... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Corona Kian Merebak, JSIT Indonesia Dukung Proses Pembelajaran Jarak Jauh

Foto: Ketua Umum JSIT Indonesia, Mohammad Zahri.

KIBLAT.NET, Jakarta – Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia merespon kondisi merebaknya virus Corona atau Covid-19 di beberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Ketua Umum JSIT Indonesia, Mohammad Zahri mengatakan sebagai komunitas dan organisasi pendidikan di Indonesia, JSIT Indonesia sudah memberikan arahan dan himbauan, agar mengikuti kebijakan pemerintah dengan melakukan pembelajaran jarak jauh di rumah.

“JSIT mendukung kebijakan melakukan social distancing guna melokalisir dan memperlambat penyebaran virus corona di Indonesia, dengan menunda sampai batas waktu yang belum ditentukan, seluruh kegiatan yang menghadirkan banyak orang,” kata Mohammad Zahri melalui rilis yang diterima Kiblat.net pada Selasa (17/3/2020).

JSIT Indonesia, lanjut Mohammad Zahri, sedang berupaya membangun kelas belajar daring guna mendukung proses pembelajaran jarak jauh akibat penerapan penutupan sekolah di beberapa daerah di Indonesia.

“Alternatif ruang belajar daring harus makin diperbanyak sebagai pelengkap dari ruang belajar yang sudah ada, baik yang gratisan maupun berbayar. Syukur-syukur ruang belajar daring yang dibuat baik perorangan maupun organisasi bisa diakses secara gratis,” terangnya.

Sekolah yang diliburkan, kata Mohammad Zahri, tentu memaksa sekolah untuk menerapkan pembelajaran daring.

“Akses yang masif ke aplikasi belajar daring tentu akan menimbulkan kendala teknis terkait kecepatan dan daya tampung. Oleh karena itu memperbanyak alternatif aplikasi belajar daring menjadi pilihan yang masuk akal,” urainya.

BACA JUGA  Cegah Hoaks di Pilkada 2020, Polri Tingkatkan Patroli Siber

Menurut Mohammad Zahri, saling berbagi tentang konten pembelajaran jarak jauh perlu terus digencarkan oleh para guru dan komunitas pendidikan.

“Terlebih kemendikbud baru saja meluncurkan organisasi penggerak sebagai rangkaian merdeka belajar episode ke-4 tanggal 10 Maret 2020, maka organisasi penggerak tersebut dapat mulai membuktikan kiprahnya menggerakkan sekolah-sekolah dalam proses pembelajaran jarak jauh”, papar pria asal Surabaya ini mengakhiri.

JSIT Indonesia merupakan organisasi yang mewadahi lembaga penyelenggara pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi yang menjadikan Islam sebagai landasan filosofis, konsepsional, operasional; dan menumbuhkan seluruh potensi fitrah peserta didik yang didukung oleh penyelenggara pendidikan, orang tua, masyarakat, pemerintah, dan lingkungan.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Anggota Dewan Pakar Iran Positif Corona Meninggal

Dewan Pakar Kepemimpinan Iran adalah badan utama di rezim Iran. Dewan ini terdiri dari 88 anggota yang dipilih melalui pemungutan suara langsung untuk satu sesi delapan tahun, dengan masing-masing satu wakil dari setiap provinsi.

Selasa, 17/03/2020 10:08 0

Amerika

Menhan AS Diisolasi untuk Observasi Corona

Hoffman menambahkan, tes menunjukkan bahwa 18 personel militer kiniterinfeksi virus Corona Covid19. Jumlah ini naik dari sebelumnya yang berjulah sepuluh pada Sabtu lalu.

Selasa, 17/03/2020 08:36 0

India

Penganut Hindu di India Minum Urin Sapi untuk Tangkal Covid-19

Orang di negara berpenduduk mayoritas Hindu yang berpenduduk 1,3 miliar menganggap sapi suci.

Senin, 16/03/2020 14:30 0

Palestina

Masjid Al-Aqsa Ditutup Akibat Virus Corona

Pelaksanaan shalat berjamaah tetap digelar namun dilaksanakan halaman masjid di area terbuka lebar di sekitar dua masjid dan tempat-tempat sholat lainnya di Bukit Bait Suci.

Senin, 16/03/2020 09:47 0

Suriah

Warga Suriah Demo Patroli Bersama Turki-Rusia di Idlib

"Kami berselisih dengan Rusia yang telah membunuh kami selama enam tahun dan mengebom kami dari udara. Jadi kami menentang mereka memasuki kota kami,” kata Ahmed Shehadeh (22).

Senin, 16/03/2020 08:33 0

Hoax Buster

[HOAX] Minum Vodka Bisa Cegah Terinfeksi Corona

Di tengah kekacauan akibat wabah corona, muncul kabar bahwa minum vodka dapat mencegah infeksi corona.

Ahad, 15/03/2020 20:37 0

Artikel

Wabah: Mengiringi Kebangkitan Turki Usmani hingga Runtuhnya Kesultanan Aceh

Hal ini tentu menjadi pelajaran bagi kita di masa kini. Mampukah kaum pemuka agama (Islam) memberikan perspektif yang tepat pada masyarakat tentang bencana wabah seperti Corona? Ataukah malah terjebak narasi dan aksi yang keliru,

Ahad, 15/03/2020 09:13 0

News

Menteri Agama Himbau Masjid di Seluruh Indonesia Gulung Karpet

Ia menyebut himbauan itu merupakan arahan Presiden Joko Widodo.

Sabtu, 14/03/2020 14:26 0

Iran

Komandan Tinggi Garda Revolusi Iran Meninggal Akibat Corona

Ia saat ini menjabat sebagai wakil komandan markas besar "Tsa’rullah" yang khusus berada di ibu kota Teheran untuk urusan praktis.

Sabtu, 14/03/2020 08:08 0

China

China Tawarkan Bantuan untuk Atasi COVID-19

"Orang-orang China pasti akan menang atas epidemi COVID-19 dan juga pasti akan mewujudkan target yang dimaksudkan untuk pembangunan ekonomi dan sosial."

Jum'at, 13/03/2020 14:16 0

Close