Catat! Ini Imbauan Anies Baswedan Hindari Corona Saat Sholat Jumat

KIBLAT.NET, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan beberapa maklumat kepada umat Islam yang akan menjalankan sholat jumat. Pertama, ia berpesan agar umat Islam tetap tidak panik namun juga tidak meremehkan virus corona.

“Kewaspadaan ini harus kita tingkatkan. Prinsipnya sederhana, jangan panik dan jangan pula meremehkan. Saat berjaaamah sholat jumat dan kegiatan sholat lainnya di masjid, bawalah sajadah sendiri atau bawa sapu tangan untuk alas sujud,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Jumat (13/03/2020).

Ia juga mengimbau kepada umat Islam untuk cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah sholat jumat. Dan untuk semntara waktu, hindari jabat tangan dan cium pipi.

“Gunakan metode lain untuk saling bersapa tanpa harus bersentuhan,” paparnya.

Bila sedang flu, kata dia, maka gunakan masker dan jika tiba-tiba batuk atau bersin maka tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan.

Ia juga berpesan kepada pengurus masjid, pada saat pengumuman selalu selipkan kewaspadaan kepada seluruh jamaah. Ingatkan untuk rajin cuci tangan dengan sabun dan hindari sentuhan fisik

“Dan bantu jamaah dengan menyediakan sabun di area wudhu, meningatkan agar proses pembersihan masjid ditingkatkan. Mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan, doa dan tawakal kepada Allah,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat