... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Forum Zakat Ajak Lembaga-Lembaga Zakat Dirikan Crisis Center COVID-19

Foto: Ketua Umum Forum Zakat, Bambang Suherman (Foto: Qoid/Kiblat)

KIBLAT.NET, Jakarta – Masuknya tipe baru virus Corona ke Indonesia membuat Forum Zakat (FOZ) mendorong kolaborasi antar lembaga-lembaga anggota FOZ utnuk membentuk Crisis Center.

Ketua Umum Forum Zakat, Bambang Suherman menuturkan bahwa Crisis Center yang akan dibentuk mempunyai 2 tujuan. Yaitu menjadi pusat informasi dari masyarakat dan ke masyarakat terkait virus Corona tipe baru. Selain itu, masyarakat juga bisa mengadu ke Crisis Center apabila mendapati indikasi virus di sekitar mereka.

“Jadi masyarakat perlu tau bagaimana harus bersikap. Dan masyarakat juga bisa menjadikan lembaga-lembaga zakat ini sebagai pusat pengaduan apabila mereka mendapati adanya indikasi di sekitar mereka. Ini akan kami tampung sebagai aduan masyarakat dan akan kami teruskan para pihak yang berwenang,”ujar Bambang saat ditemui di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan pada Selasa (03/03/2020).

Yang kedua, Crisis Center juga bertujuan untuk mengkolaborasikan jaringan kesehatan yang ada dibawah lembaga-lembaga dibawah Forum Zakat agar menyiapkan diri untuk terlibat dalam proses penanganan kasus. Jaringan kesehatan yang dimaksud termasuk didalamnya, dokter, armada kesehatan, dan rumah sakit termasuk klinik.

“Jadi, secara keseluruhan masyarakat tidak perlu panik. Karena selain mendapat informasi, mereka juga tau bahwa ada tim medis yang siap respon,”imbuh Bambang.

Selain dua hal tersebut, Crisis Center juga kan berkoordinasi dengan pemerintah untuk membantu percepatan distribusi informasi dan juga akses terhadap fasilitas penanganan kesehatan negara. Bambang berharap, dengan hal itu dapat memudahkan negara untuk mempercepat proses penanganan di masyarakat.

BACA JUGA  Ahok Lelang Batik yang Dikenakan Saat Sidang, Ditawar Sampai Rp 100 Juta

Bambang menambahan, basis Crisis Center adalah lembaga-lembaga yang terlibat dengan kolaborasi FOZ. “Sehingga apabila lembaga terkait memiliki cabang di provinsi, maka cabang provinsi itu juga akan diaktifkan sebagai crisis center,”pungkasnya.

 

Reporter: Qoid

Editor: Guntur Aji


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Petinggi Hamas Temui Menlu Rusia, Bahas Apa?

Menteri Luar Negeri Rusia bertemu dengan kepala biro politik Hamas pada Senin (02/03/2020). Pertemuan itu membahas isu-isu yang menjadi kepentingan bersama.

Selasa, 03/03/2020 13:41 0

India

Kekerasan New Delhi: “Saudaraku Tewas Usai Dipukuli Polisi”

Naeem mengungkapkan bahwa polisi memukuli saudaranya dan memaksanya menyanyikan lagu nasional India.

Selasa, 03/03/2020 11:23 0

Qatar

Ini Empat Poin Penting Dalam Teks Perjanjian AS-Taliban

Keempat: Taliban memulai negosiasi dengan berbagai faksi dan faksi Afghanistan pada 10 Maret.

Selasa, 03/03/2020 08:41 0

Afghanistan

Taliban: Tak Ada Negosiasi Nasional Jika 5.000 Anggota Kami Tak Dibebaskan

"Jika 5.000 tahanan kami –kurang seratus atau dua ratus atau pun lebih dari itu tidak masalah— tidak dibebaskan, tidak akan ada negosiasi antara Afghanistan," tegas Mujahid.

Selasa, 03/03/2020 08:14 0

India

Muslim Delhi Jadi Sasaran Boikot Ekonomi Warga Hindu

Pasca kerusuhan banyak warga yang menolak mempekerjakan atau berbisnis dengan muslim.

Selasa, 03/03/2020 01:43 0

India

Pasca Rusuh, Pemerintah Delhi Ganti Rugi Murah Kerusakan

Banyak korban beranggapan jumlah tersebut tidak cukup untuk mengkompensasi kerugian mereka.

Selasa, 03/03/2020 01:05 0

Turki

Turki Mulai Kampanye Militer Perangi Pasukan Bashar Assad

Sementara situasi di Suriah memburuk, Menteri Pertahanan Turki Khulusi Akar mengumumkan bahwa Ankara tidak ingin menghadapi Rusia, sekutu setia rezim Suriah.

Senin, 02/03/2020 10:04 0

Qatar

AS Akhirnya Tandatangani Kesepakatan Mundur dari Afghanistan

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh negosiator AS, Zalmay Khalilzad, dan kepala biro politik gerakan, dan wakil pemimpinnya Mullah Abdul Ghani Brader, di hadapan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan perwakilan puluhan negara.

Senin, 02/03/2020 08:07 0

Suriah

Doa Bocah Suriah: Semoga Allah Mematikan Bashar dan Rusia

Seorang bocah lelaki yang tertimpa reruntuhan bangunan saat serangan udara di kota Suriah, Idlib, menyatakan harapan agar Allah membunuh Assad dan Rusia.

Sabtu, 29/02/2020 12:45 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Al-Haq & Al-Bathil – Ust. Lukman Hakim Syuhada’, Lc.

Zaman fitnah adalah ketika kebenaran dan kebathilan tidak begitu jelas karena tersamar. Ada haq yang bentuknya mirip dengan bathil dan ada bathil disamarkan menjadi seperti haq.

Sabtu, 29/02/2020 11:02 0

Close