... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

WHO: Asia Tenggara Harus Lebih Agresif Atasi Corona

KIBLAT.NET, Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan perlunya tindakan yang lebih agresif untuk menekan penyebaran virus Corona di wilayah Asia Tenggara.

“Lebih banyak kelompok penularan virus sedang dikonfirmasi. Kita jelas perlu melakukan lebih banyak upaya secepat mungkin,” ” kata direktur regional WHO, Poonam Khetrapal Singh.

Asia Tenggara kini tengah menghadapi gelombang infeksi virus Corona jenis baru dengan Malaysia sebagai pemegang jumlah kasus terbesar di Asia Tenggara.

Lonjakan kasus infeksi di negara itu dimulai dari sebuah acara di sebuah masjid di pinggiran Kuala Lumpur yang dihadiri sekitar 16.000 orang.

Malaysia pun menyatakan lockdown yang dimulai pada hari Rabu (18/03/2020). Mereka menutup perbatasan negara, sekolah, meliburkan para petugas kecuali di tempat-tempat penting.

Sebelumnya, Eropa juga mengambil langkah serupa usai Italia melaporkan lonjakan kematian akibat virus yang berasal dari Wuhan, Cina tersebut mejadi 345 orang. Prancis bahkan memberlakukan isolasi ketat yang tak pernah diberlakukan sebelumnya.

“Musuh (kami) adalah virus (Corona) dan sekarang kami harus melakukan yang terbaik untuk melindungi rakyat kami dan melindungi ekonomi kami,” kata Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen.

“Kami siap untuk melakukan semua yang diperlukan. Kami tidak akan ragu untuk mengambil tindakan tambahan saat situasinya berkembang,”imbuhnya.

Sementara itu di Amerika Serikat, virus Corona juga telah dilaporkan menginfeksi orang di Virginia Barat untuk pertama kalinya. Hal ini berarti virus itu telah menyebar ke seluruh 50 negara bagian.

BACA JUGA  Cegah Corona, Gugus Tugas Covid-19 Minta Warga Papua Barat Konsumsi Sagu dan Ikan

Administrasi Pemerintahan Trump pun mengumumkan rencana untuk segera membagikan uang ke warga Amerika untuk mengurangi dampak ekonomi akibat wabah.

WHO sendiri telah menggambarkan pandemi coronavirus sebagai krisis kesehatan global yang menentukan saat ini, dan mendesak negara-negara untuk memeriksa semua kasus yang diduga sebagai COVID-19.

Menurut data WHO, secara global virus ini telah menginfeksi lebih dari 180.000 orang dan membunuh lebih dari 7.500 jiwa. Sementara menurut data yang dikumpulkan oleh Universitas John Hopkins, hampir 80.000 orang telah dinyatakan pulih dari infeksi virus Corona.

 

Sumber: Aljazeera

Editor: Guntur Aji


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ditunggu Hakim dan Penggugat, Pihak Yusuf Mansur Tak Hadir

Pengacara penggugat Yusuf Mansur telah tiba di Pengadilan Negeri Tangerang sejak pukul 09.00 WIB.

Rabu, 18/03/2020 13:00 0

Indonesia

WHO Surati Jokowi: Lakukan Tes Corona Sebanyak Mungkin!

WHO menyarankan agar semua negara lebih banyak melakukan tes atau screening virus corona. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut wabah tak bisa dilawan dengan cara sengaja menutup mata.

Rabu, 18/03/2020 10:44 0

Indonesia

RSPI Sulianti Saroso Kewalahan Tes Virus Corona

Penanganan kepada pasien di pos pemantauan pun, kata Dyani, akan dilakukan berdasarkan prioritas. Apalagi dengan jumlah 1.134 orang yang datang ke pos membuat pihak rumah sakit cukup kewalahan, terlebih dengan sumber daya yang tak banyak.

Rabu, 18/03/2020 10:33 0

Indonesia

Jika Pengidap Corona Sholat Jumat, Bisa Terjadi Madhorot yang Lebih Besar

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Wawan Gunawan Abdul Wahid menekankan bahwa orang yang terkena corona tidak boleh melaksanakan sholat Jum'at atau jamaah.

Rabu, 18/03/2020 01:39 0

Indonesia

Muhammadiyah: Umat Islam Harus Tawakal dan Ikhtiar Sikapi Corona

Majelis Tarjih dan Tajidid PP Muhammadiyah, Wawan Gunawan Abdul Wahid menegaskan bahwa umat Islam harus seimbang dalam menyikapi virus corona.

Rabu, 18/03/2020 01:07 0

Indonesia

Pengacara Penggugat Yusuf Mansur Siap Jalani Sidang Perdata

Sidang perdana gugatan perdata terhadap Jam’an Nurchotib Mansur alias Yusuf Mansur (YM) lantaran diduga telah melakukan penipuan akan dilakukan besok (18/3/2020) di Pengadilan Negeri Tangerang.

Selasa, 17/03/2020 18:19 0

Indonesia

MRI Desak Pemerintah Bergerak Cepat Atasi Pandemi Corona

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) meminta Pemerintah Pusat bertindak cepat, tuntas, dan terbuka dalam menangani pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal MRI, Ibnu Khajar dalam keterangan persnya kepada awak media.

Selasa, 17/03/2020 17:34 0

Indonesia

Corona Kian Merebak, JSIT Indonesia Dukung Proses Pembelajaran Jarak Jauh

Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia merespon kondisi merebaknya virus Corona atau Covid-19 di beberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Selasa, 17/03/2020 17:13 0

Indonesia

Soal Wabah Corona, MUI: Umat Islam Haram Sholat Jum’at Jika…

Majelis Ulama Indonesia melakukan rapat komisi fatwa khusus menyikapi wabah Virus Corona dari Wuhan di Indonesia, Senin (16/3/2020) sore.

Selasa, 17/03/2020 13:03 0

Indonesia

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Beribadah di Rumah

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa semua kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, akan dan harus ditelaah secara mendalam.

Senin, 16/03/2020 19:30 0

Close