan Penyemprotan Disinfektan dan Pembagian Antiseptik ke Sekolah

Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia menggulirkan program kepedulian terhadap merebaknya virus corona baru atau Covid-19 pada Jumat (20/03/2020).

Ahad, 22/03/2020 10:38 0

Analisis

Peluang di Balik Wabah Corona, Pelajaran dari Jatuhnya Konstantinopel

Apa artinya jet tempur canggih, rudal dan kapal selam nuklir, jika pilot dan awaknya terkena wabah mematikan seperti Corona? Apa artinya ratusan ribu pasukan bersenjata lengkap jika wabah menyebar dan melemahkan kekuatan fisiknya?

Ahad, 22/03/2020 10:26 0

Indonesia

Anggota DPR-RI FPKS Sumbang Masker N95 ke RS Persahabatan

Tiga anggota DPR-RI dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani, Ledia Hanifa, dan Kurniasih MufidayatI mendatangi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, RS Persahabatan, Jakarta,  untuk memberikan sumbangan masker N95, alkohol, dan hand sanitizer pada Sabtu (21/03/2020).

Ahad, 22/03/2020 10:21 0

Indonesia

Pandemi Virus Wuhan, PP Parmusi Tunda Pelaksanaan Muktamar ke-IV

Setelah menyimak dinamika dan perkembangan akibat pandemi virus corona serta berbagai masukan dari semua pihak, Pengurus Pusat (PP) Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) memutuskan pelaksanaan Muktamar ke-IV yang rencanya akan berlangsung pada 27-29 Maret di Jakarta ditunda.

Ahad, 22/03/2020 09:48 0

Close