... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki Kembali Perintahkan 228 Penangkapan Terkait Kudeta 2016

Foto: Turki

KIBLAT.NET, Istanbul – Jaksa penuntut Turki yang menyelidiki Kementerian Kehakiman dan Militer pada Selasa (18/02/2020) memerintahkan penangkapan 228 orang atas dugaan terkait dengan jaringan, yang dianggap Ankara menjadi dalang kudeta 2016, seperti dilaporkan kantor berita Anadolu.

Terjadi penumpasan lanjutan terhadap mereka yang dicurigai menjadi pengikut Fethullah Gulen, yang berbasis di AS sejak kudeta gagal pada Juli 2016, di mana sekitar 250 orang tewas. Polisi masih kerap melakukan penyergapan yang menargetkan para tersangka.

Dalam langkah terbaru itu, jaksa memerintahkan penangkapan 157 orang, termasuk 101 anggota aktif, dalam penyelidikan Pasukan Bersenjata Turki, demikian Anadolu. Pihaknya menyebutkan operasi tersebut berbasis di provinsi barat Izmir dan menyebar ke seluruh 43 provinsi.

Secara terpisah, jaksa penuntut di Ibu Kota Ankara memerintahkan penahanan 71 orang dalam penyelidikan, yang menargetkan terduga pendukung Gulen di Kementerian Kehakiman, yang 33 di antaranya masih dinas, kata Anadolu.

Sejak upaya kudeta, sekitar 80.000 orang dipenjara sambil menunggu persidangan dan sekitar 150.000 pegawai sipil, personel militer dan pegawai lainnya dipecat atau diberhentikan sementara dari jabatan mereka.

Sekutu Barat Turki dan kelompok HAM mengkritik skala penumpasan tersebut, sementara Ankara membela langkah itu sebagai respons yang diperlukan terhadap ancaman keamanan.

Gulen, yang telah mengasingkan diri di Pennsylvania sejak 1999, membantah keterlibatan apa pun dalam upaya kudeta tersebut.

BACA JUGA  Erdogan: Industri Rokok Merampas Kebebasan Jutaan Anak Muda

Sumber: Anadolu
Redaktur: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dianggap Salah Ketik, Ini Pasal Omnibus Law yang Mungkinkan Pemerintah Ubah UU

Dalam draf RUU Cipta Kerja dicantumkan bahwa pemerintah pusat berwenang mengubah ketentuan dalam Undang-undang.

Selasa, 18/02/2020 14:41 0

Indonesia

Draf Omnibus Law: Impor Jadi Sumber Peyediaan Pangan Dalam Negeri

Pemerintah berencana menjadikan impor pangan sebagai sumber penyediaan pangan dalam negeri.

Selasa, 18/02/2020 14:05 0

Indonesia

Komentari Agama dan Konstitusi, Komisi VIII: Kepala BPIP Jangan Cari Perkara

Anggota Komisi VIII DPR RI, Buchori Yusuf mengatakan bahwa Yudian Wahyudi lebih baik mundur dari ketua BPIP.

Selasa, 18/02/2020 00:26 0

Indonesia

Menag: Tidak Ada “Hutang Budi” dalam Setiap Jabatan di Kemenag

Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan tidak ada hutang budi dalam setiap pengangkatan jabatan di Kementerian Agama. Hal ini disampaikan Menag saat melantik enam pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN), di Operation Room Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Senin, 17/02/2020 16:27 0

Indonesia

Klaim PDIP Partai Besar, Risma Ajak Milenial Tak Ragu Bergabung

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengajak anak-anak muda di Kota Surabaya, Jawa Timur agar bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Senin, 17/02/2020 14:13 1

Indonesia

Amnesty International Indonesia Minta Anak Eks ISIS Dipulangkan

Menurutnya, jika merujuk hukum internasional maka anak-anak harus dipulangkan.

Senin, 17/02/2020 13:09 0

Indonesia

AII: Ancaman Eks ISIS Seharusnya Ditangani Secara Proporsional

Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid mengatakan bahwa Pemerintah memang tidak berkewajiban memulangkan eks ISIS

Senin, 17/02/2020 12:43 0

Indonesia

Terkait Kepulangan WNI Eks Wuhan, Menko PMK: Masyarakat Tidak Perlu Khawatir

Pemerintah memastikan proses pengembalian 238 warga negara Indonesia (WNI) dari Natuna ke daerah masing-masing berjalan lancar dan semua WNI dalam keadaan sehat. Mereka merupakan WNI yang dievakusi Pemerintah Indonesia dari Wuhan, China karena wabah corona yang menjangkiti wilayah tersebut. Sebelum pulang ke daerah masing-masing, melewati harus masa observasi selama 14 hari di wilayah Natuna.

Senin, 17/02/2020 12:42 0

Opini

Pernyataan Kepala BPIP Benar-benar Bermasalah

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Yudian Wahyudi baru-baru ini menyatakan bahwa ormas dan partai politik yang berasaskan Islam itu membunuh pancasila secara administrasi, ia juga menggegerkan publik dengan pernyataannya bahwa musuh terbesar pancasila itu agama, sebagaimana yang dimuat di media online detik.com pada Rabu (12/02/2020).

Senin, 17/02/2020 11:30 0

Video News

Pakar Pidana: Eks ISIS Bisa Jadi Batu Uji Deradikalisasi

Pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan tidak memulangkan WNI eks ISIS maupun yang terlibat jaringan teroris lainnya di luar negeri.

Senin, 17/02/2020 00:31 0

Close