... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Begini Penjelasan dr. Corona Terkait Upaya Muhammadiyah Cegah Corona

Foto: Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center, dr. Corona Rintawan, SpEM. (Alif/kiblat)

KIBLAT.NET, Jakarta – Kecenderungan meningkatnya jumlah pasien positif corona (Covid–19) di Indonesia tentunya membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk mengatasinya. Baik itu dalam hal penanganan pasien maupun usaha yang lebih strategis, yaitu pengerahan semua daya upaya untuk melakukan pencegahan penyebarannya.

Berdasarkan pemikiran tersebut, Muhammadiyah Covid-19 Command Center menetapkan strategi untuk menggerakkan semua sumber daya yang dimiliki Muhammadiyah.

Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center, dr. Corona Rintawan, SpEM mengatakan bahwa untuk melakukan upaya pencegahan, Muhammadiyah memfokuskan sekolah dan perguruan tinggi menjadi upaya untuk mencegah virus corona.

“Upaya sosialisasi, edukasi dan berbagai tindakan preventif disiapkan termasuk prosedur untuk dosen, guru, mahasiswa dan siswa yang cukup banyak akan pulang dari penugasan atau kegiatan di luar negeri. Sosialisasi dan pendampingan ini juga meliputi tata cara penggunaan masker, penggunaan hand sanitizer, etika batuk–bersin dan deteksi dini,” kata dr. Corona dalam konferensi pers di PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/03/2020).

Corona mengatakan bahwa jumlah TK Aisyiyah yang saat ini mencapai 22.000 unit dan tersebar di seluruh Indonesia menjadi salah satu fokus tim yang melibatkan Majelis Dikdasmen Aisyiyah.

“Demikian juga sekolah Muhammadiyah yang berjumlah 2.700 lebih di tingkat SD/MI, 1.700 lebih di tingkat SMP/Mts, 800 lebih di tingkat SMA/MA, serta pesantren yang berjumlah 300 lebih. Sementara Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ Aisyiyah berjumlah 165,” jelasnya.

BACA JUGA  Fahri Hamzah Optimis Ekonomi Domestik Penyelamat di Tengah Ancaman Resesi

Ia menjelaskan bahwa untuk potensi Angkatan Muda Muhammadiyah juga sudah dalam koordinasi tim, salah satunya gerakan yang dilakukan Ikatan Pelajar Muhammadiyah yang anggotanya mencapai tujuh juta orang di seluruh Indonesia

Selain itu, lanjutnya, ada Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang segera menyelenggarakan rakornas kesehatan dalam waktu dekat. Sedangkan Nasyiatul Aisyiyah yang berfokus pada pencegahan dan penanganan berbasis keluarga melalui program PASHMINA (Pelayanan Remaja Sehat Milik Nasyiatul Aisyiyah), serta edukasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada kepanduan Hizbul Wathan dan Perguruan Silat Tapak Suci yang memiliki agenda rutin pelatihan setiap minggunya.

“Muhammadiyah terus mengoptimalkan peran takmir masjid atau musala dalam pencegahan di masjid dan musala melalui jamaah. Beberapa edukasi untuk jamaah adalah dengan membiasakan membawa sajadah sendiri, meyempurnakan cuci tangan sesuai dengan prosedur selain menyempurnakan wudhu, dan menyarankan jamaah yang sakit tidak berjamaah ke masjid dahulu,” pungkasnya.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Menyibak Topeng Kesusastraan Indonesia

Membahas perkembangan sastra Indonesia sejurus dengan berbagai polemik yang menyertainya, dari zaman Hindia Belanda, pendudukan Jepang, hingga militerisme Orde Baru.

Selasa, 10/03/2020 17:26 0

Turki

Kejam! Seorang Pencari Suaka Disiram Air Panas Saat Hendak Lintasi Perbatasan

Saat itu Abdulmuttalib sedang melintasi perbatasan darat Yunani melalui provinsi Edirne, Turki.

Selasa, 10/03/2020 15:00 0

Arab Saudi

Tak Laporkan Info Kesehatan Diri saat Masuk Saudi, Denda Rp1,9 Miliar Menanti

Arab Saudi menutup sementara akses perjalanan dari sembilan negara termasuk negara-negara tetangga Arab.

Selasa, 10/03/2020 13:22 0

Afghanistan

Amerika Serikat Mulai Tarik Pasukan dari Afghanistan

Seorang pejabat AS lainnya mengatakan ratusan tentara telah keluar dari negara itu seperti yang direncanakan sebelumnya dan mereka tidak akan diganti.

Selasa, 10/03/2020 12:43 0

Suriah

Turki: Rezim Assad Langgar Perjanjian Gencatan Senjata

Pasukan rezim Bashar Assad Suriah melanggar perjanjian gencatan senjata terbaru antara Turki dan Rusia, 10 menit setelah diimplementasikan.

Selasa, 10/03/2020 11:31 0

Afrika

Kelompok Jihadis Mali Tegaskan Tak Ada Negosiasi Sebelum Pasukan Asing Pergi

JNIM menegaskan bahwa tidak ada pembicaraan sebelum semua pasukan Prancis dan pengikutnya meninggalkan Mali.

Selasa, 10/03/2020 08:10 0

Eropa

Penjualan Senjata ke Timteng Meningkat Tajam, AS Pemasok Utama

"Secara total, penjualan senjata meningkat dan permintaan tinggi di negara-negara pengimpor dan ada peningkatan juga," jelas Peter Weizmann, peneliti SIPRI.

Selasa, 10/03/2020 07:53 0

Irak

Dua Tentara AS Tewas Saat Gerebek Kamp Militer ISIS di Irak

“Operasi tersebut mengakibatkan terbunuhnya 25 teroris dan sembilan terowongan hancur, serta kamp pelatihan," klaim Komando Operasi Gabungan Irak.

Selasa, 10/03/2020 07:25 0

News

Darso Arief Jawab Pernyataan Yusuf Mansur Soal HRS

Yusuf Mansur mengklaim pernah bertemu Habib Rizieq untuk membahas buku berisi dugaan penipuan yang ditulis Darso Arief.

Senin, 09/03/2020 23:22 0

Video News

dr. Andi: Jangan Panik Hadapi Corona

VIRUS Corona positif masuk ke Indonesia. Lantas apa yang harus kita lakukan agar tercegah dari virus tersebut?

Senin, 09/03/2020 15:54 0

Close