... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Di Hadapan Wantim MUI, Puan Maharani: Saya dari Keluarga Aktivis Islam

Foto: Ketua DPR-RI, Puan Maharani. (Jundii/kiblat)

KIBLAT.NET, Jakarta- Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia menerima kunjungan dan silaturahmi ketua DPR-RI, Puan Maharani. Dalam pemaparannya, Puan menyebut dirinya tidak asing dalam lingkungan ulama dan cendekiawan Islam.

“Sebenarnya saya tidak merasa asing lagi karena latar belakang keluarga saya yang berasal dari keluarga muslim yang aktif dalam organisasi masyarakat Islam,” ujar Puan di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Rabu (19/02/2020).

Puan mengungkapkan bahwa Soekarno, kakeknya selain dikenal luas sebagai tokoh nasionalis bangsa Indonesia, juga seorang tokoh pembaharu dan juga pemikir serta pejuang Islam.

“Tercatat dalam sejarah, bung Karno pernah menjadi santrinya HOS Tjokroaminoto, seorang tokoh dan pejuang Sarekat Islam. Bung Karno aktivis organisasi Islam Muhammadiyah dan pernah memimpin majelis pengajaran Muhammadiyah di Bengkulu, saat Belanda mengasingkan kakek saya,” ujarnya.

Fatmawati pun, sebut Puan merupakan putri Muhammadiyah, dan pernah memimpin Aisyiyah. Bung Karno juga disebut Puan pernah berguru tentang Islam dengan KH Ahmad Hasan, tokoh organisasi Islam dari Persis Bandung.

“Bung Karno juga pernah mendapat gelar pemimpin pemerintahan di masa darurat yang kebijakannya sah dan mengikat bagi bangsa Indonesia dan umat Islam melalui keputusan resmi muktamar NU tahun 1954 di Surabaya,” ujarnya.

Puan mengungkapkan, pada tingkat dunia, Bung Karno juga pernah disematkan gelar pendekar dan pejuang Islam dalam konferensi negara-negara Islam Asia Afrika pada tanggal 15 maret 1965.

BACA JUGA  Pakar Hukum Pidana: Denny Siregar Harus Diberi Efek Jera

“Nilai-nilai keislaman dan kebangsaan Bung Karno itu pula lah yang memberikan semangat perjuangan ibu Megawati Soekarnoputri. Begitu juga dengan almarhum Haji Muhammad Taufik Kiemas ayah saya, beliau juga berasal dari keluarga tokoh Masyumi,” ujarnya.

“Itu sedikit gambaran sejarah dan hal yang kemudian insya Allah membuat pemikiran-pemikiran saya kedepan tidak akan lepas dari apa yang saya sampaikan bahwa sebagai salah satu orang yang ada dalam partai nasionalis tentu saja hal yang terkait dengan umat dan agama itu memang sudah ada,” ujarnya.

Ia pun mengungkapkan bahwa kebijakan politik yang akan diambilnya di kemudian hari akan memperhatikan nilai-nilai Islam dan Pancasila dalam bingkai NKRI dan nilai Islam yang terkandung di dalamnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor; Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Manhaj

Syarh Tsalatsatul Ushul (1): Berkah di Balik Ucapan Basmalah

Karena itu, berupaya untuk mengawali aktivitas positif dengan basmalah menjadi penting bagi kita. Sebab, di dalamnya ada harapan diturunkannya keberkahan dari langit, diberikan kemudahan, kebaikan, dan kesuksesan dalam setiap aktivitas yang kita lakukan.

Rabu, 19/02/2020 17:22 0

China

Sebut Presiden Xi Jinping Tak Becus Atasi Corona, Aktivis HAM Ditangkap

Pemerintah China telah melakukan penangkapan terhadap seorang aktivis dan sarjana hukum terkemuka,  Xu Zhiyong pada Sabtu (15/02/2020) malam. Diduga penangkapannya terkait kehadirannya dalam pertemuan pengacara dan aktivis hak asasi manusia dan yang baru-baru ini mengkritik Presiden Xi Jinping atas krisis corona.

Rabu, 19/02/2020 17:16 0

Suriah

Hampir 2 Juta Pengungsi Idlib Kekurangan Pangan dan Kesehatan

Ketika pasukan rezim Assad dan sekutunya terus menargetkan Idlib, Suriah barat laut, 148.000 warga sipil terlantar dalam enam hari terakhir. Demikian menurut Kelompok Koordinasi Respons Suriah.

Rabu, 19/02/2020 15:06 0

Arab Saudi

Kawanan Belalang Serang Tanaman di Seluruh Wilayah Saudi

Belalang telah menyebar di setiap wilayah Kerajaan Arab Saudi. Serangga datang dari negara-negara terdekat. Kerajaan berusaha untuk membatasi penyebaran hewan tersebut.

Rabu, 19/02/2020 14:29 0

China

Jumlah Korban Tewas Akibat Virus Corona di Cina Tembus 2.000

74.185 kasus yang dikonfirmasi telah dilaporkan dalam 24 jam terakhir. Dalam kurun waktu yang sama, 136 orang lainnya telah dilaporkan meninggal.

Rabu, 19/02/2020 14:03 0

Palestina

Gerakan Subuh Berjamaah, Bentuk Perlawanan Baru Warga Palestina terhadap Israel

Jumlah jamaah semakin meningkat setelah kampanye itu mendapatkan dukungan dari gerakan Islam Hamas, yang memiliki pengaruh di masjid-masjid, terutama di kota-kota di mana banyak pendukung gerakan.

Rabu, 19/02/2020 08:04 0

Palestina

Ditembak Pasukan Israel, Bocah Palestina Berusia 8 Tahun Kehilangan Mata Kirinya

Malek Issa sedang pulang sekolah ketika peluru pasukan Israel menembus matanya.

Rabu, 19/02/2020 03:38 0

Editorial

Editorial: Kita yang Turut Membunuh Mereka

Kita ini masyarakat biasa. Melalui gawai yang tak pernah lepas dari genggaman, kita tahu hari-hari ini di Suriah banyak anak-anak mati beku.

Selasa, 18/02/2020 23:12 3

China

Laporan Investigasi: China Kurung Uighur Atas Dasar Agama

Cetak biru yang diperoleh oleh Konsorsium Internasional Investigative Journalists, termasuk dari AP, menunjukkan bahwa pusat-pusat itu adalah kamp pendidikan ulang ideologis dan dijalankan secara rahasia.

Selasa, 18/02/2020 17:01 0

Lebanon

Pakai Produk Buatan AS, Putra Hassan Nasrallah Disorot

Menanggapi kritikan itu, dia mengatakan, "Saya tidak membeli produk Amerika, bahkan iPhone saya berencana untuk menjual."

Selasa, 18/02/2020 15:08 0

Close