... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Menjaga Ukhuwah Islamiah

Foto: Ukhuwah islamiyah (ilustrasi).

Oleh: Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA*

KIBLAT.NET – Di antara ajaran Al-Qur’an dan As-Sunnah adalah perintah mewujudkan dan menjaga ukhuwah islamiah (persaudaraan Islam) dan larangan melakukan segala perbuatan dan perkataan yang dapat merusak ukhuwwah islamiah. Maka, umat Islam wajib menjaga ukhuwah islamiah dan haram merusak ukhuwwah islamiah.

Namun sayangnya, sebahagian umat Islam tidak mengamalkan ajaran Al-Qur’an dan As-Sunnah tersebut. Mereka merusak ukhuwah islamiah dengan membenci, mencaci, menzhalimi, menyakiti, mengfitnah, dan menyesatkan saudaranya muslim. Bahkan seringkali ukhwuwah islamiah itu dirusak hanya gara-gara perbedaan pendapat atau madzhab dengan memaksa pendapat atau madzhabnya dan menyesatkan orang yang berbeda pendapat atau madzhab dengan tuduhan wahabi.

Makna dan Pentingnya Ukhuwwah Islamiah

Ukhuwah islamiah adalah persaudaran karena Islam. Maksudnya, seorang muslim itu bersaudara dengan muslim lainnya. Allah SWT menegaskan bahwa umat Islam itu bersaudara dengan firman-Nya,

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu bersaudara.” (Al-Hujurat: 10).

Begitu pula Rasul SAW telah menegaskan bahwa umat Islam itu bersaudara dengan sabda beliau:

“Seorang muslim itu bersaudara dengan muslim yang lainnya”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Al-Hafiz Imam Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya “Tafsiir al-Quran al-Karim” menjelaskan ayat di atas: “Semua orang beriman itu bersaudara dalam agama”. Hal senada juga dijelaskan oleh Imam al-Baghawi dalam kitab tafsirnya “Ma’aalim At-Tanziil” dan Imam al-Khazin dalam kitab tafsirnya “Lubab at-Ta’wil fi Ma’aani at-Tanziil” bahwa maknanya adalah bersaudara dalam agama dan al-wilayah (perwalian) atau al-walayah (pertolongan). Imam as-Samarqandi dalam tafsirnya “Bahrul ‘Uluum” menjelaskan ayat di atas: Kaum muslimin seperti saudara dalam kerjasama dan tolong menolong sebab mereka di atas agama yang satu”.

BACA JUGA  Karantina Wilayah: Perlu tapi Pemerintah Belum Siap

Syaikh Abdurrahman As-Sa’di dalam tafsirnya “Taysir al-Kariim ar-Rahman fii Tafsiir Kalaami al-Mannaan” menjelaskan ayat di atas, “Inilah ikatan yang Allah ikatkan di antara kaum mukmin bahwa jika ada pada seseorang di manapun, di Timur dan Barat bumi, serta ada pada dirinya iman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-Nya, para Rasul-Nya dan hari akhir, maka sesungguhnya ia adalah saudara untuk kaum mukmin. Persaudaraaan ini mewajibkan kaum mukmin mencintai untuk saudaranya apa saja yang mereka untuk diri mereka sendiri dan membenci untuk dia apa saja yang mereka benci untuk diri sendiri.”

Dalam kitab tafsirnya “Adhwaau Al-Bayan”, Syaikh Muhammad al-Amin bin Mukhtar asy-Syinqiti menjelaskan makna persaudaraan dalam ayat diatas adalah ukhuwwah ad-adiin (persaudaraan agama), bukan ukhuwwah an-nasab (persaudaraan hubungan keluarga). Beliau menjelaskan, “Persaudaraan agama lebih agung dan lebih kuat dari persaudaraan hubungan keluarga (nasab) berdasarkan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan As-Sunnah”.

Ukhuwah islamiah sangat penting dalam Islam. Oleh karena itu, ukhuwah islamiah diperintahkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah. Dengan ukhuwah islamiah, maka akan terwujud sikap saling toleransi dalam khilafiah, mencintai, membantu dan mengasihi sesama muslim. Dengan demikian, akan terwujud persatuan umat Islam dan perdamaian dalam negara. Dengan terwujudnya persatuan, maka umat Islam menjadi umat yang kuat dan mulia seperti pada masa Nabi dan para sahabat. Dengan ukhuwah islamiah pula negara ini aman dan damai sehingga akan tercipta stabiltas negara dan persatuan umat dan bangsa. Demikian pentingnya ukhuwah islamiah dalam Islam.

BACA JUGA  Lockdown, Simalakama bagi Jokowi

Para sahabat sangat peduli dan komitmen dengan ukhuwah islamiah. Mereka sangat menjaga ukhuwah islamiah. Meskipun terkadang mereka berbeda pendapat, namun hal itu tidak membuat mereka saling dengki dan membenci, apalagi menyesatkan saudaranya msulim. Perbedaan itu mereka sikapi dengan saling toleransi, mencintai, membantu, mengasihi dan menghormati saudaranya muslim. Inilah sikap ukhuwah islamiah yang ditanamkan dan diajarkan oleh Rasul SAW kepada para sahabat sehingga umat Islam menjadi kuat dan berjaya pada masa sahabat. Maka sudah sepatutnya kita mencontoh para sahabat sebagai generasi terbaik umat seperti yang ditegaskan dan diperintahkan dalam Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Baca halaman selanjutnya: Kewajiban Menjaga Ukhuwah...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

RUU Ketahanan Keluarga Atur Larangan Jual Beli Sperma dan LGBT

Salah satu yang disorot oleh media adalah pasal terkait penyimpangan seksual. Tidak hanya sejumlah pasal mengenai penyimpangan seksual, RUU Ketahanan Keluarga juga mengatur larangan donor dan jual beli sperma.

Senin, 24/02/2020 14:52 0

Siyasah

2020, Masih Adakah Al-Qaidah?

Setelah 19 tahun berlalu, masihkah hari ini umat Islam berharap pada jihad global ala Al-Qaidah? Lebih jelasnya, masih adakah Al-Qaidah dan agenda jihad globalnya melawan Amerika?

Senin, 24/02/2020 14:09 0

Afrika

Hindari Pertempuran, Ribuan Unta Berlarian Keluar Tripoli

Tiga ribu unta telah keluar dari ibukota Libya, Tripoli, setelah pelabuhan tempat mereka tiba dihujani tembakan artileri. Unta-unta itu meninggalkan pelabuhan Tripoli tak lama pada tengah malam Rabu pekan lalu.

Senin, 24/02/2020 13:20 0

India

Kunjungi India, Donald Trump Disambut Bak Pahlawan

Bagi Modi, kunjungan itu dapat mengalihkan perhatian dari kontroversi atas undang-undang kewarganegaraan baru yang mendiskriminasi umat Islam, serta krisis ekonomi domestik.

Senin, 24/02/2020 12:44 0

Turki

Halau Pasukan Rusia, Turki Diprediksi Tutup Selat Bosphorus

Turki mungkin akan segera menutup selat Bosphorus untuk mencegah masuknya kapal perang Rusia.

Senin, 24/02/2020 10:44 0

Yaman

Koalisi Saudi Bombardir Gudang Senjata Pemberontak Syiah Hutsi di Sanaa

Menurut Al-Maliki, koalisi telah mengambil "semua tindakan pencegahan dan tindakan yang diperlukan untuk melindungi warga sipil dan menghindarkan mereka dari kerusakan jaminan."

Senin, 24/02/2020 08:59 0

Yaman

AQAP Konfirmasi Kematian Qassem Al-Rimi dan Umumkan Penggantinya

Pada 6 Februari, Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa Amerika Serikat "melenyapkan” Qassim Al-Rimi, salah satu pendiri dan pemimpin AQAP.

Senin, 24/02/2020 08:15 0

Suara Pembaca

Butuh Bantuan, Bocah Lumpuh Sejak Usia 20 Bulan

Ini cerita seorang Muatul Walidah (5) bocah yang mengalami kelumpuhan sejak usia 20 bulan. Walidah...

Ahad, 23/02/2020 05:23 0

Opini

Mahfud MD Bilang RUU Omnibus Law Salah Ketik, Anda Percaya?

Sebab, bagaimana jika disebut salah ketik apabila yang salah ada satu pasal dengan tiga ayat.

Ahad, 23/02/2020 00:01 0

Indonesia

Kesaksian Fauzi Baadilla Saat di Idlib: Tak Ada Listrik, Pengungsi Kekurangan Air

Aktor Indonesia, Fauzi Baadillah sempat mengunjungi pengungsi Suriah di Idlib bersama tim Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Sabtu, 22/02/2020 22:50 0

Close