... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tandingi No Hijab Day, Gerakan Menutup Aurat 2020 Akan Digelar di 53 Daerah

Foto: Gerakan Menutup Aurat 2018 (foto: Qoid/Kiblat)

KIBLAT.NET, Jakarta – Gerakan Menutup Aurat (GEMAR) akan kembali digelar. Kali ini, gerakan yang dimulai pada 2012 ini akan dilaksanakan bergiliran di 53 daerah di Indonesia dan berpusat di DKI Jakarta.

Project Officer GEMAR 2020, Alawiyah Tuti mengaku bersyukur dapat menjadikan Jakarta sebagai pusat pawai besar Gerakan Menutup Aurat.  Ia mengatakan bahwa aksi utama tahun ini akan digelar di Car Free Day Sudirman, Jakarta pada Minggu (16/02/2020) dengan estimasi massa 1.000 orang.

“Selain itu, sudah ada dua Pemerintah Kota yakni Pemkot Padang dan Pemkot Palopo yang mendukung Gerakan Menutup Aurat tahun ini. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena kampanye ini akan dilakukan selama bulan Februari dan kami yakin pemerintah daerah yang terlibat dalam Gerakan Menutup Aurat ini akan bertambah setiap tahunnya,” ujar Alawiyah Tuti melalui keterangan tertulis pada Rabu (12/02/2020)

Ketika ditanyakan keterkaitan GEMAR 2020 dengan No Hijab Day yang dilakukan pada awal Februari lalu, Alawiyah hanya menanggapi dengan santai, “No Hijab Day itu justru merupakan respon dari orang-orang yang menutup aurat, terutama Gerakan Menutup Aurat atau biasa dikenal dengan World Hijab Day,”

Hal ini juga diamini oleh salah satu panitia GEMAR 2020, Retno Wulandari. Ia menuturkan bahwa memang benar GEMAR sudah ada beberapa tahun lebih dulu sebelum isu no hijab day mencuat di masyarakat.

BACA JUGA  Peneliti Sebut Covid-19 Sudah Ada Sebelum Pandemi

“Gerakan Menutup Aurat lahir atas dasar kepedulian terhadap sesama perempuan muslim. Saling memberikan hadiah berupa jilbab, juga melanjutkan syiar bahwasannya kewajiban menutup aurat pada seluruh muslim sudah menjadi kesepakatan final para ulama salaf dan tidak ada perbedaan pendapat selain pada perbedaan batasan-batasan auratnya saja. Kami juga berusaha meluruskan informasi-informasi keliru terkait kewajiban menutup aurat di masyarakat,” tutur Retno.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, GEMAR tahun ini juga akan diawali dengan mabit di salah satu masjid di daerah Sudirman, lalu paginya dilanjutkan dengan longmarch menuju tempat acara yang ada di Car Free Day. Rencananya, Gemar akan digelar di berbagai daerah. Dimulai dengan 14 Februari di Manokwari dan Ambon, hingga 1 Maret di Palembang.

 

Reporter: Qoid

Editor: Guntur Aji


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

PBNU: Siapapun Yang Menolak Pancasila Silahkan Hengkang dari NKRI

Pengurus Besar Nadhlatul Ulama tegas menyarankan pemerintah untuk menolak kepulangan WNI Eks ISIS.

Rabu, 12/02/2020 09:23 0

Video News

Laporan Soal Ade Armando Ditolak, FPI: Polri Tebang Pilih

Front Pembela Islam melaporkan Ade Armando karena dianggap menghina FPI dengan sebutan “organisasi preman”, “bangsat” dan menyamakan FPI dengan Nazi.

Rabu, 12/02/2020 00:20 0

Analisis

Mantan ISIS, Pulang atau Jangan?

Namun jika Presiden Jokowi, misalnya, mengambil posisi sebagai ulil amri berdasarkan dan menjalankan syariat Islam, maka masalahnya akan lebih mudah diselesaikan. Para eks-ISIS tentu akan kembali dengan taubat nasuha, bukan taubat pragmatis.

Selasa, 11/02/2020 17:58 0

Indonesia

Takut Jadi Virus, Pemerintah Tak Akan Pulangkan WNI eks-ISIS ke Indonesia

Dari hasil rapat, pemerintah menyatakan tidak akan memulangkan WNI yang terlibat ISIS. Mahfud juga menyebut bahwa mereka bisa menjadi 'virus' bagi warga Indonesia.

Selasa, 11/02/2020 17:43 0

Indonesia

Pengamat: Terorisme Atas Nama Agama Tak Hanya di Islam

pengamat terorisme dan radikalisme Angel Damayanti Ph.D mengatakan bahwa terorisme sudah mengalami banyak pergeseran.

Selasa, 11/02/2020 17:21 0

Indonesia

Konferensi Liga Parlemen Dunia untuk Al-Quds, Semua Negara Tolak Rencana Perdamaian Amerika

Konferensi kali ini menghasilkan beberapa butir resolusi untuk isu Palestina, termasuk memilih kepemimpinan baru di Liga Parlemen.

Selasa, 11/02/2020 13:14 0

Indonesia

Lebih dari 400 Bencana Terjadi Hingga Minggu Ketiga Februari 2020

BNPB mencatat lebih dari 400 bencana terjadi hingga minggu ketiga Februari 2020, atau per 10 Februari 2020.

Selasa, 11/02/2020 11:18 0

Indonesia

Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis Tolak Proposal Perdamaian Trump

Dalam penolakannya, KIBBM menyerukan persatuan umat Islam dan segenap bangsa Indonesia.

Selasa, 11/02/2020 11:14 0

Indonesia

Laporan Soal Ade Armando Ditolak, FPI: Polri Tebang Pilih

Front Pembela Islam melaporkan Ade Armando karena dianggap menghina FPI dengan sebutan "organisasi preman", "bangsat" dan menyamakan FPI dengan Nazi.

Selasa, 11/02/2020 10:56 0

Manhaj

Tiga Pondasi Dasar Akidah Seorang Muslim

Dengan demikian, memahami ketiga pertanyaan tersebut layak menjadi prioritas utama seorang mukmin. Karena tidak ada yang menyelamatkan kita, baik di alam kubur maupun di akhirat kecuali dengan memahami, meyakini dan mengamalkan tiga landasan tersebut sesuai dengan petunjuk al-Quran dan Sunnah.

Senin, 10/02/2020 17:36 0

Close