Saudi Beri Jaminan Perpanjangan Umrah Tanpa Biaya

KIBLAT.NET, Jakarta – Arab Saudi akan memberikan perpanjangan visa umrah tanpa dipungut biaya kepada jemaah umrah yang batal melaksanakan ibadah setelah diberlakukannya larangan masuk ke negara tersebut.

Seperti diketahui, pemerintah Arab Saudi menangguhkan izin masuk bagi warga dari sejumlah negara sebagai antisipasi wabah virus korona.

Menteri Agama Fachrul Razi mengungkapkan, berdasarkan informasi yang didapatkannya dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kemenlu telah melobi pemerintah Arab Saudi agar memberikan keringanan bagi jemaah umrah yang gagal menunaikan ibadah akibat penangguhan izin masuk di negaranya.

“Saya tanya ke Bu Menlu, katanya sudah ada jaminan. Menurut informasi dari Bu Menlu ya, sudah ada jaminan dari Saudi akan mengizinkan untuk perpanjangan visa tanpa tambahan-tambahan biaya,” kata Fachrul Razi saat ditemui di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Senin (2/3).

Menag mengaku, sampai saat ini belum ada kabar terbaru dari pemerintah Arab Saudi terkait kepastian kapan penangguhan izin masuk ke negaranya akan dicabut. Namun, dia memastikan bahwa pemerintah dan pihak terkait seperti penyelenggara umrah telah sepakat tidak akan meminta biaya tambahan pada jemaah umrah.

“Kemarin kita semua sepakat, baik agen perjalanan maupun penerbangan, tidak akan mengenakan biaya tambahan apapun kepada jemaah,” tuturnya.

Menag pun berharap problem wabah virus corona dapat segera teratasi dan penangguhan izin masuk Arab Saudi segera dicabut, sehingga tidak mengganggu perjalanan ibadah haji yang tidak lama lagi akan dilaksanakan.

BACA JUGA  Tak Tegakkan Protokol Kesehatan, Kapolda Metro dan Jabar Dicopot

“Persiapan-persiapan haji ini sementara jalan terus aja, mudah-mudahan tidak ada perubahan,” pungkasnya.

 

Reporter: Fajar Shadiq
Sumber: Media Indonesia

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat