... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Minim Fasilitas Kesehatan, Pengungsi Suriah Rentan Terpapar Virus

Foto: Bocah pengungsi Suriah

KIBLAT.NET, Idlib – Badan-badan bantuan bergerak untuk mencegah wabah virus corona di Suriah barat laut yang dilanda konflik. Namun, infrastruktur kesehatan yang rusak dan migrasi besar-besaran membuat upaya itu menjadi sulit.

Suriah belum mengkonfirmasi kasus penularan virus corona. “(Tetapi) sistem kesehatan yang rapuh mungkin tidak memiliki kapasitas untuk mendeteksi dan merespons suatu epidemi,” kata Hedinn Halldorsson, juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kepada AFP.

Wilayah barat laut Suriah memiliki risiko wabah yang sangat tinggi dan paling mengkhawatirkan, di mana sekitar tiga juta orang terperangkap dalam wilayah yang semakin kecil yang dihantam oleh kampanye pemboman oleh rezim Assad dan Rusia selama berbulan-bulan.

Hampir satu juta orang mengungsi sejak Desember akibat serangan rezim yang didukung Rusia di wilayah Idlib. Permukiman padat dipenuhi oleh pengungsi baru yang datang, banyak dari mereka terlantar, tidur dalam kondisi dingin yang ekstrem.

Fasilitas medis telah menjadi sasaran selama kampanye pengeboman terbaru, mengurangi kapasitas sistem kesehatan yang dirusak oleh hampir sembilan tahun konflik.

“(Karena) tidak dapat memberikan layanan dari wilayah yang dikuasai pemerintah di dalam wilayah Suriah, WHO memberikan bantuan lintas-perbatasan kepada Idlib melalui Turki,” kata Halldorsson.

“Tenaga kesehatan sedang dilatih, dan laboratorium di Idlib dan Ankara sedang dipersiapkan dan disimpan untuk menguji dan mendiagnosis virus dengan aman,” tambahnya.

BACA JUGA  Seorang Tentara Suriah "Menghilang" Usai Lamar Putri Assad Via Online

Sumber: Zaman el-Wasl
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Soal Corona, Netty Heryawan: Ada Keterlambatan Komunikasi dari Pemerintah

Anggota Komisi IX DPR-RI Netty Prasetiyani Heryawan menilai ada keterlambatan manajemen edukasi dan komunikasi dari pemerintah dalam menangani masuknya virus corona (Covid - 19) di Indonesia.

Senin, 09/03/2020 14:09 0

Video News

Habib Hanif Alatas: Umat Islam Ketika Minoritas Mereka Mengalami Penindasan

Umat Islam Indonesia mengadakan aksi solidaritas untuk mendesak Pemerintah India agar segera menghentikan kekejaman dan pelanggaran HAM berat yang dilakukan kelompok Hindu radikalis, ekstrimis, dan intoleran di India.

Ahad, 08/03/2020 11:56 0

Video News

Sobri Lubis Seru Boikot India

Dalam Aksi Bela Muslim India yang digelar pada hari Jum'at (6/3) ketua DPP FPI, Ahmad Sobri Lubis memberikan pesan kepada jamah yang hadir dalam aksi tersebut untuk boikot India.

Sabtu, 07/03/2020 19:03 0

Indonesia

Potensi Bencana Jateng Tinggi, Bukhori Yusuf: Lembaga BNPB Perlu Diperkuat

Anggota Komisi VIII DPR RI, Bukhori Yusuf menyatakan bahwa Jawa Tengah termasuk wilayah dengan potensi bencana yang tinggi.

Sabtu, 07/03/2020 13:19 0

Indonesia

Presiden Jokowi Didesak Bela Muslim India

Humas Masyarakat Pecinta Bendera Tauhid (MARTABAT), Endro Sudarsono tutur menyayangkan terkait kekerasan terhadap Muslim di India.

Sabtu, 07/03/2020 12:09 0

Video News

FPI Desak Pemerintah Seret PM India ke Mahkamah Internasional

Umat Islam Indonesia mengadakan aksi solidaritas untuk Muslim India di depan Gedung Kedubes India di Kuningan, Jakarta Selatan, setelah Sholat Jum’at (6/3/2020).

Sabtu, 07/03/2020 01:22 0

Indonesia

Staf Kedubes India Janji Dialog dengan Delegasi Peserta Aksi

Ketua Umum Persaudaraan Alumni 212, Slamet Ma'arif mengungkapkan Duta Besar India untuk Indonesia tidak bisa menemui delegasi peserta aksi solidaritas Muslim India

Jum'at, 06/03/2020 19:48 0

Indonesia

PA 212 Imbau Lembaga HAM Bersuara Soal Pembantaian Muslim India

Ketua Umum PA 212 Slamet Ma’arif meminta Pimpinan dan Anggota DPR-RI mendesak Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan luar negeri Politik Bebas Aktif.

Jum'at, 06/03/2020 18:15 0

Indonesia

Muslim Dibantai, GNPF Ulama Minta Jokowi Panggil Dubes India

Ketua GNPF-Ulama, Yusuf Muhammad Martak menegaskan bahwa tindak kekerasan dan kekejaman terhadap muslim di India semakin massif

Jum'at, 06/03/2020 18:11 0

Indonesia

Gelar Aksi, Umat Islam Solo Teriakkan “India Teroris”

Umat Islam Solo raya yang tergabung dengan Masyarakat Pecinta Bendera Tauhid (MARTABAT) mengadakan aksi di kota Solo tepatnya di Bundaran Geladak

Jum'at, 06/03/2020 17:59 0

Close