... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Menteri PPPA Minta Orangtua dan Guru Awasi Penggunaan Internet pada Anak

Foto: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga

KIBLAT.NET, Jakarta – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga meminta orangtua dan guru terlibat aktif mengawasi anak saat menggunakan internet. Mereka diharapkan dapat membantu mengantisipasi konten internet yang tidak sesuai bagi anak.

“Kami harapkan peran aktif para orangtua dan guru, karena orangtua dan guru merupakan pendidik dan pelindung utama bagi anak. Mudah-mudahan seperti harapan anak agar orang tua tidak gaptek dan bisa mengikuti perkembangan, sehingga kita bisa mengawasi anak-anak dalam berinternet,” kata Bintang dalam acara peluncuran ‘Tangkas Berinternet’ yang diselenggarakan Google Indonesia pada Senin (10/02/2020) di Jakarta.

Menteri Bintang menyebutkan, masyarakat yang mengakses internet dari tahun ke tahun meningkat termasuk usia anak. “Berdasarkan data BPS (2018), 25,62% penduduk yang mengakses internet adalah anak usia 5-18 tahun. Tak bisa dipungkiri, saat ini kita hidup di era digital,” ungkapnya.

Bintang menekankan, besarnya jumlah pengguna serta tingginya mobilitas pengguna dalam mengakses internet perlu disertai kewaspadaan semua pihak akan risiko yang bisa timbul kemudian.

“Internet akan bermanfaat khususnya bagi anak-anak kita kalau itu dimanfaatkan secara positif. Itu (internet) akan membantu mereka dalam hal belajar dan mengembangkan dirinya. Tapi juga ada hal-hal yang rentan terjadi pada anak-anak yang perlu kita waspadai,”ujar Bintang.

Menurut Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah dari Google Indonesia Puteri Alam, 1 dari 3 pengguna internet adalah anak-anak. Oleh sebab itu, Google meluncurkan ‘Tangkas Berinternet’ sebagai program literasi digital dan keamanan online guna meningkatkan ketahanan berinternet pada anak.

BACA JUGA  WHO: 170 Negara Bergabung dalam Proyek Global Vaksin Covid-19

“Tangkas berinternet menyediakan konten berbasis web yang dapat membantu mengajarkan konsep literasi digital dan keamanan online kepada anak-anak dengan bantuan guru dan orang tua,” kata Puteri Alam.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Bintang mengapresiasi program yang diluncurkan Google Indonesia karena ikut mendorong peran serta orangtua dan guru. Terkait pemanfaatan internet, Menteri Bintang juga menyampaikan pesan khusus kepada anak Indonesia agar memanfaatkan hal positif di internet dengan sebaik mungkin.

“Demikian juga bagi anak-anak, mudah-mudahan internet ini dimanfaatkan sebaik mungkin dalam hal positif dan bermanfaat bagi pengembangan dirinya,” tutupnya.

 

Reporter: Qoid

Editor: Guntur Aji


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Konferensi Liga Parlemen Dunia untuk Al-Quds, Semua Negara Tolak Rencana Perdamaian Amerika

Konferensi kali ini menghasilkan beberapa butir resolusi untuk isu Palestina, termasuk memilih kepemimpinan baru di Liga Parlemen.

Selasa, 11/02/2020 13:14 0

Indonesia

Lebih dari 400 Bencana Terjadi Hingga Minggu Ketiga Februari 2020

BNPB mencatat lebih dari 400 bencana terjadi hingga minggu ketiga Februari 2020, atau per 10 Februari 2020.

Selasa, 11/02/2020 11:18 0

Indonesia

Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis Tolak Proposal Perdamaian Trump

Dalam penolakannya, KIBBM menyerukan persatuan umat Islam dan segenap bangsa Indonesia.

Selasa, 11/02/2020 11:14 0

Indonesia

Laporan Soal Ade Armando Ditolak, FPI: Polri Tebang Pilih

Front Pembela Islam melaporkan Ade Armando karena dianggap menghina FPI dengan sebutan "organisasi preman", "bangsat" dan menyamakan FPI dengan Nazi.

Selasa, 11/02/2020 10:56 0

Manhaj

Tiga Pondasi Dasar Akidah Seorang Muslim

Dengan demikian, memahami ketiga pertanyaan tersebut layak menjadi prioritas utama seorang mukmin. Karena tidak ada yang menyelamatkan kita, baik di alam kubur maupun di akhirat kecuali dengan memahami, meyakini dan mengamalkan tiga landasan tersebut sesuai dengan petunjuk al-Quran dan Sunnah.

Senin, 10/02/2020 17:36 0

Indonesia

Pengurus PP KAMMI Periode 2019-2021 Resmi Dilantik

Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI), Elevan Yusmanto resmi melantik Pengurus PP KAMMI Periode 2019-2021.

Ahad, 09/02/2020 08:23 0

Manhaj

Lubang Besar Itu Bernama Kematian Ulama

Sa’id bin Jubair pernah ditanya : “Apa tanda kehancuran manusia? Sa’id menjawab, “Kematian ulama di tengah mereka."

Ahad, 09/02/2020 08:00 0

Indonesia

ACT Luncurkan Program Sahabat Keluarga Prasejahtera Indonesia

Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan sebuah program kemanusiaan bertajuk Sahabat Keluarga Prasejahtera Indonesia (SKPI).

Sabtu, 08/02/2020 18:36 0

Indonesia

Tak Kunjung Tertangkap, Romo Syafii Sebut Harun Masiku Lebih Hebat dari Teroris

Anggota Komisi III DPR RI, Muhammad Syafii menganggap Harun Masiku lebih hebat dari teroris.

Sabtu, 08/02/2020 18:06 0

Indonesia

ACT Usulkan Lumbung Pangan Wakaf untuk Atasi Kemiskinan

meski bencana alam, konflik dan perang merupakan tragedi kemanusiaan, namun kemiskinan ternyata menjadi tragedi kemanusiaan yang lebih serius.

Sabtu, 08/02/2020 17:48 0

Close