Indonesia Tegaskan Komitmen Dukung Perdamaian di Afghanistan

KIBLAT.NET, Kabul – Indonesia menegaskan komitmennya dalam mendukung proses perdamaian di Afghanistan. Hal ini disampaikan oleh Dirjen untuk Asia Pasifik dan Afrika (Aspasaf) Kementerian Luar Negeri RI, Desra Percaya saat memimpin delegasi RI pada pertemuan kedua Konsultasi Bilateral RI-Afghanistan di Kabul pada 2 Maret 2020.

Lebih lanjut, Dirjen Aspasaf menyampaikan bahwa Indonesia bersama likeminded countries yaitu Norwegia, Jerman, Qatar, dan Uzbekistan sepakat menawarkan diri untuk menjadi co-facilitator dalam perundingan intra-Afghan. Hal ini pun mendapat sambutan baik dari Pemerintah Afghanistan.

Dalam kesempatan itu, Indonesia juga secara khusus menyampaikan kesiapan menjadi tuan rumah salah satu perundingan sepanjang disepakati pihak-pihak terkait.

Selain itu, kedua pihak membahas sejumlah isu yang menjadi perhatian bersama, antara lain kerja sama politik, ekonomi perdagangan dan kebudayaan, serta dukungan peacebuilding melalui program peningkatan kapasitas.

Kedua pihak juga menyambut baik pembentukan Afghanistan-Indonesia Women’s Solidarity Network (AIWSN) dan rencana penyelenggaraan Konferensi Ulama Indonesia-Afghanistan pada tahun 2020 nanti.

Pertemuan tersebut pun ditutup dengan kesepakatan agar pertemuan ketiga Konsultasi Bilateral RI-Afghanistan dapat diselenggarakan pada tahun 2021 di Indonesia.

Pertemuan ini, diketahui merupakan tindak lanjut kunjungan Menteri Luar Negeri RI ke Afghanistan sehari sebelumnya dalam rangka pembentukan AIWSN dan menerima penghargaan Malalai dari Presiden Afghanistan.

 

Reporter: Qoid

Editor: Guntur Aji

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat