... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki Kembali Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah di Idlib

Foto: Jet tempur Turki

KIBLAT.NET, Idlib – Jet tempur Turki pada Selasa (03/03/2020) menembak jatuh jet tempur Suriah di Idlib. Ini merupakan pesawat ketiga yang ditembak jatuh oleh Turki sejak Ahad lalu.

“Sebagai bagian dari operasi Spring Shield yang berlangsung, telah ditembak jatuh jet tempur rezim Suriah jenis L-39,” kata pernyataan Departemen Pertahanan Turki seperti dilansir AFP.

Sebuah sumber di Kementerian Pertahanan Turki menyatakan bahwa pesawat itu ditembak jatuh oleh pesawat F-16 Turki.

Kemudian, Kantor Berita Suriah (SANA) mengutip sumber militer Suriah yang mengatakan, “Tepat pukul 11:00 (09:03 GMT) pagi ini, selama operasi salah satu pesawat tempur kami di Idlib selatan melawan organisasi teroris bersenjata, mereka terkena rudal yang dilepaskan oleh pasukan Turki yang menyebabkannya jatuh.”

Pesawat jatuh di daerah barat laut Maarat Al-Numan, dan berada di bawah kendali pasukan pemerintah.

Sumber militer tidak menyebutkan nasib pilot, sementara Observatorium untuk Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) mengkonfirmasi pilot tewas setelah melompat dengan parasut di daerah Deir Sunbul, yang dikendalikan oleh faksi-faksi oposisi.

“Tidak diketahui apakah pilot itu tewas akibat menghantam tanah atau peluru pejuang faksi yang menemukannya,” kata direktur SOHR, Rami Abdel Rahman kepada AFP.

Kemudian, SANA melaporkan bahwa tentara Suriah telah menembak jatuh sebuah pesawat Turki di Saraqeb, selatan Idlib.

Sejak awal Februari, ketegangan antara Damaskus dan Ankara di wilayah tersebut meningkat dan telah tercermin dalam bentrokan di tanah yang telah mengakibatkan kematian di kedua belah pihak.

Pada Kamis lalu, Turki menderita kerugian besar, karena setidaknya 33 tentaranya tewas oleh serangan udara, yang dilakukan oleh pasukan rezim Assad.

Setelah serangan itu, Turki melancarkan operasi militer di daerah itu terhadap tentara Suriah, yang dinamai operasi Spring Shield. Pada Ahad, pasukan Turki menembak jatuh dua pesawat tempur Suriah jenis “Sukhoi 24” di Idlib.

Ankara telah menargetkan posisi tentara Suriah dengan serangan pesawat tak berawak dan artileri, yang sejak Kamis telah menewaskan 119 tentara Suriah dan 20 elemen yang setia pada pasukan rezim, menurut hitungan SOHR.

Untuk bagiannya, Damaskus mengumumkan akhir pekan lalu untuk menutup wilayah udara di barat laut negara itu dan mengancam akan menembak jatuh setiap pesawat yang melanggar wilayah udara Idlib. Pada Ahad, pihaknya mengumumkan penembakan tiga pesawat tanpa awak Turki.

Dengan dukungan Rusia, pasukan rezim telah melancarkan serangan besar-besaran sejak Desember terhadap daerah-daerah di Idlib yang termasuk wilayah yang disepakati tidak ada kekerasan. Pasukan Suriah mampu membuat kemajuan yang signifikan di Idlib selatan dan Aleppo barat.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Wasekjen MUI Dukung Aksi Bela Muslim India

Majelis Ulama Indonesia mengutuk keras pembantaian terhadap Muslim di India.

Rabu, 04/03/2020 01:19 0

Indonesia

Corona di Indonesia, MUI Imbau Umat Islam Perbanyak Wudhu

Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghimbau Umat Islam untuk membaca Qunut Nazilah agar terhindar dari virus Corona

Rabu, 04/03/2020 01:09 0

Indonesia

Korban UYM Ajukan Gugatan Perdata Karena Tak Percaya Kepolisian

Darso Arief Bakuama, pendamping korban penipuan yang diduga dilakukan Ustadz Yusuf Mansur (YM) menyebut pengajuan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Tangerang lantaran para korban tidak percaya dengan kepolisian.

Rabu, 04/03/2020 00:58 0

Video News

Antisipasi Virus Corona, MUI Minta Umat Islam Baca Qunut Nazilah

Pimpinan Majelis Ulama Indonesia menghimbau Umat Islam untuk membaca Qunut Nazilah agar terhindar dari virus Corona.

Selasa, 03/03/2020 20:37 0

Indonesia

Forum Zakat Ajak Lembaga-Lembaga Zakat Dirikan Crisis Center COVID-19

Masyarakat bisa mengadu ke Crisis Center apabila mendapati indikasi virus di sekitar mereka.

Selasa, 03/03/2020 17:02 0

Indonesia

Gunung Merapi “Batuk”, Semburkan Abu Setinggi 6.000 Meter

Video letusan banyak dibagikan di media sosial. Tampak abu tebal dan besar menjulang ke langit, diliputi oleh kilat menyambar-nyambar. 

Selasa, 03/03/2020 11:41 0

Indonesia

Kenapa Kekerasan di Hindu Layak Disebut Pembantaian? Ini Kata ACT

Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Khajar mengatakan bahwa peristiwa yang terjadi terhadap umat Islam di India saat ini bukan lagi hanya sekedar kerusuhan semata.

Selasa, 03/03/2020 07:30 0

Indonesia

Wasekjen MUI: Adakah Penganut Agama Lain Dibantai di Negara Mayoritas Muslim?

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Tengku Zulkarnain menegaskan bahwa Indonesia jangan diam melihat pembantaian Muslim di India.

Selasa, 03/03/2020 01:13 0

Indonesia

ACT Akan Kirim Bantuan ke Korban Pembantaian India

Dewan Pembina Aksi Cepat Tanggap (ACT) Syuhelmaidi Syukur mengatakan bahwa ACT akan mengirimkan bantuan tahap awal senilai Rp. 500 Juta serta bantuan pangan sebanyak 100 ton untuk korban kerusuhan di India

Selasa, 03/03/2020 01:02 0

Indonesia

Soal Teror India, Tengku Zulkarnain: Dunia Diam Jika Korbannya Muslim

Wasekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Tengku Zulkarnain menegaskan bahwa pembantaian kepada Muslim India telah mempermalukan India.

Senin, 02/03/2020 23:58 0

Close