... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Mardani Ali Sera Luncurkan Buku Kami Oposisi

Foto: Mardani Ali Sera

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintahan Joko Widodo di periode kedua sudah menginjak 100 hari kepemimpinannya. Periode pertama dan kedua Presiden banyak warnai kontestasi politik yang cendrung elitis. Tidak sedikit publik yang meragukan komitmen pemerintah untuk menuntaskan janji politik dan revolusi mentalnya.

Kemudian publik dikejutkan ketika penantang Presiden Jokowi di 2019, dirangkul dalam koalisi menjadi salah satu menteri elit. Indonesia semakin mengarah ke Demokrasi elitis karena kuatnya koalisi pemerintah di eksekutif dan legislatif.

Atas kondisi tersebut, Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera meluncurkan buku Kami Oposisi. Mardani dalam buku tersebut menilai pada periode kedua pemerintahan Jokowi, Indonesia mengarah dalam Demokrasi elitis.

“Proses demokratisasi di Indonesia seharusnya semakin membaik. Kita telah mengalami sedikitnya lima kali pemilihan umum langsung. Sangat disayangkan kini kualitas demokrasi malah menurun. setelah pemilu 2019, kebanyakan partai justru merapat ke pemerintah. padahal, demokrasi membutuhkan checks and balences,” kata Mardani, di komplek Senayan, Selasa (04/02).

Mardani menjelaskan dalam buku ini alasan mengapa demokrasi perlu oposisi. Menurutnya, peranan oposisi itu sangat krusial karena agar tidak lahir parlemen jalanan seperti yang terjadi saat ini di berbagai negara di dunia.

Selain itu, dalam buku ini dijabarkan model-model oposisi politik dari berbagai pengalaman demokrasi di berbagai negeri di dunia. Dan juga bagaimana bentuk oposisi oplitik di Indonesia dari masa ke masa.

BACA JUGA  Syekh Ali Jaber Ditusuk Saat Isi Pengajian di Lampung

“Saya berharap melalui buku ini kembali menghidupkan diskusrus bagimana, apa yang harus kita pikirkan kedepan untuk terus meningkatkan kualitas demokrasi kita. Sehingga demokrasi kita menjadi substansial. Bukan demokrasi elitis,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

News

Gerakan Protes Irak Terpecah Usai Sikap Politik Moqtada Sadr Berubah

Sadr mendesak para pengikutnya untuk tetap berada di jalanan, untuk menciptakan keretakan di dalam aksi protes.

Selasa, 04/02/2020 14:41 0

Thailand

Dokter Thailand Mengaku Berhasil Obati Pasien Virus Corona

"Hasil lab positif pada coronavirus berubah negatif dalam 48 jam," kata Kriengsak. "Dari kelelahan sebelumnya, dia bisa duduk di tempat tidur 12 jam kemudian."

Selasa, 04/02/2020 14:22 0

Eropa

Virus Corona Menjadi Darurat Global, Namun WHO Tidak Rekomendasikan Travel Ban

Organisasi kesehatan dunia WHO pada akhir bulan lalu akhirnya  menetapkan status penyebaran virus corona sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau Darurat Kesehatan Masyarakat Internasional.

Selasa, 04/02/2020 12:14 0

Eropa

Modal 99 Smartphone, Weckert Buat Ilusi Kemacetan di Google Maps

Sebuah gerobak penuh 99 smartphone yang diangkut oleh seniman Simon Weckert "membuat macet lalu lintas" di ibukota Jerman, Berlin. Setidaknya di Google Maps.

Selasa, 04/02/2020 11:48 0

Timur Tengah

OKI Minta Negara Anggotanya Tidak Terlibat Rencana Perdamaian Timur Tengah yang Diusulkan Amerika

Pertemuan darurat itu digelar atas permintaan otoritas pemerintahan Palestina dan dihadiri oleh 57 anggota.

Selasa, 04/02/2020 11:45 0

Turki

Menhan Turki: Kami Bom 54 Lokasi Militer Suriah, 76 Tewas

Presiden Turki mengatakan bahwa perkembangan di Idlib, Suriah barat laut, telah menjadi "di luar kendali".

Selasa, 04/02/2020 08:30 0

Palestina

OKI Tolak Rencana Perdamaian yang Disusun Trump di Timteng

Lembaga yang bermarkas di Jeddah ini meminta semua anggotanya untuk tidak berurusan dengan rencana ini atau bekerja sama dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Amerika untuk mengimplementasikannya.

Selasa, 04/02/2020 07:30 0

Mesir

ISIS Sinai Akui Ledakkan Jalur Pipa Gas dari Israel

Pernyataan itu menambahkan bahwa serangan ini menyebabkan ledakan dan kerusakan material.

Selasa, 04/02/2020 06:05 0

Iran

Iran Bersiap Bangun Puluhan Ribu Unit Rumah di Suriah

Wakil Menteri Jalan dan Pengembangan Kota Iran Mahmoud Mahmoudzadeh, Ahad (02/02/2020), mengumumkan bahwa Teheran telah mencapai kesepakatan dengan Damaskus untuk membangun 30.000 rumah di Suriah.

Senin, 03/02/2020 14:53 0

Australia

Indonesia Kirim Bantuan Personil Untuk Bantu Padamkan Karhutla di Australia

Bantuan kemanusiaan tersebut terdiri dari 26 personil Satuan Setingkat Peleton (SST) Zeni TNI Angkatan Darat, 6 personil Marinir, 4 personil Fasilitas Konstruksi TNI Angkatan Darat dan 2 personil Pusat Kesehatan TNI.

Senin, 03/02/2020 14:13 0

Close