... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Editorial: Rajab, Bulan Menanam Amal

KIBLAT.NET – Rajab adalah bulan menanam, bulan Sya’ban adalah bulan menyirami , dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen. Demikian seorang ulama salaf bernama Abu Bakar Al Warraq Al Balkhi rahimahullah menggambarkan.

Sebagai salah satu bulan haram, Rajab tentu mempunyai keistimewaan dimana amalan-amalan kebaikan akan dilipatgandakan pahalanya, dan sebaliknya, amalan keburukan akan dilipatgandakan pula balasannya.

Ketika bulan Rajab menyapa seorang hamba, hendaknya ia menyikapinya dengan bijak dan baik. Ia harus mensyukuri nikmat besar tersebut, sebab bersyukur merupakan kaedah umum untuk merespon kenikmatan dari Allah Azza wa Jalla, apapun nikmat tersebut, baik duniawi, ataupun yang berhubungan dengan agama. Terlebih nikmat berupa kesempatan untuk beramal shaleh dan memperbaiki diri.

Setelah itu, hendaknya seseorang mengisi bulan Rajab dengan ketaatan kepada Allah dan memperbanyak taubat atas dosa dan kesalahan yang pernah diperbuat.  Sebab hanya dengan hal tersebut, kesempatan yang baik dan peluang emas ini akan benar-benar menjadi sebuah kenikmatan yang hakiki.

Bulan Rajab juga seyogyanya dijadikan momentum untuk mengambil pelajaran dari orang-orang terdekat yang  telah mendahului kita, baik itu karib, kerabat, keluarga maupun tetangga.  Mereka telah meninggalkan dunia seisinya menuju alam kubur. Mereka telah berpindah dari alam tempat beramal menuju alam pertama untuk pembalasan amal. Dimana hanya amal kebaikan ataupun keburukan yang menemani mereka.

Selain bersyukur dan berlomba dalam kebaikan, pada bulan rajab, seorang hamba juga harus tetap mewaspadai syaithan yang senantiasa melancarkan tipu-daya, godaan, dan bisikan-bisikan agar dirinya berleha-leha dalam menyongsong bulan mulia itu.

BACA JUGA  Kemenag: Harus Ada Standar Imam Masjid

Syaithan akan senantiasa antusias tanpa putus asa untuk menyesatkan anak-anak Adam, memalingkan mereka dari agama Allah, serta mengajak mereka kepada perbuatan keji dan  mungkar, mengesankan maksiat dengan gambaran yang indah dan melontarkan rasa benci dalam hati mereka terhadap amal-amal kebaikan.

Maka, sekali lagi ketika kesempatan emas untuk beramal dalam waktu yang istimewa datang, siapapun hendaknya memasang niat dan badan untuk menyambutnya dengan baik, dengan semangat berlomba-lomba dalam kebaikan.

Para ulama dari generasi salaf bahkan menjadikan bulan Rajab sebagai ajang persiapan menghadapi Ramadhan yang mulia. Mereka membiasakan amalan-amalan shalih semenjak datangnya bulan Rajab, sehingga mereka sudah terlatih untuk memperbanyak amalan ketika Ramadhan tiba.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Abu Bakar Al Warraq Al Balkhi dalam penggambaran lainnya: perumpamaan bulan Rajab adalah seperti angin, bulan Sya’ban seperti awan yang membawa hujan dan bulan Ramadhan seperti hujan. Barang siapa yang tidak menanam di bulan Rajab dan tidak menyiraminya di bulan Sya’ban, bagaimana mungkin dia memanen hasilnya di bulan Ramadhan.

 


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

WHO Tetapkan Virus Corona Sebagai Epidemi

Virus tersebut telah menginfeksi lebih dari 100.000 orang dan menyebar ke 114 negara.

Kamis, 12/03/2020 13:22 0

Indonesia

Ada Corona, PBNU Tunda Munas Alim Ulama dan Konbes 2020

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan surat pemberitahuan penundaan Musyawarah Nasional Alim Ulama (Munas) dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama 2020.

Kamis, 12/03/2020 10:53 0

Afrika

Enam Sipil Somalia Jadi Korban Drone AS, Mereka Tewas Satu Mobil

Mohamed Adan Berri, saudara laki-laki supir minibus yang menjadi sasaran, mengatakan kepada Reuters bahwa saudaranya adalah warga sipil dan petani serta penduduk setempat yang berada di dalam bus itu.

Kamis, 12/03/2020 08:58 0

Afghanistan

Taliban Tolak Prasyarat Pembebasan Anggotanya

"Lima ribu tahanan harus dibebaskan sebagai bagian dari langkah membangun kepercayaan, dan ini harus terjadi sebelum perundingan internal Afghanistan," kata juru bicara Taliban Suhail Shaheen kepada AFP.

Kamis, 12/03/2020 07:44 0

Video News

Begini Penjelasan dr. Corona Terkait Upaya Muhammadiyah Cegah Corona

Kecenderungan meningkatnya jumlah pasien positif corona (Covid–19) di Indonesia tentunya membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk mengatasinya. Baik itu dalam hal penanganan pasien maupun usaha yang lebih strategis, yaitu pengerahan semua daya upaya untuk melakukan pencegahan penyebarannya.

Rabu, 11/03/2020 22:07 0

Indonesia

Muhammadiyah Siapkan Rumah Sakit Guna Hadapi Pasien Virus Corona

Muhammadiyah mempersiapkan seluruh Rumah Sakit dan Klinik untuk menghadapi kemungkinan mendapatkan pasien terindikasi Covid-19.

Rabu, 11/03/2020 17:34 0

Eropa

4 Alasan Kenapa Infeksi Virus Corona Begitu Besar di Italia

Para ahli percaya bahwa imbauan kesehatan dari pemerintah dan internasional tentang isolasi diri mungkin tidak diperhatikan ketika kasus pertama dinyatakan di Italia bulan lalu.

Rabu, 11/03/2020 17:17 0

Afrika

Jerapah Putih Langka ini Tewas Dibunuh Pemburu Liar

Dengan matinya 2 jerapah itu, kini jerapah putih tinggal tersisa seekor saja.

Rabu, 11/03/2020 16:59 0

Indonesia

Kasus Remaja Bunuh Balita, PKS Tegaskan Pentingnya Ketahanan Keluarga

Kasus pembunuhan balita oleh seorang remaja perempuan berinisial NF sempat menimbukan keresahan di masyarakat. Pasalnya sang pelaku dikabarkan tanpa perasaan bersalah ketika melaporkan perbuatannya sendiri ke kepolisian.

Rabu, 11/03/2020 15:49 0

Afghanistan

Pemerintah Afghanistan Janjikan Pembebasan 1.500 Pejuang Taliban

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengeluarkan dekrit pada Rabu (11/03/2020) pagi yang menjanjikan pembebasan 1.500 tahanan Taliban.

Rabu, 11/03/2020 15:01 0

Close