... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Favipiravir Buatan Jepang Disebut Efektif Obati Corona

Foto: Favipiravir Buatan Jepang Disebut Efektif Obati Corona

KIBLAT.NET, Tokyo – Para ilmuwan di China memuji obat yang dikembangkan Jepang karena efektif terhadap virus corona baru. Uji klinis juga menunjukkan hasil yang sangat baik.

Zhang Xinmin, direktur Pusat Nasional China untuk Pengembangan Bioteknologi, Selasa (17/03/2020), mengatakan bahwa Avigan, obat yang diproduksi oleh Fujifilm Holdings Jepang, bekerja efektif terhadap COVID-19.

“Itu (Avigan) sangat aman dan jelas efektif,” kata Zhang pada konferensi pers di Dalian, ibukota provinsi Liaoning China.

Sebuah uji coba yang melibatkan 80 kasus yang dilakukan oleh sebuah rumah sakit di Shenzhen dan studi terhadap 120 kasus yang dipimpin oleh Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan menunjukkan obat tersebut mempersingkat waktu pemulihan bagi pasien.

Avigan adalah nama merek obat influenza yang dikenal sebagai favipiravir yang dikembangkan untuk melawan virus RNA. Obat ini dibuat oleh Fujifilm Toyama Chemical pada tahun 2014.

Zhang mengatakan pasien yang memakai favipiravir dites negatif setelah rata-rata empat hari, dibandingkan dengan 11 hari pada kelompok kontrol. “Tidak ada efek samping yang jelas,” tambahnya.

Pernyataan ini membuat saham Fujifilm group melonjak lebih dari 15%. Pejabat kesehatan di Beijing sudah mulai merekomendasikan obat ini untuk melawan virus corona, yang pertama kali muncul di Wuhan, China.

Sejak Februari, Jepang telah memberikan obat tersebut kepada para pasien virus corona, yang sekarang berjumlah lebih dari 800 kasus, selain yang ditemukan di kapal pesiar Diamond Princess yang terkena virus. Setidaknya 29 orang telah meninggal karena virus.

BACA JUGA  Sejak Awal Pandemi, Korut Klaim Nol Positif Covid-19

Di seluruh dunia, dari lebih dari 200.000 kasus yang dikonfirmasi, jumlah kematian sekarang melebihi 8.000, sementara lebih dari 82.500 pasien telah pulih, menurut Worldometer, sebuah situs web yang mengumpulkan nomor kasus baru.

Jumlah kasus aktif lebih dari 109.000, 94% ringan dan 6% dalam kondisi kritis.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Puluhan WN China Masuk Kendari, Politisi PKS: Keteledoran yang Sangat Parah

Sukamta juga menanggapi masuknya 49 WNA asal China ke Indonesia di Bandara Haluoleo Kendari pada 15 Maret 2020 yang sebelumnya transit di Thailand dan Soekarno-Hatta. Ia sangat menyesalkan hal tersebut dapat terjadi. Kejadian ini, menurut Sukamta merupakan bentuk keteledoran yang sangat parah dari petugas yang berwenang mengingat pemerintah telah mengeluarkan aturan secara khusus larangan masuk Indonesia untuk semua kedatangan dari wilayah China sejak 5 Februari 2020.

Kamis, 19/03/2020 14:24 0

Indonesia

Aa Gym Imbau Umat Islam Patuhi Fatwa MUI Soal Corona

Dai Nasional, KH. Abdullah Gymnastiar menyerukan kepada umat Islam untuk mengikuti fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) soal Corona.

Rabu, 18/03/2020 20:02 0

Indonesia

Pengacara Penggugat: Yusuf Mansur Absen Sidang Tanpa Alasan

Sidang perdana kasus perdata tindakan melawan hukum oleh Jam'an Nurkhotib Mansur alias Yusuf Mansur ditunda.

Rabu, 18/03/2020 19:23 0

Opini

Wabah Corona dan Lemahnya Komunikasi Pemerintah

Dalam kasus wabah Covid-19 atau virus Corona, pemerintah juga perlu melakukan komunikasi publik yang baik. Mentang-mentang dikenal

Rabu, 18/03/2020 18:00 0

Indonesia

Update Kasus Corona: 227 Orang Positif, 19 Meninggal

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto mengungkapkan bahwa ada peningkatan yang cukup signifikan kasus positif corona

Rabu, 18/03/2020 16:28 0

Indonesia

Sekolah Libur, Masyarakat Tetap Diminta Jauhi Keramaian

Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI, Netty Prasetiyani mengatakan bahwa negara harus berperan optimal guna melindungi rakyat dari bencana yang lebih luas.

Rabu, 18/03/2020 15:25 0

Indonesia

Rizal Ramli: Tanpa Corona, Ekonomi Kita Tetap Anjlok

Ekonom Rizal Ramli menegaskan bahwa tanpa adanya virus corona di Indonesia akan tetap anjlok. Ia memaparkan

Rabu, 18/03/2020 15:13 0

Indonesia

Ditunggu Hakim dan Penggugat, Pihak Yusuf Mansur Tak Hadir

Pengacara penggugat Yusuf Mansur telah tiba di Pengadilan Negeri Tangerang sejak pukul 09.00 WIB.

Rabu, 18/03/2020 13:00 0

Indonesia

WHO Surati Jokowi: Lakukan Tes Corona Sebanyak Mungkin!

WHO menyarankan agar semua negara lebih banyak melakukan tes atau screening virus corona. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut wabah tak bisa dilawan dengan cara sengaja menutup mata.

Rabu, 18/03/2020 10:44 0

Indonesia

RSPI Sulianti Saroso Kewalahan Tes Virus Corona

Penanganan kepada pasien di pos pemantauan pun, kata Dyani, akan dilakukan berdasarkan prioritas. Apalagi dengan jumlah 1.134 orang yang datang ke pos membuat pihak rumah sakit cukup kewalahan, terlebih dengan sumber daya yang tak banyak.

Rabu, 18/03/2020 10:33 0

Close