... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Muhammadiyah Siapkan Rumah Sakit Guna Hadapi Pasien Virus Corona

Foto: konferensi pers Muhammadiyah

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center, dr. Corona Rintawan mengatakan sesuai dengan kemampuan masing–masing yang bervariasi, Muhammadiyah mempersiapkan seluruh Rumah Sakit dan Klinik untuk menghadapi kemungkinan mendapatkan pasien terindikasi Covid-19.

“Peran wajibnya adalah menerapkan prosedur bagi Rumah Sakit dan Klinik untuk mencegah penyebaran Covid-19 pada instalasi internal,” ungkapnya saat konferensi pers di PP Muhammadiyah Menteng, Jakarta Pusat Selasa (10/03/2020).

Sementara itu, untuk kemampuan penanganan kuratif di RS Muhammadiyah – Aisyiyah bervariasi, pada prinsipnya RS Muhammadiyah – Aisyiyah akan membantu seoptimal mungkin RS pemerintah yang telah ditunjuk sebagai RS rujukan utama.

Ia memaparkan bahwa 20 RS Muhammadiyah–Aisyiyah yang telah ditunjuk akan menyiapkan sarana dan fasilitas dalam menyelenggarakan tata laksana awal dan kemudian merujuknya pada RS pemerintah yang telah ditunjuk sebagai rujukan utama.

“Tantangan dalam menjalankan fungsi ini, sebagaimana RS umumnya pada kondisi sekrang, adalah RS Muhammadiyah masih terkendala perangkat Alat Pengaman Diri (APD) yang saat ini sangat sulit dicari produknya. Oleh karena itu kami menyiapkan berbagai alternatif cara utk mengatasi hal tersebut,” paparnya.

Ia menambahkan bahwa untuk mempersiapkan segala hal yang mungkin terjadi seperti kemungkinan terjadinya eskalasi kasus corona, Muhammadiyah mendorong pemerintah selalu menjalankan azas keterbukaan dan melibatkan serta mendukung peran serta seluruh elemen bangsa dalam respon Covid-19.

“Rumah sakit swasta dan elemen masyarakat lain perlu dilibatkan secara maksimal dalam penanganan ini,” jelasnya.

BACA JUGA  HNW Khawatir Pelibatan BNPT dan BPIP dalam Sertifikasi Dai

“Rumah Sakit Muhammadiyah siap berkoordinasi dengan pemerintah untuk berkontribusi maksimal dalam penanganan isu Covid-19. Namun beberapa keterbatasan seperti keterbatasan APD yang juga dialami oleh seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia, kiranya pemerintah dapat melakukan upaya intervensi atas permasalaahan ini,” pungkasnya.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Eropa

4 Alasan Kenapa Infeksi Virus Corona Begitu Besar di Italia

Para ahli percaya bahwa imbauan kesehatan dari pemerintah dan internasional tentang isolasi diri mungkin tidak diperhatikan ketika kasus pertama dinyatakan di Italia bulan lalu.

Rabu, 11/03/2020 17:17 0

Afrika

Jerapah Putih Langka ini Tewas Dibunuh Pemburu Liar

Dengan matinya 2 jerapah itu, kini jerapah putih tinggal tersisa seekor saja.

Rabu, 11/03/2020 16:59 0

Afghanistan

Pemerintah Afghanistan Janjikan Pembebasan 1.500 Pejuang Taliban

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani mengeluarkan dekrit pada Rabu (11/03/2020) pagi yang menjanjikan pembebasan 1.500 tahanan Taliban.

Rabu, 11/03/2020 15:01 0

Amerika

Pemanasan Global: Hutan Amazon Diprediksi Jadi Kering dalam 50 Tahun

Hutan hujan Amazon mendekati ambang batasnya. Salah satu ekosistem terbesar dan terkaya di dunia ini, menurut para ilmuwan akan berubah menjadi sabana kering dalam setengah abad.

Rabu, 11/03/2020 14:45 0

Suara Pembaca

Corona dan Delusi Paranoid

Virus corona hanyalah problem fisik. Belum menyangkut yang lebih terdalam, faktor psikis manusia. Jikapun tubuh manusia modern (milenial) diibaratkan sistem keamanan dalam tembok-tembok kerajaan yang rapuh, analogi seperti ini ada benarnya.

Rabu, 11/03/2020 14:23 0

Turki

Delegasi Militer Turki dan Rusia Bertemu Bahas Idlib

"Pertemuan dibuka sekitar pukul 20:00 waktu setempat, di kantor Kementerian Pertahanan," kata pertanyaan Dephan Turki tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Rabu, 11/03/2020 14:10 0

News

Imbas Virus Corona, PBB Sampai Tutup Kantor Pusatnya di New York

Dujarric juga mengatakan bahwa belum ada kabar mengenai adanya kasus infeksi yang menimpa staf PBB di New York.

Rabu, 11/03/2020 14:04 0

Afghanistan

Usai Negosiasi, 5.000 Pejuang Taliban Segera Dibebaskan

Presiden telah menandatangani dekrit yang akan memfasilitasi pembebasan para tahanan Talibanuntuk dimulainya negosiasi antara Taliban dan pemerintah Afghanistan

Rabu, 11/03/2020 09:24 0

Afghanistan

AS Mulai Kosongkan Dua Pangkalan Militer di Afghanistan

Ini merupakan realisasi tahap pertama perjanjian antara AS dan Taliban yang ditandatangani pada 29 Februari lalu di Doha.

Rabu, 11/03/2020 08:30 0

Amerika

DK PBB Resmikan Perjanjian AS dan Taliban

Keputusan itu juga mengejutkan karena DK PBB menyetujui sebuah perjanjian yang berisi dua lampiran rahasia terkait memerangi terorisme yang tidak boleh dilihat oleh para anggotanya.

Rabu, 11/03/2020 08:15 0

Close