... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Bamsoet: Takut Corona Jangan Sampai Sebabkan Ekonomi Lumpuh

Foto: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Tempo).

KIBLAT.NET, Jakarta- Ketua MPR Bambang Soesatyo mengingatkan agar pemerintah terus mengkreasi langkah-langkah atau kebijakan stimulus ekonomi guna merespons kerusakan akibat kecemasan pada wabah Virus Corona Novel (nCoV-19). Stimulus ekonomi sangat diperlukan agar kerusakan yang terjadi saat ini tidak semakin parah.

“Takut dan cemas karena meluasnya penyebaran wabah nCoV-19 jangan sampai menyebabkan lumpuhnya perekonomian nasional. Rasa cemas dan kehati-hatian jangan sampai menghentikan atau mengurangi keseluruhan aktivitas masyarakat dalam skala ekstrim,” ungkap Bamsoet dalam rilisnya Senin (09/03/2020).

Bamsoet menuturkan bahwa kehidupan harus tetap berjalan sebagaimana mestinya agar kerusakan akibat penyebaran wabah nCov-19 tidak semakin parah. Ia mengimbau agar setiap orang harus berani tetap bekerja, kegiatan produksi dan perdagangan tidak boleh berhenti, serta aktivitas belajar anak dan remaja harus tetap berjalan.

“Pemerintah pun hendaknya tetap mengupayakan kebijakan dan langkah-langkah stimulus guna mereduksi kerusakan di sektor ekonomi dan bisnis,” jelasnya.

Menurut Bamsoet, hal terpenting untuk diwaspadai dan disikapi oleh semua pihak adalah fakta bahwa wabah nCoV-19 sudah menimbulkan kerusakan cukup serius bagi perekonomian, termasuk ekonomi nasional. Gambaran tentang kerusakan itu sudah menjadi pemberitaan dalam beberapa pekan terakhir. Lalu lintas ekspor-impor menurun karena melemahnya permintaan.

“Itu berarti kegiatan produksi di sejumlah negara, termasuk Indonesia, juga menurun. Asumsinya, banyak perusahaan tidak akan mampu mewujudkan perkiraan laba. Dampaknya tentu saja ke pasar modal. Banyak investor sudah menarik dananya dari pasar modal untuk ditempatkan pada instrumen investasi yang aman. Sektor penerbangan dan pariwisata bahkan sudah menghitung rugi,” katanya

BACA JUGA  Dua Pekan Luhut Tangani Covid-19: Tren Masih Meningkat

Kalau proses kerusakan ini tidak direduksi, lanjut Bamsoet perekonomian global bisa terseret ke dalam resesi. Apalagi, durasi cemas dan kehatian-hatian akibat wabah nCoV-19 belum bisa dihitung. Menunggu sambil membiarkan terjadinya eskalasi kerusakan adalah salah. Semua orang tentu tidak mengharapkan terjadi resesi ekonomi akibat wabah nCoV-19.

Reporter: Fanny Alif


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Tak Laporkan Info Kesehatan Diri saat Masuk Saudi, Denda Rp1,9 Miliar Menanti

Arab Saudi menutup sementara akses perjalanan dari sembilan negara termasuk negara-negara tetangga Arab.

Selasa, 10/03/2020 13:22 0

Afghanistan

Amerika Serikat Mulai Tarik Pasukan dari Afghanistan

Seorang pejabat AS lainnya mengatakan ratusan tentara telah keluar dari negara itu seperti yang direncanakan sebelumnya dan mereka tidak akan diganti.

Selasa, 10/03/2020 12:43 0

Suriah

Turki: Rezim Assad Langgar Perjanjian Gencatan Senjata

Pasukan rezim Bashar Assad Suriah melanggar perjanjian gencatan senjata terbaru antara Turki dan Rusia, 10 menit setelah diimplementasikan.

Selasa, 10/03/2020 11:31 0

Afrika

Kelompok Jihadis Mali Tegaskan Tak Ada Negosiasi Sebelum Pasukan Asing Pergi

JNIM menegaskan bahwa tidak ada pembicaraan sebelum semua pasukan Prancis dan pengikutnya meninggalkan Mali.

Selasa, 10/03/2020 08:10 0

Eropa

Penjualan Senjata ke Timteng Meningkat Tajam, AS Pemasok Utama

"Secara total, penjualan senjata meningkat dan permintaan tinggi di negara-negara pengimpor dan ada peningkatan juga," jelas Peter Weizmann, peneliti SIPRI.

Selasa, 10/03/2020 07:53 0

Irak

Dua Tentara AS Tewas Saat Gerebek Kamp Militer ISIS di Irak

ÔÇťOperasi tersebut mengakibatkan terbunuhnya 25 teroris dan sembilan terowongan hancur, serta kamp pelatihan," klaim Komando Operasi Gabungan Irak.

Selasa, 10/03/2020 07:25 0

News

Darso Arief Jawab Pernyataan Yusuf Mansur Soal HRS

Yusuf Mansur mengklaim pernah bertemu Habib Rizieq untuk membahas buku berisi dugaan penipuan yang ditulis Darso Arief.

Senin, 09/03/2020 23:22 0

Video News

dr. Andi: Jangan Panik Hadapi Corona

VIRUS Corona positif masuk ke Indonesia. Lantas apa yang harus kita lakukan agar tercegah dari virus tersebut?

Senin, 09/03/2020 15:54 0

Artikel

Isu Wahabi dan Ukhuwah Islamiah

Aksi anarkis pembubaran pengajian dan perebutan Masjid Agung Al-Makmur Kota Banda Aceh yang dikenal dengan Masjid Oman pada hari Senin (27/01/2020) malam oleh sekelompok orang yang mengaku aswaja dengan menggunakan isu wahabi telah menarik perhatian banyak pihak, baik di Aceh maupun luar Aceh. Pasalnya, para pengisi pengajian dan BKM masjid ini dituduh berpaham wahabi.

Senin, 09/03/2020 15:37 0

Suriah

Minim Fasilitas Kesehatan, Pengungsi Suriah Rentan Terpapar Virus

Badan-badan bantuan bergerak untuk mencegah wabah virus corona di Suriah barat laut yang dilanda konflik.

Senin, 09/03/2020 14:25 0

Close
CLOSE
CLOSE