Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Beribadah di Rumah

KIBLAT.NET, Jakarta – Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa semua kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, akan dan harus ditelaah secara mendalam. Menurutnya, hal ini agar efektif menyelesaikan masalah, dan tidak semakin memperburuk keadaan. Termasuk soal lock down.

“Perlu saya tegaskan, yang pertama, bahwa kebijakan lock down, baik di tingkat nasional maupun di tingkat daerah adalah kebijakan pemerintah pusat. Kebijakan ini tidak boleh diambil oleh pemerintah daerah. Dan sampai saat ini, tidak ada kita berpikiran ke arah kebijakan lock down,” katanya, Senin (16/03/2020).

Menurutnya, yang paling penting dilakukan saat ini adalah bagaimana kita mengurangi mobilitas orang dari satu tempat ke tempat lain. Selain itu, menjaga jarak dan mengurangi kerumunan orang yang membawa risiko lebih besar pada penyebaran Covid19.

“Kebijakan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah di rumah perlu terus untuk kita gencarkan untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid 19 dengan tetap mempertahankan pelayanan kepada masyarakat. Baik itu urusan kebutuhan pokok, layanan kesehatan, dan layanan-layanan publik lainnya,” tuturnya.

Jokowi juga menilai bahwa transportasi publik tetap harus disediakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Namun dengan catatan harus meningkatkan tingkat kebersihan moda transportasi. baik itu kereta api, bus kota, MRT, LRT, bus trans.

“Yang penting mengurangi tingkat kerumunan, mengurangi antrian, dan mengurangi tingkat kepadatan orang di dalam moda transportasi, sehingga kita bisa menjaga jarak satu dengan lainnya,” paparnya.

BACA JUGA  Peristiwa 21-22 Mei dan Penembakan Laskar Dibawa ke ICC

“Terakhir, saya mengajak untuk cuci tangan yang bersih, tetap belajar dari rumah, tetap bekerja dari rumah, dan tetap beribadah di rumah,” pungkas Jokowi.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat