... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jika Pengidap Corona Sholat Jumat, Bisa Terjadi Madhorot yang Lebih Besar

Foto: wawan Gunawan (sumber: menara 62)

KIBLAT.NET, Jakarta – Anggota Pengurus Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Wawan Gunawan Abdul Wahid menekankan bahwa orang yang terkena corona tidak boleh melaksanakan sholat Jumat atau jamaah.

“Imbauan dari Pimpinan Muhammadiyah, yang terpapar Covid 19 dia tidak boleh menjadi bagian dari jamaah sholat. Kemudian yang kedua, kalau betul-betul sudah dalam suasana darurat, Sholat Jumat itu diganti menjadi dzuhur,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Selasa (17/03/2020).

Ia juga menilai bahwa, memang ada yang mengatakan bahwa orang buta pun tetap harus ke masjid. Namun, harus tetap membaca hadist lain bahwa orang sakit saja dikecualikan untuk tidak melakukan sholat jum’at.

“Orang sakit saja dikecualikan untuk tidak sholat jumat, musafir juga. Dalam kondisi misalnya ada kedaruratan, suasana psikologis masyarakat dalam kondisi khawatir, maka diperbolehkan,” tuturnya.

Menurutnya, Ibnul Qayim Al-Jauziah mengatakan hukum itu bisa berubah atau beralih. Hal ini dikarenakan situasi, tempat, waktu, tradisi antara satu waktu dengan waktu lain tidak sama.

“Ada juga hadist riwayat Bukhori Muslim yang menekankan bahwa yang sakit dan yang sehat tidak boleh berbaur, tidak boleh kita masuk pada wilayah yang memadhorotkan,” ujarnya.

Maka, ia menegaskan bahwa jika dalam kondisi darurat ataupun pasien corona tetap melaksanakan sholat jumat, akan terjadi madhorot yang lebih besar.

“Sholat Jumat dalam kondisi normal itu suatu kewajiban, pengajian pun salah satu kebajikan yang dituntuntukan agama. Pun demikian selenggarakan pengajian akbar dalam suasana kedaruratan pandemi Corona adalah masalah yang berbeda. Peristiwa tabligh Akbar di Malaysia itu menjadi pelajaran,” pungkasnya.

BACA JUGA  HNW: Kita Perlu UU Perlindungan Tokoh Agama

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Australia

Para Peneliti Berhasil Petakan Respon Kekebalan Tubuh Manusia Terhadap Virus Corona

Temuan ini merupakan langkah penting dalam pengembangan vaksin dan langkah perawatan.

Selasa, 17/03/2020 20:37 0

Iran

Anggota Dewan Pakar Iran Positif Corona Meninggal

Dewan Pakar Kepemimpinan Iran adalah badan utama di rezim Iran. Dewan ini terdiri dari 88 anggota yang dipilih melalui pemungutan suara langsung untuk satu sesi delapan tahun, dengan masing-masing satu wakil dari setiap provinsi.

Selasa, 17/03/2020 10:08 0

Amerika

Menhan AS Diisolasi untuk Observasi Corona

Hoffman menambahkan, tes menunjukkan bahwa 18 personel militer kiniterinfeksi virus Corona Covid19. Jumlah ini naik dari sebelumnya yang berjulah sepuluh pada Sabtu lalu.

Selasa, 17/03/2020 08:36 0

India

Penganut Hindu di India Minum Urin Sapi untuk Tangkal Covid-19

Orang di negara berpenduduk mayoritas Hindu yang berpenduduk 1,3 miliar menganggap sapi suci.

Senin, 16/03/2020 14:30 0

Palestina

Masjid Al-Aqsa Ditutup Akibat Virus Corona

Pelaksanaan shalat berjamaah tetap digelar namun dilaksanakan halaman masjid di area terbuka lebar di sekitar dua masjid dan tempat-tempat sholat lainnya di Bukit Bait Suci.

Senin, 16/03/2020 09:47 0

Suriah

Warga Suriah Demo Patroli Bersama Turki-Rusia di Idlib

"Kami berselisih dengan Rusia yang telah membunuh kami selama enam tahun dan mengebom kami dari udara. Jadi kami menentang mereka memasuki kota kami,” kata Ahmed Shehadeh (22).

Senin, 16/03/2020 08:33 0

Hoax Buster

[HOAX] Minum Vodka Bisa Cegah Terinfeksi Corona

Di tengah kekacauan akibat wabah corona, muncul kabar bahwa minum vodka dapat mencegah infeksi corona.

Ahad, 15/03/2020 20:37 0

Artikel

Wabah: Mengiringi Kebangkitan Turki Usmani hingga Runtuhnya Kesultanan Aceh

Hal ini tentu menjadi pelajaran bagi kita di masa kini. Mampukah kaum pemuka agama (Islam) memberikan perspektif yang tepat pada masyarakat tentang bencana wabah seperti Corona? Ataukah malah terjebak narasi dan aksi yang keliru,

Ahad, 15/03/2020 09:13 0

News

Menteri Agama Himbau Masjid di Seluruh Indonesia Gulung Karpet

Ia menyebut himbauan itu merupakan arahan Presiden Joko Widodo.

Sabtu, 14/03/2020 14:26 0

Iran

Komandan Tinggi Garda Revolusi Iran Meninggal Akibat Corona

Ia saat ini menjabat sebagai wakil komandan markas besar "Tsa’rullah" yang khusus berada di ibu kota Teheran untuk urusan praktis.

Sabtu, 14/03/2020 08:08 0

Close