... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

China Tak Mau Disebut sebagai Negara Asal Virus Corona

Foto: Presiden Cina Xi jinping

KIBLAT.NET, Beijing – China menolak negara mereka disebut sebagai asal virus corona baru yang merebak di dunia. Klaim ini dibuat China pada awal Maret lalu.

China mengaku tidak terima dengan istilah “Virus Corona Wuhan” yang digunakan pejabat Amerika Serikat (AS). Penyebutan Wuhan dianggap mengandung stigma.

“Meski WHO sudah resmi menamakan Virus Corona baru ini, oknum politikus Amerika tidak menghormati sains dan keputusan WHO, langsung mengambil peluang untuk menstigmasi China dan Wuhan. Kami mengecam praktik buruk ini,” ujar jubir Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (11/03/2020).

China menyatakan sedang melacak asal virus tersebut. “Tak ada kesimpulan yang sudah dicapai terkait asal virus itu, sebab pencarian jejak (virus) masih berlangsung,” ujar Zhao Lijian, yang juga menjadi jubir Kemlu China.

“Epidemi tersebut memang pertama kali dilaporkan di China, tetapi itu tidak berarti asalnya di China,” lanjut Zhao.

Sebelum dinamakan COVID-19, virus ini disebut Virus Corona Wuhan karena pertama ditemukan di Wuhan. Dokter di Wuhan yang menemukan virus ini sempat dibungkam pemerintah.

Menlu AS Mike Pompeo memakai istilah Virus Corona Wuhan dan anggota DPR AS Kevin McCarthy juga belakangan ini menyebut COVID-19 sebagai “Virus Corona China.”

Pompeo dan McCarthy kompak menolak minta maaf atas istilah yang mereka pakai. Pompeo berkata COVID-19 memang berasal dari China. Alasan serupa digunakan McCarthy yang turut menyalahkan Partai Komunis China.

BACA JUGA  Warga Hong Kong Gelar Demo Besar, Protes RUU Keamanan Cina

Virus corona baru pertama kali ditemukan di Wuhan, kota pelabuhan China pada akhir Desember 2019.  Virus dengan cepat menyebar dan menginveksi seluruh penjuru China, hingga dilakukan isolasi.

Sumber: Liputan6
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

WHO Surati Jokowi: Lakukan Tes Corona Sebanyak Mungkin!

WHO menyarankan agar semua negara lebih banyak melakukan tes atau screening virus corona. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebut wabah tak bisa dilawan dengan cara sengaja menutup mata.

Rabu, 18/03/2020 10:44 0

Indonesia

RSPI Sulianti Saroso Kewalahan Tes Virus Corona

Penanganan kepada pasien di pos pemantauan pun, kata Dyani, akan dilakukan berdasarkan prioritas. Apalagi dengan jumlah 1.134 orang yang datang ke pos membuat pihak rumah sakit cukup kewalahan, terlebih dengan sumber daya yang tak banyak.

Rabu, 18/03/2020 10:33 0

Indonesia

Jika Pengidap Corona Sholat Jumat, Bisa Terjadi Madhorot yang Lebih Besar

Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Wawan Gunawan Abdul Wahid menekankan bahwa orang yang terkena corona tidak boleh melaksanakan sholat Jum'at atau jamaah.

Rabu, 18/03/2020 01:39 0

Indonesia

Muhammadiyah: Umat Islam Harus Tawakal dan Ikhtiar Sikapi Corona

Majelis Tarjih dan Tajidid PP Muhammadiyah, Wawan Gunawan Abdul Wahid menegaskan bahwa umat Islam harus seimbang dalam menyikapi virus corona.

Rabu, 18/03/2020 01:07 0

Indonesia

Pengacara Penggugat Yusuf Mansur Siap Jalani Sidang Perdata

Sidang perdana gugatan perdata terhadap Jam’an Nurchotib Mansur alias Yusuf Mansur (YM) lantaran diduga telah melakukan penipuan akan dilakukan besok (18/3/2020) di Pengadilan Negeri Tangerang.

Selasa, 17/03/2020 18:19 0

Indonesia

MRI Desak Pemerintah Bergerak Cepat Atasi Pandemi Corona

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) meminta Pemerintah Pusat bertindak cepat, tuntas, dan terbuka dalam menangani pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal MRI, Ibnu Khajar dalam keterangan persnya kepada awak media.

Selasa, 17/03/2020 17:34 0

Indonesia

Corona Kian Merebak, JSIT Indonesia Dukung Proses Pembelajaran Jarak Jauh

Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia merespon kondisi merebaknya virus Corona atau Covid-19 di beberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Selasa, 17/03/2020 17:13 0

Indonesia

Soal Wabah Corona, MUI: Umat Islam Haram Sholat Jum’at Jika…

Majelis Ulama Indonesia melakukan rapat komisi fatwa khusus menyikapi wabah Virus Corona dari Wuhan di Indonesia, Senin (16/3/2020) sore.

Selasa, 17/03/2020 13:03 0

Indonesia

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Beribadah di Rumah

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa semua kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, akan dan harus ditelaah secara mendalam.

Senin, 16/03/2020 19:30 0

Indonesia

PKS: Pemerintah Harus Cepat, Tepat dan Terukur Atasi Corona

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini meminta pemerintah melakukan strategi komprehensif dalam mengatasi wabah corona.

Senin, 16/03/2020 17:44 0

Close