... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

ICC Kumpulkan Bukti-bukti Kejahatan Myanmar terhadap Rohingya

Foto: Anak-anak perempuan pengungsi Rohingya di kamp Jamtoli, Bangladesh (Clodagh Kilocyne/Reuters)

KIBLAT.NET, Naypydaw – Penyelidik dari Pengadilan Kriminal Internasional (ICC), telah mulai mengumpulkan bukti-bukti tentang dugaan kejahatan terhadap kemanusiaan oleh Myanmar terhadap Muslim Rohingya. Banyak dari Rohingya telah melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh akibat kekerasan.

Phakiso Mochochoko, direktur Divisi Yurisdiksi, Pelengkap dan Kerjasama dari kantor kejaksaan ICC pada Selasa (04/01/2020), mengatakan bahwa tim penyelidik sedang mengunjungi kamp-kamp pengungsi untuk mengumpulkan bukti. Dia mengatakan keadilan akan diberikan, baik Myanmar mau bekerja sama atau tidak.

Mochochoko mengatakan kepada wartawan di ibukota Bangladesh, Dhaka, bahwa pengadilan yang bermarkas di Den Haag itu akan meneruskan kasus tersebut meskipun Myanmar bukan merupakan pihak dalam Statuta Roma, perjanjian yang membentuk pengadilan.

Myanmar membantah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan atau genosida. Dia mengatakan pengadilan memiliki mandat untuk melanjutkan kasus ini karena Bangladesh adalah pihak dalam undang-undang dan Rohingya melintasi perbatasan ke negara itu.

Penganiayaan terhadap Muslim Rohingya di Myanmar adalah salah satu tragedi kemanusiaan terburuk, kendati menjadi yang paling diabaikan. Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai salah satu komunitas yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi penganiayaan negara yang sistematis di negara bagian Rakhine utara Myanmar sejak awal 1970-an.

Pemerintah Myanmar telah lama dituduh melakukan genosida terhadap komunitas Muslim minoritas. Eksodus Rohingya dimulai pada Agustus 2017 setelah pasukan keamanan Myanmar melancarkan penumpasan brutal menyusul serangan oleh kelompok pemberontak di pos jaga.

BACA JUGA  Pengakuan Tentara Myanmar: Kami Diperintah Membunuh Muslim Rohingya

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

HNW: Perusakan Musholla di Minahasa Tindakan Radikal

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Hidayat Nur Wahid menyebut perusakan Musholla Al Hidayah, Agape, Minahasa adalah tindakan radikal. Ia pun berharap polisi berhasil menangkap aktor intelektualnya, bukan hanya pelaku perusakan saja.

Rabu, 05/02/2020 14:03 0

Indonesia

Rusuh di Natuna, Buntut Ketidakterbukaan Informasi Pemerintah Pusat

Keputusan pemerintah pusat menjadikan Kabupaten Natuna sebagai lokasi evakuasi dan karantina bagi 238 WNI dari Wuhan, China menimbulkan keributan.

Rabu, 05/02/2020 13:38 0

Indonesia

Sikapi Perusakan Musholla Al-Hidayah Minahasa, Umat Islam Semarang Gelar Aksi

Forum Umat Islam Semarang (FUIS) mengadakan aksi di depan Polda Jawa Tengah di Semarang.

Selasa, 04/02/2020 16:14 0

Indonesia

Mardani Ali Sera Luncurkan Buku Kami Oposisi

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera meluncurkan buku Kami Oposisi.

Selasa, 04/02/2020 16:00 0

Indonesia

LSM B2H Gelar Pelatihan Peran Konsuler Dalam Membangun Ketahanan Keluarga

Angka kekerasan dalam rumah tangga yang semakin meningkat dari waktu ke waktu membuat keprihatinan yang mendalam.

Selasa, 04/02/2020 13:49 0

Indonesia

Kemenhub Pastikan Maskapai Ikuti Langkah Mitigasi terhadap Pesawat Angkut WNI dari Wuhan

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan mengawasi pelaksanaan mitigasi pesawat yang telah kembali di Indonesia, setelah melakukan misi kemanusian untuk mengevakuasi warga negara Indonesia yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Selasa, 04/02/2020 10:57 0

Indonesia

Usai Ditelegram Mendagri, Disdik Natuna Cabut Surat Liburkan Sekolah

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Natuna mengambil kebijakan meliburkan sekolah sejak 3 Februari hingga 17 Februari 2020 terkait dengan penempatan daerah itu sebagai lokasi observasi WNI yang baru dijemput dari Wuhan, China.

Selasa, 04/02/2020 10:39 0

Indonesia

Jadi Tempat Karantina Virus Corona, Di Natuna Ratusan Warga Mengungsi

Sejumlah warga punya alasan meninggalkan ibu kota Natuna itu. Mereka khawatir 238 WNI tersebut terbawa wabah virus corona dari tempat asalnya di Wuhan dan wilayah lain di Tiongkok.

Selasa, 04/02/2020 10:26 0

Indonesia

Ketua MPR: Gus Sholah Tokoh Panutan Bangsa

Ketua MPR Bambang Soesatyo dan segenap keluarga besar MPR RI berkabung atas wafatnya KH Salahuddin Wahid

Senin, 03/02/2020 16:14 0

Indonesia

Pertamina Turunkan Harga BBM Jenis Pertamax Series

PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) umum jenis bensin (Gasoline) untuk produk Pertamax Series

Senin, 03/02/2020 16:06 0

Close