... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Editorial: Corona, Iman, dan Imunitas Kita

KIBLAT.NET – Wabah corona akhirnya masuk Indonesia, bahkan kini terasa seperti sedang menunggu di depan jendela rumah kita. Ketika jendela terbuka maka ia akan menyerang dan menjangkiti kita beserta seisi rumah kita. Kelakar Mahfud MD soal birokrasi Indonesia yang berbelit akan mencegah corona masuk Indonesia, atau guyonan Budi Karya soal nasi kucing membuat tubuh kita tak mudah terserang corona, nyatanya tak terjadi, bahkan nama terakhir malah menjadi menteri pertama yang dinyatakan positif terinfeksi corona atau Covid – 19.

Ketika Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengumumkan bahwa corona mulai menyerang Indonesia pada akhir bulan lalu. Muncul beragam reaksi dari masyarakat. Ada yang panik lantas melakukan panic buying, memborong masker, hand sanitizer, dan kebutuhan pokok. Imbasnya bisa ditebak, terjadi kelangkaan.

Kondisi tersebut lantas dimanfaatkan oleh sebagian penjual untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Masker dan hand sanitizer dijual dengan harga tak masuk akal. Atas nama rumus ekonomi supply-demand, mereka mengabaikan etika, moralitas, kepantasan, dan tentunya azab Tuhan.

Lalu ada pula kelompok masyarakat yang tak panik namun terlalu pasrah. Mereka menganggap keselamatan dan kematian sudah digariskan oleh Allah SWT. Jadi untuk apa capek-capek memperkuat imunitas tubuh dan melawan wabah corona. Kalau memang sudah digariskan mati karena corona ya sudah terima saja. Toh, banyak yang pakai masker tapi tetap terjangkit juga.

BACA JUGA  Kota Suci Makkah Lockdown, Habib Rizieq Syihab Lebaran di Rumah Saja

Sialnya, kepasrahan mereka terkadang berujung pada kepongahan. Himbauan dari pihak berwenang diabaikan, fatwa ulama dipandang sebelah mata, dan nasehat sahabat dianggap angin lalu. Akibatnya, banyak hikmah, pelajaran serta renungan kehidupan yang terlewatkan.

Ironis memang, ketika wabah corona justru memunculkan dengan sangat jelas potret neo qadariyah dan neo jabbariyah yang menjangkiti masyarakat muslim kita. Ketidakseimbangan pemahaman antara ikhtiar dan takdir malah menjadi warna yang dominan dalam perbincangan muslim Indonesia soal corona.

Maka di sinilah tantangan yang harus dihadapi baik oleh para ulama maupun pakar kesehatan dalam upaya menyelamatkan muslim Indonesia dari wabah corona. Mereka harus lebih berbusa-busa lagi menyampaikan bahwa menjaga dan meningkatkan imunitas adalah bagian dari ikhtiar yang harus dilakukan manusia, dan hal itu sama sekali tak merusak iman seseorang terhadap takdir dan ketetapan Allah SWT.

 

 

 

 


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Penyusup Tewaskan 24 Tentara Afghanistan dan Bawa Kabur Senjata Satu Truk

Para penyerang melarikan diri dengan mobil Humvee, dua kendaraan militer dan sebuah truk penuh senjata dan amunisi.

Sabtu, 21/03/2020 08:51 0

Eropa

Virus Wuhan Renggut 9.827 Nyawa di Seluruh Dunia

Negara-negara dengan jumlah kematian terbanyak dalam 24 jam adalah Italia, dengan 42 kematian baru, Spanyol (169) dan Iran (149).

Sabtu, 21/03/2020 08:04 0

Artikel

Pemerintah Sensor Ketat Postingan Corona, Netizen China Semakin Kreatif Ciptakan Kosakata Baru

KIBLAT.NET – Untuk sepenuhnya menghargai percakapan ketika berselancar di platform media sosial China, penguasaan bahasa...

Jum'at, 20/03/2020 19:35 0

Indonesia

Fraksi PKS Canangkan Gerakan Bagi Masker dan Disinfektan Gratis di Rumah Ibadah

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menginstruksikan kepada seluruh anggota Fraksi PKS DPR diikuti anggota Fraksi PKS DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk membantu warga menghadapi serta mencegah meluasnya wabah Covid-19.

Jum'at, 20/03/2020 15:31 0

Indonesia

Masjid Istiqlal Tiadakan Sholat Jamaah dan Sholat Jumat

Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan bahwa masjid saat ini meniadakan sholat berjamaah dan sholat jumat.

Jum'at, 20/03/2020 15:16 0

Afrika

30 Tentara Mali Tewas Disergap di Kamp Sendiri

Perlu dicatat, ini merupakan serangan paling berdarah yang dialami tentara Mali di awal-awal tahun ini.

Jum'at, 20/03/2020 14:25 0

Malaysia

Malaysia Akan Terjunkan Militer untuk Tekan Penyebaran Corona

Malaysia akan mengerahkan pasukan mulai hari Ahad untuk membantu menegakkan aturan pembatasan perjalanan dan pergerakan dalam rangka mengekang penyebaran virus corona.

Jum'at, 20/03/2020 14:21 0

Indonesia

Yusuf Mansur Klaim Pengacaranya Datang ke PN Tangerang

Ustadz Yusuf Mansur mengklaim bahwa pengacaranya datang ke Pengadilan Negeri Tangerang di hari sidang perdana gugatan perdata.

Jum'at, 20/03/2020 13:25 0

Indonesia

Jumlah Kasus Infeksi Virus Wuhan di Indonesia Melonjak Jadi 309 Orang

Dalam konferensi pers yang digelar hari ini, ia mengungkapkan adanya tambahan 82 kasus.

Kamis, 19/03/2020 18:46 0

Turki

Langkah Turki untuk Tekan Penyebaran Corona dan Gejolak Ekonomi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Rabu (18/03/2020), mengimbau kepada warganya untuk tidak meninggalkan rumah kecuali diperlukan selama tiga minggu.

Kamis, 19/03/2020 15:53 0

Close