Delapan Belas Warga Palu Masuk ODP Virus Corona

KIBLAT.NET, Palu – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah mengumumkan dugaan penyebaran Virus Covid-19 di Sulteng. Kepala Bidang Penyelidikan Penyakit/Virus Dinkes Sulteng, Hesti mengungkapkan bahwa sebanyak 32 masyarakat Kota Palu masuk kategori ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Hal ini disebabkan 32 orang tersebut memiliki riwayat melakukan perjalanan dari Luar Negeri. Ia memaparkan, selama 14 hari kedepan ODP tersebut akan terus dipantau perkembangannya.

Dari 32 orang, kata dia, 14 diantaranya sudah dinyatakan aman. Artinya, 18 orang masih terus dalam pengawasan Dinas Kesehatan Kota Palu maupun Dinas Kesehatan Sulteng.

Sementara itu dr. Amsir, Wakil ketua tim penanganan kasus virus Covid-19 Provinsi Sulawesi Tengah membenarkan adanya dua warga kota Palu yang dirawat diruang Isolasi RSUD Undata Palu setelah terindikasi terjangkit virus Covid-19. Sebelumnya, kedua orang itu dari Jakarta.

“Pasien tersebut merupakan rujukan dari Rumah Sakit Bala Keselamatan dan Rumah Sakit Budi Agung dan masuk ke RSUD Undata Sabtu malam,” kata Amsir Ahad (15/3/2020)

Ia pun menambahkan kedua pasien rujukan ini masuk dalam Pasien Dalam pengawasan (PDP) dan sudah dirawat secara intensif diruang Isolasi. Sementara itu pihak RSUD Undata Palu belum bisa memastikan apakah kedua pasien tersebut Positif atau negatif karena masih menunggu hasil laboratorium yang dikirim ke Jakarta.

“Untuk 2 pasien yang sekarang di ruang Isolasi RS Undata tidak termasuk 32 masyarakat yang sedang dipantau oleh Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah”, tambahnya.

BACA JUGA  Pengacara HRS: Putusan Hakim Tunggal Sesat Menyesatkan

Masih ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dr. Reny Lamajidho menuturkan 2 pasien yang berada di ruang isolasi tersebut sedang dalam tahap penanganan. Terkait ketersediaan alat pelindung diri, Dinkes Sulteng memiliki 105 buah dan masih berada ditangan Dinas Kesehatan Sulteng yang mana untuk distribusi belum dilakukan mengingat jumlahnya masih terbatas.

“Dua warga itu masing-masing berumur 16 tahun dengan status pelajar dan 62 tahun berstatus Ibu rumah tangga dengan jenis kelamin perempuan,” tuturnya.

Reporter: Salam Abdurrahman
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat