... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pemerintah Langgar Hukum Jika Tak Transparan Soal Corona

Foto: Ilustrasi orang mengenakan masker di tengah wabah corona Indonesia. (Foto: Flipboard)

KIBLAT.NET, Jakarta – Virus Corona telah ditetapkan sebagai penyakit pandemi oleh WHO, dan Indonesia merupakan salah satu negara terjangkit. Dalam hal ini, LBH Street Lawyer menekankan bahwa pemerintah pusat maupun pemerintah daerah wajib melakukan langkah-langkah untuk menangani, dan mengatasinya dengan serius, secara cepat dan tepat.

“Bahkan lebih dari itu, pemerintah wajib melakukannya secara transparan, tanpa ada informasi yang dirahasiakan atau disembunyikan dari masyarakat. Baik mengenai jenis, persebaran penularan virus Corona, serta menyebutkan daerah yang dapat menjadi sumber penularan,” kata anggota LBH Street Lawyer, Wisnu Rakadita S.H., M.H. dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Jumat (13/03/2020).

Sebaliknya, jika hal-hal tersebut tidak dilakukan, pemerintah pusat dan/atau pemerintah daerah dipastikan melanggar hukum, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 154 ayat (1) UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Dalam pasal tersebut ditekankan, Pemerintah secara berkala menetapkan dan mengumumkan jenis dan persebaran penyakit yang berpotensi menular dan/atau menyebar dalam waktu yang singkat, serta menyebutkan daerah yang dapat menjadi sumber penularan.”

Dan bagi pemerintah daerah melanggar Pasal 155 ayat (1) UU No. 36 Tahun 2009. Wisnu juga menyebutkan, kewajiban pemerintah untuk transparan atas informasi yang dapat mengancam hidup orang banyak juga diatur dalam Pasal 10 UU No.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

“Di ayat 1, Badan Publik wajib mengumumkan secara serta- merta suatu informasi yang dapat mengancam hajat hidup orang banyak dan ketertiban umum. Dan ayat 2 menyebut, Kewajiban menyebarluaskan Informasi Publik sebagaimana dimaksud pada ayat 1 disampaikan dengan cara yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan dalam bahasa yang mudah dipahami,” paparnya.

BACA JUGA  Covid-19 Mengintai Pengungsi Rohingya: Hak Kesehatan Harus Dipenuhi

Untuk itu tim LBH Street Lawyer akan melakukan pemantauan terhadap penanganan persebaran virus Corona baik yang dilakukan pemerintah pusat atau pemerintah daerah. Pihaknya juga tidak akan segan untuk mewakili dan/atau mendampingi masyarakat untuk melakukan langkah hukum jika dirasa pemerintah pusat atau pemerintah daerah tidak transparan atau merahasiakan informasi yang berhak diketahui masyarakat dalam penanganan virus Corona tersebut.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk ikut membantu pencegahan penularan virus Corona dengan cara menjaga perilaku hidup bersih dan sehat sebagai mana amanat Pasal 157 ayat (1) UU No. 36 Tahun 2009 ttg Kesehatan,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

China

China Tawarkan Bantuan untuk Atasi COVID-19

"Orang-orang China pasti akan menang atas epidemi COVID-19 dan juga pasti akan mewujudkan target yang dimaksudkan untuk pembangunan ekonomi dan sosial."

Jum'at, 13/03/2020 14:16 0

News

Istrinya Tunjukkan Gejala Flu, Perdana Menteri Kanada Masuk Isolasi

Trudeau akan membahas situasi coronavirus dengan Wakil Perdana Menteri Kanada, Chrystia Freeland.

Jum'at, 13/03/2020 11:45 0

Rusia

Akibat COVID-19, Rusia Tunda Misi Penjelajahan Mars Hingga 2022

Proyek yang dinamai ExoMars-2020 itu merupaan hasil kerjasama Rocosmos dengan Badan Antariksa Eropa.

Jum'at, 13/03/2020 11:02 0

Arab Saudi

Dewan Ulama Saudi: Penderita Corona Tak Boleh Hadiri Shalat Jumat

Jika dia tidak shalat Jumat, dia wajib melaksanakan shalat zuhur empat rekaat.

Jum'at, 13/03/2020 09:10 0

Inggris

Pelatih Mesut Ozil Dinyatakan Positif Corona

Klub sepak bola tempat Mesut Ozil bermain, Arsenal akhirnya menutup Colney Training Center di London setelah pelatih kepala mereka Mikel Arteta, dinyatakan positif corona pada Kamis (12/03/2020) malam waktu setempat.

Jum'at, 13/03/2020 08:18 0

Irak

Ketegangan AS dan Milisi Pro-Iran di Irak Meningkat, 3 Pasukan Koalisi Tewas

Sebanyak 26 anggota Al-Hasd Al-Syakbi Irak tewas dalam serangan udara di Suriah timur pada Rabu malam.

Jum'at, 13/03/2020 07:59 0

Kiblatorial

Editorial: Rajab, Bulan Menanam Amal

Rajab adalah bulan menanam, bulan Sya’ban adalah bulan menyirami , dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen. Demikian seorang ulama salaf bernama Abu Bakar Al Warraq Al Balkhi rahimahullah menggambarkan.

Jum'at, 13/03/2020 06:26 0

News

WHO Tetapkan Virus Corona Sebagai Epidemi

Virus tersebut telah menginfeksi lebih dari 100.000 orang dan menyebar ke 114 negara.

Kamis, 12/03/2020 13:22 0

Afrika

Enam Sipil Somalia Jadi Korban Drone AS, Mereka Tewas Satu Mobil

Mohamed Adan Berri, saudara laki-laki supir minibus yang menjadi sasaran, mengatakan kepada Reuters bahwa saudaranya adalah warga sipil dan petani serta penduduk setempat yang berada di dalam bus itu.

Kamis, 12/03/2020 08:58 0

Afghanistan

Taliban Tolak Prasyarat Pembebasan Anggotanya

"Lima ribu tahanan harus dibebaskan sebagai bagian dari langkah membangun kepercayaan, dan ini harus terjadi sebelum perundingan internal Afghanistan," kata juru bicara Taliban Suhail Shaheen kepada AFP.

Kamis, 12/03/2020 07:44 0

Close