... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pengamat: Terorisme Atas Nama Agama Tak Hanya di Islam

Foto: Terorisme

KIBLAT.NET, Jakarta – Dekan Fisipol Universitas Kristen Indonesia (UKI) sekaligus pengamat terorisme dan radikalisme Angel Damayanti Ph.D mengatakan bahwa terorisme sudah mengalami banyak pergeseran. Ia tak menampik bahwa saat ini terorisme dikaitkan kepada agama tertentu.

“Kalau dulu kita kenal ada teroris yang tujuan sebenarnya adalah politik, artinya dia mau memperebutkan wilayah, kekuasaan, power. Belakangan ini kemudian dikaitkan dengan agama tertentu,” ungkap Angel saat ditemui Kiblat di Rumah Daksha, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (10/02/2020).

Menurut Angel, agama disini sebenarnya lebih dikaitkan kepada simbol yang bisa digunakan untuk membakar simpati dan emosi. Dan itu diawali misalnya tahun 1996 dan 1998 ketika Osama bin Laden membuat fatwa Muslim Brotherhood untuk menujukkan umat Islam di dunia saudara.

“Dan arena itu mereka bersatu untuk mengalahkan atau membalas dendam kelompok-kelompok yang mereka anggap sebagai musuh, yaitu Amerika Serikat dan sekutunya,” jelasnya.

Angel juga memaparkan bahwa terorisme dan radikalisme berbasiskan agama bukan hanya agama Islam. Karena di Myanmar terorisme itu menggunakan agama Budha untuk membunuh, membinasakan atau menghancurkan warga Rohingnya yang beragama Islam. “Dan suku bangsanya (Rohingnya) menurut mereka bukan suku bangsa Birma,” tuturnya.

Kemudian, lanjut Angel di Amerika banyak kelompok-kelompok teroris atau radikal yang menggunakan agama Kristen. Bahkan di Indonesia pun pernah ada, yaitu ketika ada konflik Ambon dan Poso, ada kelompok-kelompok yang menyebut dirinya sebagai laskar kristus misalnya, atau kelompok kelelawar.

BACA JUGA  Kemenag Perkuat Komitmen Anti Korupsi

“Dan itu menggunakan basis agama Kristen sebagai cara untuk membakar emosi dan melakukan perlawanan dan melakukan aksi teror. Jadi, (Teroris) Nggak cuman agama Islam, semua agama. Hindu ada, Budha ada, Kristen ada, Islam juga ada,” pungkasnya.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Suriah Memanas: Faksi Non-Militer Ikut Terjun Pertahankan Idlib

Rezim Suriah pimpinan Bashar Assad dibantu pasukan Rusia terus mengadakan kampanye militer di Idlib. Akibatnya, puluhan penduduk tewas dan ribuan lainnya mengungsi.

Selasa, 11/02/2020 14:39 0

Wilayah Lain

Delegasi Liga Muslim Dunia Kunjungi Lokasi Pembantaian Muslim Srebrenica

Mohammed bin Abdul Karim Al-Issa, sekretaris jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) dan presiden Asosiasi Cendekiawan Muslim, memimpin delegasi cendekiawan Muslim dan pemimpin agama lainnya ke kota Srebrenica.

Selasa, 11/02/2020 14:18 0

Singapura

3 Stairs Dilaporkan Karena Jual Masker Terlalu Mahal

Perusahaan retail 3 Stars menerima keluhan dari masyarakat terkait harga jual masker yang tinggi. Kementerian Perdagangan dan Industri (MTI) meminta 3 Stars untuk menjelaskan alasan penetapan harga di gerainya.

Selasa, 11/02/2020 14:03 0

News

Menteri PPPA Minta Orangtua dan Guru Awasi Penggunaan Internet pada Anak

Mereka diharapkan dapat membantu mengantisipasi konten internet yang tidak sesuai bagi anak.

Selasa, 11/02/2020 13:40 0

Irak

AS Mulai Kosongkan 15 Pangkalan Militer di Irak

keberadaan tentara AS saat ini terbatas pada dua pangkalan. Pertama di Erbil dan yang kedua adalah pangkalan Ain Al-Assad di Anbar.

Selasa, 11/02/2020 09:19 0

Suriah

Lagi, Tentara Turki Tewas Diserang Militer Suriah

Kementerian Pertahanan Turki mengatakan bahwa pasukan pemerintah Suriah menewaskan lima tentara Turki di Suriah barat laut pada Senin (10/02/2020

Selasa, 11/02/2020 07:47 0

Afrika

Mali Buka Saluran Komunikasi dengan Kelompok-kelompok Jihadis

"Kami siap membangun jembatan komunikasi dengan semua orang ... Pada titik tertentu kami harus duduk mengelilingi meja dan berbicara," katanya.

Selasa, 11/02/2020 07:17 0

Manhaj

Tiga Pondasi Dasar Akidah Seorang Muslim

Dengan demikian, memahami ketiga pertanyaan tersebut layak menjadi prioritas utama seorang mukmin. Karena tidak ada yang menyelamatkan kita, baik di alam kubur maupun di akhirat kecuali dengan memahami, meyakini dan mengamalkan tiga landasan tersebut sesuai dengan petunjuk al-Quran dan Sunnah.

Senin, 10/02/2020 17:36 0

Pakistan

Dua Petinggi Taliban Pakistan Terbunuh Secara Misterius di Kabul

Menurut BBC, yang melaporkan insiden tersebut pada hari Jumat, jenazah kedua lelaki itu ditemukan di dekat Inter-Continental, sebuah hotel bintang lima yang terletak di Kabul barat.

Senin, 10/02/2020 14:55 0

Malaysia

Mahathir Sarankan Trump untuk Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menyarankan Presiden AS Donald Trump untuk mundur. Trump dianggap telah "merendahkan" kebijakan negaranya melalui tekanan asing.

Senin, 10/02/2020 14:37 0

Close