... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

LSM B2H Gelar Pelatihan Peran Konsuler Dalam Membangun Ketahanan Keluarga

Foto: LSM B2H

KIBLAT.NET, Jakarta – Angka kekerasan dalam rumah tangga yang semakin meningkat dari waktu ke waktu membuat keprihatinan yang mendalam. Upaya penyelesaian yang seringkali berakhir secara hukum cenderung melahirkan masalah baru serta membuat akar masalah yang sesungguhnya menjadi tidak teratasi dengan baik.

Upaya penyelesaian yang cenderung menghindari langkah non litigasi seringkali dilatar belakangi oleh minimnya jumlah Konsuler yang tersedia dalam permasalahan kekerasan yang melibatkan anak dan perempuan.

Hal ini mendorong ibu-ibu dan remaja yang tergabung dalam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bunda dan Buah Hati (B2H) melaksanakan kegiatan Training Konsultan Remaja Batch 1 pada hari Minggu, tanggal 2 Februari lalu di Hotel Candi Indah Semarang. Menurut direktur LSM B2H, Nuraini, SS training tersebut diikuti oleh 47 peserta yang terdiri atas ibu – ibu, bapak – bapak serta remaja putri dan putra.

“Training tersebut menghadirkan 2 Narasumber yang berpengalaman dalam bidang perempuan dan anak. Narasumber pertama menghadirkan Rabiah Al’Adawiyah, SH seorang Konsuler dan Pendiri KPPA Benih yang menyampaikan materi tentang Menjadi Konselor Remaja: Teman Curhat Sedekat Sahabat. Serta Dini Inayati, ST seorang associate partner PATTIRO yang menyampaikan materi tentang Negara dan Keluarga,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Selasa (04/02/2020).

Saat materi pertama, Rabiah mengajak peserta untuk mengenali dan peduli terhadap permasalahan remaja, karakteristik remaja masa kini serta trik menjadi konsuler dalam mendampingi remaja menyelesaikan permasalahannya. Seorang Konsuler dalam mendampingi permasalahan remaja diharapkan memiliki kemampuan Look (Lihat dan perhatikan), Listen (Mendengarkan) dan Link (Menghubungkan dengan pihak yang ahli).

BACA JUGA  MUI Resmi Tolak Sertifikasi Dai Kemenag

Sedangkan Narasumber kedua menyampaikan bahwa alah satu masalah dalam Ketahanan keluarga adalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang merupakan fenomena gunung es. Hal ini disebabkan karena KDRT juga berkaitan erat dengan budaya keterbukaan dari masyarakat. Oleh karena itu KDRT membutuhkan penanganan yang khusus dan spesifik.

“Sehingga peran masyarakat untuk terlibat menjadi Satgas PPA adalah sangat penting. Akhir kegiatan training tersebut ditutup dengan ikrar bersama seluruh peserta untuk ikut berpartisipasi dalam upaya membangun Ketahanan Keluarga dengan bersedia menjadi relawan Konsuler,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Eropa

Virus Corona Menjadi Darurat Global, Namun WHO Tidak Rekomendasikan Travel Ban

Organisasi kesehatan dunia WHO pada akhir bulan lalu akhirnya  menetapkan status penyebaran virus corona sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau Darurat Kesehatan Masyarakat Internasional.

Selasa, 04/02/2020 12:14 0

Eropa

Modal 99 Smartphone, Weckert Buat Ilusi Kemacetan di Google Maps

Sebuah gerobak penuh 99 smartphone yang diangkut oleh seniman Simon Weckert "membuat macet lalu lintas" di ibukota Jerman, Berlin. Setidaknya di Google Maps.

Selasa, 04/02/2020 11:48 0

Timur Tengah

OKI Minta Negara Anggotanya Tidak Terlibat Rencana Perdamaian Timur Tengah yang Diusulkan Amerika

Pertemuan darurat itu digelar atas permintaan otoritas pemerintahan Palestina dan dihadiri oleh 57 anggota.

Selasa, 04/02/2020 11:45 0

Turki

Menhan Turki: Kami Bom 54 Lokasi Militer Suriah, 76 Tewas

Presiden Turki mengatakan bahwa perkembangan di Idlib, Suriah barat laut, telah menjadi "di luar kendali".

Selasa, 04/02/2020 08:30 0

Palestina

OKI Tolak Rencana Perdamaian yang Disusun Trump di Timteng

Lembaga yang bermarkas di Jeddah ini meminta semua anggotanya untuk tidak berurusan dengan rencana ini atau bekerja sama dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Amerika untuk mengimplementasikannya.

Selasa, 04/02/2020 07:30 0

Mesir

ISIS Sinai Akui Ledakkan Jalur Pipa Gas dari Israel

Pernyataan itu menambahkan bahwa serangan ini menyebabkan ledakan dan kerusakan material.

Selasa, 04/02/2020 06:05 0

Iran

Iran Bersiap Bangun Puluhan Ribu Unit Rumah di Suriah

Wakil Menteri Jalan dan Pengembangan Kota Iran Mahmoud Mahmoudzadeh, Ahad (02/02/2020), mengumumkan bahwa Teheran telah mencapai kesepakatan dengan Damaskus untuk membangun 30.000 rumah di Suriah.

Senin, 03/02/2020 14:53 0

Australia

Indonesia Kirim Bantuan Personil Untuk Bantu Padamkan Karhutla di Australia

Bantuan kemanusiaan tersebut terdiri dari 26 personil Satuan Setingkat Peleton (SST) Zeni TNI Angkatan Darat, 6 personil Marinir, 4 personil Fasilitas Konstruksi TNI Angkatan Darat dan 2 personil Pusat Kesehatan TNI.

Senin, 03/02/2020 14:13 0

Turki

Erdogan: Jika Kita Tidak Lindungi Al-Aqsha, Ka’bah Target Selanjutnya

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengecam penerimaan atau diamnya para pemimpin Arab dan Muslim mengenai masalah “kesepakatan abad ini” yang digagas Amerika Serikat.

Senin, 03/02/2020 13:34 0

Suriah

Empat Tentara Turki Tewas dalam Serangan Pasukan Assad

Empat tentara Turki tewas ditembaki pasukan rezim Suriah di wilayah barat laut Suriah. Demikian laporan kementerian pertahanan Turki.

Senin, 03/02/2020 13:05 0

Close