... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Soal Wabah Corona, MUI: Umat Islam Haram Sholat Jum’at Jika…

Foto: Rapat Komisi Fatwa MUI

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia melakukan rapat komisi fatwa khusus menyikapi wabah Virus Corona dari Wuhan di Indonesia, Senin (16/3/2020) sore. Rapat ini membahas bagaimana hukum penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah Covid-19.

Ketua Komisi Fatwa MUI, Hasanuddin AF menjelaskan ada beberapa kondisi di mana menyelenggarakan ibadah secara berjamaah haram dilakukan. Salah satunya ketika terjadi wabah yang tidak dapat dikendalikan, termasuk Sholat Jum’at yang menurut sebagian besar ulama hukumnya wajib.

“Dalam kondisi penyebaran COVID-19 tidak terkendali di suatu kawasan yang mengancam jiwa, umat Islam tidak boleh menyelenggarakan shalat Jum’at di kawasan tersebut, sampai keadaan menjadi normal kembali,” ujar Hasanuddin dalam rilisnya.

Meskipun diharamkan melakukan Sholat Jama’ah, namun seorang muslim wajib menggantikannya dengan shalat zuhur di tempat masing-masing.

Tidak hanya itu, MUI mengharamkan penyelenggarakan aktifitas ibadah yang melibatkan orang banyak dan diyakini dapat menjadi media penyebaran COVID-19. Seperti jamaah shalat lima waktu/rawatib, shalat Tarawih dan Ied di masjid atau tempat umum lainnya, serta menghadiri pengajian umum dan majelis taklim.

Namun, jika penyebaran COVID-19 masih terkendali atau dapat diantisipasi semaksimal mungkin, maka menurut umat Islam wajib menyelenggarakan shalat Jumat.

MUI pun menegaskan bahwa setiap orang wajib melakukan ikhtiar menjaga kesehatan dan menjauhi setiap hal yang diyakini dapat menyebabkannya terpapar penyakit, karena hal itu merupakan bagian dari menjaga tujuan pokok beragama (al-Dharuriyat al-Khams).

BACA JUGA  Cegah Penyebaran Corona, Kafe di Korsel Gunakan Robot Barista

“Orang yang telah terpapar virus Corona, wajib menjaga dan mengisolasi diri agar tidak terjadi penularan kepada orang lain,” ujarnya.

Bagi orang yang terpapar, maka shalat Jum’at dapat diganti dengan shalat dzuhur di tempat kediaman. Sebab, shalat Jum’at merupakan ibadah wajib yang melibatkan banyak orang sehingga berpeluang terjadinya penularan virus secara massal.

“Baginya haram melakukan aktifitas ibadah sunnah yang membuka peluang terjadinya penularan, seperti jamaah shalat lima waktu/rawatib, shalat Tarawih dan Ied di masjid atau tempat umum lainnya, serta menghadiri pengajian umum dan tabligh akbar,” tegasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Anggota Dewan Pakar Iran Positif Corona Meninggal

Dewan Pakar Kepemimpinan Iran adalah badan utama di rezim Iran. Dewan ini terdiri dari 88 anggota yang dipilih melalui pemungutan suara langsung untuk satu sesi delapan tahun, dengan masing-masing satu wakil dari setiap provinsi.

Selasa, 17/03/2020 10:08 0

Amerika

Menhan AS Diisolasi untuk Observasi Corona

Hoffman menambahkan, tes menunjukkan bahwa 18 personel militer kiniterinfeksi virus Corona Covid19. Jumlah ini naik dari sebelumnya yang berjulah sepuluh pada Sabtu lalu.

Selasa, 17/03/2020 08:36 0

India

Penganut Hindu di India Minum Urin Sapi untuk Tangkal Covid-19

Orang di negara berpenduduk mayoritas Hindu yang berpenduduk 1,3 miliar menganggap sapi suci.

Senin, 16/03/2020 14:30 0

Palestina

Masjid Al-Aqsa Ditutup Akibat Virus Corona

Pelaksanaan shalat berjamaah tetap digelar namun dilaksanakan halaman masjid di area terbuka lebar di sekitar dua masjid dan tempat-tempat sholat lainnya di Bukit Bait Suci.

Senin, 16/03/2020 09:47 0

Suriah

Warga Suriah Demo Patroli Bersama Turki-Rusia di Idlib

"Kami berselisih dengan Rusia yang telah membunuh kami selama enam tahun dan mengebom kami dari udara. Jadi kami menentang mereka memasuki kota kami,” kata Ahmed Shehadeh (22).

Senin, 16/03/2020 08:33 0

Hoax Buster

[HOAX] Minum Vodka Bisa Cegah Terinfeksi Corona

Di tengah kekacauan akibat wabah corona, muncul kabar bahwa minum vodka dapat mencegah infeksi corona.

Ahad, 15/03/2020 20:37 0

Artikel

Wabah: Mengiringi Kebangkitan Turki Usmani hingga Runtuhnya Kesultanan Aceh

Hal ini tentu menjadi pelajaran bagi kita di masa kini. Mampukah kaum pemuka agama (Islam) memberikan perspektif yang tepat pada masyarakat tentang bencana wabah seperti Corona? Ataukah malah terjebak narasi dan aksi yang keliru,

Ahad, 15/03/2020 09:13 0

News

Menteri Agama Himbau Masjid di Seluruh Indonesia Gulung Karpet

Ia menyebut himbauan itu merupakan arahan Presiden Joko Widodo.

Sabtu, 14/03/2020 14:26 0

Iran

Komandan Tinggi Garda Revolusi Iran Meninggal Akibat Corona

Ia saat ini menjabat sebagai wakil komandan markas besar "Tsa’rullah" yang khusus berada di ibu kota Teheran untuk urusan praktis.

Sabtu, 14/03/2020 08:08 0

China

China Tawarkan Bantuan untuk Atasi COVID-19

"Orang-orang China pasti akan menang atas epidemi COVID-19 dan juga pasti akan mewujudkan target yang dimaksudkan untuk pembangunan ekonomi dan sosial."

Jum'at, 13/03/2020 14:16 0

Close