... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gempuran Turki Tewaskan Sembilan Tentara Suriah

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Idlib – Sedikitnya sembilan serdadu rezim Suriah tewas selama pemboman militer Turki pada Senin (24/02/2020) di provinsi Idlib. Pasukan darat Turki menggempur posisi militer rezim untuk memberi dukungan pasukan oposisi Suriah.

Dalam pertempuran sengit itu, pasukan oposisi berhasil merebut kembali kota Neirab, Idlib tenggara, yang beberapa hari lalu lepas. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) melaporkan setidaknya Sembilan tentara Suriah tewas akibat serangan Turki.

AFP melaporkan, pertempuran sengit meletus antara militer rezim dan pasukan oposisi di sejumlah front di Idlib. Sebanyak 94 pasukan tewas dari kedua pihak selama pertempuran dengan rincian: 41 dari pasukan rezim dan 53 dari pasukan oposisi.h

Direktur SOHR, Rami Abdel Rahman, mengatakan kepada AFP bahwa pasukan rezim membuat kemajuan di selatan jalan strategis “M4” yang menghubungkan kota Aleppo dengan gubernur Lattakia.

Menurut Abdel Rahman, pasukan rezim berusaha untuk mengendalikan sebagian dari jalan ini yang melintas di Idlib, dalam persiapan untuk membukanya kembali dan memastikan keamanan daerah sekitarnya.

“Pasukan rezim terus bergerak maju ke selatan Idlib dan mengendalikan 10 kota dan desa dalam waktu kurang dari 24 jam,” katanya.

Untuk bagiannya, Kantor Berita Suriah (SANA) melaporkan bahwa satuan tentara “melanjutkan kemajuan mereka di pedesaan selatan Idlib (…) setelah bertarung dengan kelompok-kelompok teroris.” Dilaporkan bahwa mereka mengendalikan setidaknya tujuh desa.

BACA JUGA  Disokong Rusia, Rezim Assad Akan Buat Hagia Sophia Tandingan

Dengan dukungan Rusia, pasukan rezim telah melancarkan serangan besar-besaran di dalam dan sekitar Idlib sejak Desember, yang menyebabkan pemindahan sekitar 900.000 orang, menurut PBB. PBB juga memperingatkan “pertumpahan darah” setelah pertempuran di Suriah barat laut telah menjadi “sangat dekat” dengan kamp-kamp tempat berlindung sekitar satu juta pengungsi Suriah.

Setelah menjamin keamanan kota Aleppo dan menjauhkan pejuang oposisi dari sekitarnya serta kontrol terhadap jalan raya lain yang menghubungkan kota ke Damaskus di selatan, pasukan rezim berupaya memfokuskan operasi di daerah Jabal Al-Zawiya.

Analis mengatakan pertempuran ke depan tidak akan mudah bagi rezim karena target selanjutnya dikuasai oleh faksi Partai Islam Turkistan, faksi jihadis yang mayoritas dari luar Suriah dan dikenal sangat kuat dalam konfrontasi.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Siyasah

Evaluasi Fase Pertama Masterplan Al-Qaidah: Menjebak Amerika dalam Pasir Hisap

Dalam master plan itu, para perencana strategis Al-Qaidah merencanakan tujuh tahapan jihad global mereka dalam kurun target waktu 20 tahun.  Dimulai dari tahun 2000 dengan menyerang New York dan akan berakhir pada tahun 2020,

Selasa, 25/02/2020 06:08 0

Artikel

Inilah yang Taliban Inginkan

Setelah 18 belas tahun berperang, kini hubungan Taliban-Amerika Serikat memasuki babak baru yaitu perjanjian damai. Apa yang sebenarnya menjadi keinginan Taliban dalam perjanjian damai tersebut.

Senin, 24/02/2020 17:48 0

Indonesia

Buku “Yusuf Mansur Obong” Ungkap Dugaan Skandal Penipuan Bermodus Sedekah

Penulis buku, HM Joesoef mengungkapkan bahwa penulisan buku ini dalam upaya mengingatkan yang bersangkutan supaya berhenti dan bertobat

Senin, 24/02/2020 15:27 4

Artikel

Menjaga Ukhuwah Islamiah

Di antara ajaran Al-Qur'an dan As-Sunnah adalah perintah mewujudkan dan menjaga ukhuwah islamiah (persaudaraan Islam) dan larangan melakukan segala perbuatan dan perkataan yang dapat merusak ukhuwwah islamiah. Maka, umat Islam wajib menjaga ukhuwah islamiah dan haram merusak ukhuwwah islamiah.

Senin, 24/02/2020 15:13 0

Indonesia

RUU Ketahanan Keluarga Atur Larangan Jual Beli Sperma dan LGBT

Salah satu yang disorot oleh media adalah pasal terkait penyimpangan seksual. Tidak hanya sejumlah pasal mengenai penyimpangan seksual, RUU Ketahanan Keluarga juga mengatur larangan donor dan jual beli sperma.

Senin, 24/02/2020 14:52 0

Siyasah

2020, Masih Adakah Al-Qaidah?

Setelah 19 tahun berlalu, masihkah hari ini umat Islam berharap pada jihad global ala Al-Qaidah? Lebih jelasnya, masih adakah Al-Qaidah dan agenda jihad globalnya melawan Amerika?

Senin, 24/02/2020 14:09 0

Suara Pembaca

Butuh Bantuan, Bocah Lumpuh Sejak Usia 20 Bulan

Ini cerita seorang Muatul Walidah (5) bocah yang mengalami kelumpuhan sejak usia 20 bulan. Walidah...

Ahad, 23/02/2020 05:23 0

Opini

Mahfud MD Bilang RUU Omnibus Law Salah Ketik, Anda Percaya?

Sebab, bagaimana jika disebut salah ketik apabila yang salah ada satu pasal dengan tiga ayat.

Ahad, 23/02/2020 00:01 0

Indonesia

Kesaksian Fauzi Baadilla Saat di Idlib: Tak Ada Listrik, Pengungsi Kekurangan Air

Aktor Indonesia, Fauzi Baadillah sempat mengunjungi pengungsi Suriah di Idlib bersama tim Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Sabtu, 22/02/2020 22:50 0

Indonesia

Fauzi Baadilla Tak Setuju Membantu Pengungsi Suriah Dikaitkan ISIS

Aktor Indonesia, Fauzi Baadilla menolak jika pihak yang memberikan bantuan ke pengungsi Suriah lantas disebut pro ISIS.

Sabtu, 22/02/2020 21:50 0

Close