... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kota-kota China yang Diisolasi Akibat Virus Corona Kian Bertambah

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET, Beijing – Pihak berwenang China memperluas kota-kota yang diisolasi akibat wabah virus Corona. Jalan-jalan dari dan menuju kota-kota tersebut diputus dan warganya diminta tetap tinggal di rumah. Sementara korban tewas akibat Corona mencapai 500 orang, tercatat hingga Rabu (05/02/2020).

Kekhawatiran juga meningkat secara global. Negara-negara lain memantau kasus-kasus infeksi di wilayah masing-masing. Bahkan pemerintah Jepang harus mengkarantina para penumpang kapal pesiar di lepas pantai, yang 10 penumpangnya positif Corona.

Di China sendiri, tercatat sebanyak 24.000 orang positif Corona. Hal itu memaksa pemerintah memberlakukan tindakan di daerah-daerah yang jauh dari provinsi Hubei (sumber virus Corona), sementara pihak berwenang menemukan kesulitan untuk menahan virus.

Sekitar 56 juta orang di Hubei berada di bawah isolasi fisik sejak pekan lalu. Wuhan sedang menghadapi badai darurat kesehatan.

Di Hangzhou, 175 kilometer barat daya Shanghai, pagar hijau didirikan untuk memotong jalan-jalan menuju markas raksasa e-commerce Alibaba, sementara sebuah pesawat tempur terbang di langit. Sementara hanya pekerja jasa pengiriman yang diizinkan melintas.

Markas Ali Baba berada di salah satu dari tiga distrik, yang populasinya 3 juta, pekan ini, diinformasikan satu warganya positif Corona. Warga tidak dibolehkan keluar rumah. Mereka hanya diizinkan keluar untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari.

Tiga kota lain di Provinsi Zhejiang timur – Tacho, Wenzhou, dan sebagian Ningbo – telah menerapkan tindakan serupa terhadap hampir 18 juta warganya.

BACA JUGA  Wabah Corona, China Godok Larangan Makan Hewan Liar

Pihak berwenang dari dua kota di Provinsi Heilongjiang di ujung timur laut China mendorong langkah-langkah serupa, serta sejumlah kecil kota di sepanjang pantai timur.

Di Provinsi Henan, bersebelahan dengan Hubei, sebuah distrik di Kota Jumadian memutuskan bahwa satu orang dari setiap keluarga dapat meninggalkan rumah setiap lima hari.

Insentif keuangan ditawarkan kepada warga untuk memberikan informasi tentang orang-orang dari Hubai.

Diyakini bahwa virus itu pertama kali muncul pada akhir Desember 2019 di Wuhan di sebuah pasar untuk penjualan hewan liar, dan menyebar dengan cepat ke kota-kota lainnya bahkan ke luar negeri. Virus itu menyebar karena pergerakan warga yang saat itu banyak yang menghabiskan liburan Tahun Baru Imlek di Januari.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Gus Sholah Wafat, HNW: Semua Kalangan Merasa Kehilangan

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Hidayat Nur Wahid mengungkapkan Indonesia berduka dan kehilangan atas meninggalnya Gus Sholahudim Wahid.

Kamis, 06/02/2020 04:45 0

Indonesia

Komisi VIII: Pembahasan RUU PKS Diulang Dari Awal

Baleg menyebutkan bahwa RUU P-KS bukan carryover.

Kamis, 06/02/2020 04:05 0

Video News

MUI: Pengelolaan Filantropi Islam Kurang Maksimal

Wakil Ketua Steering Commitee KUII VII, Nur Ahmad menyebut selama ini kedermawanan (filantropi) Umat Islam belum dikelola, disalurkan dan dikembangkan dengan baik.

Kamis, 06/02/2020 03:32 0

Indonesia

Terbukti Nodai Agama, Perempuan Pembawa Anjing ke Masjid Divonis Bebas

Dalam putusannya, Majelis Hakim Indra Meinantha Vidi menyatakan, dalam fakta-fakta yang terungkap pada persidangan, wanita berusia 52 tahun itu terbukti melanggar pidana Pasal 156 huruf a tentang penodaan agama.

Kamis, 06/02/2020 00:25 0

Indonesia

Pemulangan Eks ISIS Perlu Libatkan MUI

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, Anwar Abbas menilai kepulangan WNI eks ISIS dari beberapa negara di Timur Tengah tidak bisa dilarang.

Kamis, 06/02/2020 00:17 0

Indonesia

Komisi VIII DPR: Jika Kembali ke Indonesia, Eks ISIS Harus Dipastikan Tak Buat Masalah

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengkritisi pernyataan Menteri Agama soal rencana pemulangan 660 eks ISIS ke Indonesia

Kamis, 06/02/2020 00:09 0

Indonesia

PPIM UIN Syarif Hidayatullah Sebut DPR Tak Jelas Soal Perumusan Pendidikan Agama

Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta merilis survei terkait Pandangan Anggota DPR-RI Tentang Peran Negara Terhadap Pendidikan Agama.

Rabu, 05/02/2020 23:59 0

Artikel

Raja Gila dan Kita Yang Gila Raja

Fenomena raja palsu mengakar di masyarakat Indonesia yang pernah lama menganut sistem feodal. Bahkan, para pemimpin tingkat nasional dan tingkat daerah kerap menggunakan atribut feodalisme

Rabu, 05/02/2020 22:57 0

Indonesia

MUI: Pengelolaan Filantropi Islam Kurang Maksimal

Dalam persiapan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ketujuh di Bangka Belitung akhir Februari mendatang, MUI mengadakan uji sahih materi yang akan dibawa ke KUII tersebut. Hari ini (5/2/2020), MUI baru saja menyelesaikan uji tashih tentang Filantropi Islam.

Rabu, 05/02/2020 16:24 0

Indonesia

Gus Sholah Wafat, HNW: Semua Kalangan Merasa Kehilangan

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Hidayat Nur Wahid mengungkapkan Indonesia berduka dan kehilangan atas meninggalnya Gus Sholahudim Wahid. Pasalnya, pimpinan Pesantren Tebuireng ini meninggal ketika Indonesia butuh sosok ulama yang sejuk namun berprinsip.

Rabu, 05/02/2020 15:33 0

Close