... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Para Peneliti Berhasil Petakan Respon Kekebalan Tubuh Manusia Terhadap Virus Corona

KIBLAT.NET, Melbourne – Disaat para ilmuwan lain berusaha mengembangkan vaksin untuk virus Corona, para peneliti di Institut Peter Doherty untuk Penelitian Infeksi dan Imunitas, Australia justru berusaha dan berhasil memetakan respon kekebalan tubuh manusia terhadap virus Corona. Hal ini merupakan langkah penting untuk memahami virus yang telah menginfeksi lebih dari 168.000 orang di seluruh dunia itu.

Respon imunitas atau kekebalan yang diteliti oleh para ilmuwan tersebut adalah milik salah satu pasien virus Corona pertama di Australia. Dengan memeriksa hasil darah dari seorang pasien wanita berusia 40-an tahun, mereka menemukan bahwa sistem kekebalan tubuh manusia merespons virus corona dengan cara yang sama seperti melawan flu.

“Temuan ini merupakan langkah penting dalam pengembangan vaksin dan langkah perawatan,” kata Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt pada Selasa (17/03/2020).

Virus Corona tipe baru sendiri diketahui telah menginfeksi lebih dari 168.000 orang di seluruh dunia dan menewaskan sedikitnya 6.610 jiwa.

Sementara menurut perkiraan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagian besar korban infeksi virus yang berasal dari Wuhan, Cina itu hanya mengalami gejala ringan. Sedangkan yang mengalami gejala berat atau kritis hanya sebesar 20% dengan angka kematian akibat virus sebesar 3,4%.

Para peneliti mengatakan, temuan ini membantu para ilmuwan memahami mengapa beberapa pasien dapat pulih, sementara pasien yang lain sakitnya berkembang hingga menjadi masalah pernapasan yang lebih serius.

BACA JUGA  Pandemi Corona Belum Usai, Komunitas TDA Bali Salurkan Sembako kepada Warga Terdampak

“Orang-orang dapat menggunakan metode kami untuk memahami tanggapan kekebalan dalam kohort COVID-19 yang lebih besar, dan juga memahami apa yang kurang pada mereka yang memiliki hasil fatal,” kata Katherine Kedzierska, Profesor Mikrobiologi dan Imunologi di University of Melbourne yang juga ikut serta dalam penelitian tersebut.

 

Sumber: Aljazeera

Editor: Guntur Aji

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pengacara Penggugat Yusuf Mansur Siap Jalani Sidang Perdata

Sidang perdana gugatan perdata terhadap Jam’an Nurchotib Mansur alias Yusuf Mansur (YM) lantaran diduga telah melakukan penipuan akan dilakukan besok (18/3/2020) di Pengadilan Negeri Tangerang.

Selasa, 17/03/2020 18:19 0

Indonesia

MRI Desak Pemerintah Bergerak Cepat Atasi Pandemi Corona

Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) meminta Pemerintah Pusat bertindak cepat, tuntas, dan terbuka dalam menangani pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal MRI, Ibnu Khajar dalam keterangan persnya kepada awak media.

Selasa, 17/03/2020 17:34 0

Indonesia

Corona Kian Merebak, JSIT Indonesia Dukung Proses Pembelajaran Jarak Jauh

Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia merespon kondisi merebaknya virus Corona atau Covid-19 di beberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Selasa, 17/03/2020 17:13 0

Indonesia

Soal Wabah Corona, MUI: Umat Islam Haram Sholat Jum’at Jika…

Majelis Ulama Indonesia melakukan rapat komisi fatwa khusus menyikapi wabah Virus Corona dari Wuhan di Indonesia, Senin (16/3/2020) sore.

Selasa, 17/03/2020 13:03 0

Indonesia

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Beribadah di Rumah

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa semua kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, akan dan harus ditelaah secara mendalam.

Senin, 16/03/2020 19:30 0

Indonesia

PKS: Pemerintah Harus Cepat, Tepat dan Terukur Atasi Corona

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini meminta pemerintah melakukan strategi komprehensif dalam mengatasi wabah corona.

Senin, 16/03/2020 17:44 0

Indonesia

Soal Penanganan Corona, Bukhori Yusuf: Pemerintah Terkesan Tidak Siap

Pasca ditetapkannya wabah corona sebagai pandemi oleh WHO, Jokowi meminta kepada kepala daerah untuk dapat menentukan status daerah yang dipimpinnya terkait dengan penyebaran virus corona.

Senin, 16/03/2020 15:31 0

Indonesia

Corona Kian Merebak, AJI Jakarta Imbau Informasi ke Jurnalis Disebarkan Lewat Siaran Pers hingga Live Streaming

Seiring penyebaran virus corona yang kian merebak, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta mengimbau penyebaran informasi bagi para jurnalis tidak melalui kerumunan yang biasa terjadi di konferensi pers.

Senin, 16/03/2020 14:26 0

Hoax Buster

[HOAX] Minum Vodka Bisa Cegah Terinfeksi Corona

Di tengah kekacauan akibat wabah corona, muncul kabar bahwa minum vodka dapat mencegah infeksi corona.

Ahad, 15/03/2020 20:37 0

Indonesia

Jumlah Positif Corona Meningkat, Politisi PKS: Pemerintah Harus Transparan

Meningkatnya jumlah positif corona di Indonesia mendorong Presiden Jokowi untuk bertindak. Melalui Keppres Nomor 7 Tahun 2020, Jokowi membentuk gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 dengan Letjen Doni Monardo sebagai Ketua Pelaksana.

Ahad, 15/03/2020 19:42 0

Close