... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

OKI Tolak Rencana Perdamaian yang Disusun Trump di Timteng

Foto: Bendera negara-negara anggota OKI. (Foto: Free Malaysia)

KIBLAT.NET, Jeddah – Organisasi Kerjasama Islam (OKI), Selasa (04/02/2020), menolak rencana Presiden AS Donald Trump untuk perdamaian di Timur Tengah. OKI menilai, rencana itu bias dan mengadopsi narasi Israel dari konflik.

Organisasi yang meliputi 57 negara tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan dalam bahasa Inggris, setelah pertemuan darurat para menteri luar negeri anggota, bahwa mereka “menolak rencana Amerika-Israel ini karena tidak memenuhi aspirasi minimum dan hak-hak sah rakyat Palestina.”

Lembaga yang bermarkas di Jeddah ini meminta semua anggotanya untuk tidak berurusan dengan rencana ini atau bekerja sama dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Amerika untuk mengimplementasikannya.

OKI menegaskan sentralitas perjuangan Palestina dan Al-Quds Al-Sharif pada intinya, kepada seluruh negara Islam dan menegaskan kembali karakter Arab dan Islam dari Yerusalem Timur yang diduduki sebagai ibukota abadi Negara Palestina.”

Pernyataan itu menambahkan, perdamaian dan keamanan di kawasan Timur Tengah sebagai opsi strategis akan dicapai hanya dengan mengakhiri pendudukan Israel dan memungkinkan rakyat Palestina untuk mengembalikan hak-hak mereka yang tidak dapat dicabut, termasuk hak untuk menentukan nasib sendiri dan kedaulatan di wilayah udara dan laut.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Al-Maliki mengatakan pada pembukaan pertemuan bahwa rencana itu tidak bisa disebut rencana perdamaian karena Palestina bukan bagian dari itu dan itu menghilangkan semua peluang untuk perdamaian.

BACA JUGA  Respon Manuver Israel, Hamas-Fatah Berunding di Turki

Liga Arab mengumumkan, setelah pertemuan darurat yang diadakan di tingkat menteri luar negeri di Kairo pada Sabtu, menolak kesepakatan Amerika-Israel, karena tidak memenuhi hak minimum dan aspirasi rakyat Palestina. Kesepakatan itu melanggar kerangka acuan proses perdamaian berdasarkan hukum internasional dan resolusi PBB.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ketua MPR: Gus Sholah Tokoh Panutan Bangsa

Ketua MPR Bambang Soesatyo dan segenap keluarga besar MPR RI berkabung atas wafatnya KH Salahuddin Wahid

Senin, 03/02/2020 16:14 0

Indonesia

Pertamina Turunkan Harga BBM Jenis Pertamax Series

PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) umum jenis bensin (Gasoline) untuk produk Pertamax Series

Senin, 03/02/2020 16:06 0

Indonesia

PKS: Gus Sholah Selalu Mendukung Perjuangan Kami

Menurut Jazuli, Gus Sholah punya kepedulian yang luar biasa terhadap bangsa dan negara. Beliau ingin bangsa ini bersatu dan bersinergi,

Senin, 03/02/2020 13:46 0

Indonesia

Gus Sholah, Ulama Pembela Agama dan Hak Asasi Manusia

Indonesia kembali kehilangan sosok ulama kharismatik, yaitu KH. Sholahuddin Wahid atau yang akrab dengan sapaan Gus Sholah.

Senin, 03/02/2020 00:31 0

Indonesia

KH Luthfi Bashori: Gus Sholah Selalu Membela Islam

langkah-langkah Gus Sholah itu selalu membela Islam dan dekat dengan kelompok-kelompok pergerakan Islam

Ahad, 02/02/2020 23:20 0

Indonesia

Innalilahi, KH Sholahuddin Wahid Meninggal Dunia

Ulama KH. Sholahuddin Wahid atau yang akrab dengan sapaan Gus Sholah meninggal dunia.

Ahad, 02/02/2020 22:29 0

Video News

Kesaksian WNI Saat di Xinjiang: Mencari Masjid Susah, Warga Diawasi Ketat

Umaier Khaz pada akhir tahun 2019 mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Cina tepatnya di Xinjiang. Kunjungan tersebut ia agendakan terkait adanya kabar penyiksaan yang diberikan pemerintahan Cina terhadap Muslim Uighur yang ada di Xinjiang.

Sabtu, 01/02/2020 18:28 0

Indonesia

Musholla Al-Hidayah Minahasa Dirusak, FPI: Sama Saja Menantang Perang

Pengerusakan ini sama saja seperti menantang perang dengan umat Islam

Sabtu, 01/02/2020 17:20 1

Indonesia

Enam Terduga Perusak Musholla Al-Hidayah Minahasa Utara Ditangkap

Enam orang yang diduga perusakan Musholla Al-Hidayah di Perum Agape, Minahasa, Sulawesi Utara ditangkap pihak kepolisian.

Sabtu, 01/02/2020 17:02 0

Indonesia

Jumlah Penderita HIV Meningkat, Warga Depok Aksi Tolak LGBT

Sejumlah komunitas pemuda dan organisasi masyarakat menggelar aksi Tolak LGBT dengan melakukan longmarch dari Lampu Merah Ramanda menuju Kantor Walikota Depok.

Sabtu, 01/02/2020 14:16 0

Close
CLOSE
CLOSE