... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dianggap Salah Ketik, Ini Pasal Omnibus Law yang Mungkinkan Pemerintah Ubah UU

Foto: omnibus law

KIBLAT.NET, Jakarta – Dalam draf RUU Cipta Kerja dicantumkan bahwa pemerintah pusat berwenang mengubah ketentuan dalam Undang-undang. Hal itu dituliskan dalam Bab XIII Ketentuan Lain-lain.

“Dalam rangka percepatan pelaksanaan kebijakan strategis cipta kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1), berdasarkan Undang-Undang ini Pemerintah Pusat berwenang mengubah ketentuan dalam Undang-Undang ini dan/atau mengubah ketentuan dalam Undang-Undang yang tidak diubah dalam Undang-Undang ini,” demikian tertulis di pasal 170 ayat 1.

Sementara itu, di ayat 2 Perubahan ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Sedangkan di ayat 3 tertulisk bahwa, Dalam rangka penetapan Peraturan Pemerintah sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Pemerintah Pusat dapat berkonsultasi dengan pimpinan Dewan Perwakilan rakyat Republik Indonesia.

Namun, Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan bahwa Undang-undang diubah dengan PP atau perpres tidak mungkin. Ia berasumsi bahwa ada salah ketik dalam pasal tersebut.

“Kalau lewat Perppu (Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang) kan sejak dulu. Kalau undang-undang diganti dengan Perppu itu sejak dulu bisa. Sejak dulu sampai kapan pun bisa tapi kalau isi undang-undang diganti dengan PP, diganti dengan Perpres (Peraturan Presiden) itu tidak bisa. Mungkin itu keliru ketik,” tutur Mahfud.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Eropa

12 Teroris Ditangkap, Rencanakan Aksi Mirip di Masjid Christchurch

Anggota kelompok sayap kanan yang ditangkap di Jerman sedang merencanakan serangan besar-besaran ke masjid-masjid mirip dengan aksi yang dilakukan di Selandia Baru tahun lalu.

Senin, 17/02/2020 11:37 0

Opini

Pernyataan Kepala BPIP Benar-benar Bermasalah

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Yudian Wahyudi baru-baru ini menyatakan bahwa ormas dan partai politik yang berasaskan Islam itu membunuh pancasila secara administrasi, ia juga menggegerkan publik dengan pernyataannya bahwa musuh terbesar pancasila itu agama, sebagaimana yang dimuat di media online detik.com pada Rabu (12/02/2020).

Senin, 17/02/2020 11:30 0

Suriah

Oposisi Gunakan Tank Rezim Suriah dalam Pertempuran Aleppo

Pejuang oposisi Suriah menggunakan tank T-90 milik pasukan Bashar Assad yang diperoleh dalam pertempuran baru-baru ini di provinsi Aleppo.

Senin, 17/02/2020 11:12 0

Afrika

Eks Presiden Sudan Diadili Atas Tuduhan Pendanaan Terorisme

Al-Bashir, yang memerintah Sudan sejak 1989, digulingkan oleh militer pada April 2019 setelah berlangsung protes massa.

Senin, 17/02/2020 11:03 0

Palestina

Hamas Retas Ponsel Ratusan Tentara Israel

Media itu menjelaskan bahwa Hamas menembus telepon prajurit melalui 3 aplikasi. Aplikasi itu bisa mengirimkan informasi di telepon, termasuk dari kamera dan pengoperasian perekam di telepon.

Senin, 17/02/2020 08:09 0

Video News

Pakar Pidana: Eks ISIS Bisa Jadi Batu Uji Deradikalisasi

Pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan tidak memulangkan WNI eks ISIS maupun yang terlibat jaringan teroris lainnya di luar negeri.

Senin, 17/02/2020 00:31 0

Eropa

Presiden Jerman: AS, Rusia, China Membuat Dunia Tidak Aman

Dalam pidato pembukaan di Konferensi Keamanan Munich tahunan, Jumat (14/02/2020), Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier menyesalkan pendekatan tiga kekuatan besar itu.

Sabtu, 15/02/2020 12:05 0

Suriah

Tragedi Idlib Dinilai sebagai “Gaza di Suriah”

Mantan Menteri Luar Negeri Inggris dan Kepala Komite Penyelamatan Internasional (IRG) David Miliband menyoroti situasi di Suriah barat laut di provinsi Idlib. Di menyebut tragedi tersebut sebagai "Gaza di Suriah".

Sabtu, 15/02/2020 10:40 0

Suriah

Lagi, Oposisi Suriah Tembak Jatuh Helikopter Rezim

Ini merupakan helikopter kedua yang berhasil ditembak jatuh dalam sepekan ini.

Sabtu, 15/02/2020 07:57 0

Suriah

Seorang Anak Pengungsi Suriah Meninggal Kedinginan Akibat Cuaca Ekstrem

Setidaknya ada enam anak dilaporkan meninggal akibat kedinginan dalam beberapa hari terakhir.

Sabtu, 15/02/2020 03:23 0

Close