[HOAX] Minum Vodka Bisa Cegah Terinfeksi Corona

KIBLAT.NET – World Health Organization (WHO) telah menyatakan wabah virus corona sebagai pandemi. Hal ini karena virus tersebut telah menginfeksi lebih dari 100.000 orang dan menyebar ke 114 negara.

Diketahui, beberapa negara kini tengah bergelut dengan virus yang berasal dari China tersebut. Amerika misalnya, untuk memerangi virus corona, Presiden Donald Trump mengumumkan beberapa kebijakan, termasuk larangan perjalanan ke Eropa.

Sementara di Eropa, Italia misalnya, tengah memperketat karantina yang diberlakukan di seluruh wilayah negara itu. Hampir semua layanan publik dan toko-toko tutup selama dua pekan.

Namun di tengah kekacauan tersebut, belakangan beredar kabar bahwa meminum alkohol, khususnya vodka dapat mencegah seseorang terinfeksi virus corona.

Informasi itu tersebar melalui media sosial Facebook. Banyak netizen yang mengunggah foto sebuah surat yang mengatasnamakan Saint Luke’s Hospital. Terdapat narasi berbahasa Inggris pada surat tersebut, bertuliskan:

“Setelah penelitian mendalam, temuan kami menunjukkan bahwa konsumsi minuman beralkohol dapat membantu mengurangi risiko infeksi virus corona baru atau Covid – 19. Vodka paling direkomendasikan untuk minum, membersihkan, dan memdesifeksikan,” tulis surat tersebut.

Berdasarkan penelusuran Kiblat.net, pihak Saint’s Luke Hospital yang namanya dicatut ternyata sudah membuat klarifikasi mengenai kabar tersebut. Mereka menyampaikan bahwa pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat edaran yang memuat informasi palsu.

Melalui akun resmi Facebook-nya Saint Luke’s Health System, pihak rumah sakit membuat klarifikasi. Berikut klarifikasi lengkapnya:

Laporan palsu beredar yang mengatakan minum alkohol dapat mengurangi risiko Covid-19. INI TIDAK BENAR. Santo Luke mengikuti bimbingan CDC, yaitu:

– Berlatih kebersihan tangan yang baik.

– Cuci tangan setidaknya selama 20 detik, terutama setelah menggunakan kamar kecil, sebelum makan, setelah meniup hidung atau batuk.

– Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan hand sanitizer dengan setidaknya 60 persen alkohol.

– Hindari kontak dekat dengan orang-orang yang sakit dan tinggal di rumah ketika Anda sakit.

– Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.

– Tutupi mulut saat batuk dan bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah.

– Bersihkan dan disinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh menggunakan semprotan pembersihan rumah tangga biasa atau lap.

Penulis: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat