... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kemenhub Pastikan Maskapai Ikuti Langkah Mitigasi terhadap Pesawat Angkut WNI dari Wuhan

Foto: Pesawat milik maskapai Batik Air digunakan untuk mengevakuasi WNI dari Wuhan. (Foto: antara)

KIBLAT.NET, Jakarta- Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan mengawasi pelaksanaan mitigasi pesawat yang telah kembali di Indonesia, setelah melakukan misi kemanusian untuk mengevakuasi warga negara Indonesia yang berada di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto menjelaskan, bahwa pihaknya akan melakukan pengawasan terkait proses mitigasi pesawat yang membawa WNI dari kota Wuhan tersebut.

“Kami akan mengawasi proses mitigasi pesawat agar bersih dari kuman virus korona ” jelas Novie dalam rilis yang diterima Kiblat.net pada Ahad (02/02/2020).

Novie menjelaskan bahwa langkah langkah mitigasi tersebut harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, yaitu :

1. Pesawat diparkir pada area yang berjauhan dengan pesawat yang lain (isolated area).

2. Pesawat dalam kondisi kosong (tanpa kru dan penumpang), hanya ada petugas yang akan melakukan kegiatan disinfeksi/dekontaminasi, dan petugas menggunakan alat pelindung diri lengkap.

3. Bagian pesawat utama yang akan dilakukan disinfeksi adalah kabin dan kargo/bagasi.

4. Setelah semua petugas dan peralatan disiapkan maka dilakukan kegiatan disinfeksi dengan menggunakan dry fogger yang diisi dengan bahan disinfektan khusus (netbiokem).

5. Butiran uap dari alat fogger tersebut diharapkan dapat melingkupi seluruh area yang ada dalam kabin dan bagian kargo.

6. Setelah itu diamkan selama minimal 10 menit (contact time minimal).

BACA JUGA  Ditolak Malaysia dan Thailand, 300 Rohingya Mendarat di Aceh

7. Setelah contact time berakhir, maka pada area (tempat duduk) yang ditempati penumpang terjangkit atau terpapar dilakukan usapan dengan menggunakan lap pendekontaminasi kering (fibertect) untuk memastikan bebas dari residu hama/kuman.

8. Pada bagian permukaan luar pesawat dilakukan disinfeksi dengan penyemprotan.

Novie juga menyampaikan bahwa bila semua prosedur dilaksanakan dengan baik maka diharapkan pesawat sudah dianggap bebas dari kuman virus korona.

” Dan setelah pesawat dinyatakan bebas dari virus korona oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan, barulah pesawat ditarik ke hanggar untuk dilakukan perawatan lebih lanjut ,” kata Novie.

Kemenhub akan terus bekerja sama dengan seluruh pihak terkait untuk memastikan bahwa proses evakuasi berjalan dengan baik dan terus memastikan penerbangan yang selamat, aman dan nyaman.

Reporter: Fanny Alif
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Menhan Turki: Kami Bom 54 Lokasi Militer Suriah, 76 Tewas

Presiden Turki mengatakan bahwa perkembangan di Idlib, Suriah barat laut, telah menjadi "di luar kendali".

Selasa, 04/02/2020 08:30 0

Palestina

OKI Tolak Rencana Perdamaian yang Disusun Trump di Timteng

Lembaga yang bermarkas di Jeddah ini meminta semua anggotanya untuk tidak berurusan dengan rencana ini atau bekerja sama dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah Amerika untuk mengimplementasikannya.

Selasa, 04/02/2020 07:30 0

Mesir

ISIS Sinai Akui Ledakkan Jalur Pipa Gas dari Israel

Pernyataan itu menambahkan bahwa serangan ini menyebabkan ledakan dan kerusakan material.

Selasa, 04/02/2020 06:05 0

Iran

Iran Bersiap Bangun Puluhan Ribu Unit Rumah di Suriah

Wakil Menteri Jalan dan Pengembangan Kota Iran Mahmoud Mahmoudzadeh, Ahad (02/02/2020), mengumumkan bahwa Teheran telah mencapai kesepakatan dengan Damaskus untuk membangun 30.000 rumah di Suriah.

Senin, 03/02/2020 14:53 0

Australia

Indonesia Kirim Bantuan Personil Untuk Bantu Padamkan Karhutla di Australia

Bantuan kemanusiaan tersebut terdiri dari 26 personil Satuan Setingkat Peleton (SST) Zeni TNI Angkatan Darat, 6 personil Marinir, 4 personil Fasilitas Konstruksi TNI Angkatan Darat dan 2 personil Pusat Kesehatan TNI.

Senin, 03/02/2020 14:13 0

Turki

Erdogan: Jika Kita Tidak Lindungi Al-Aqsha, Ka’bah Target Selanjutnya

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengecam penerimaan atau diamnya para pemimpin Arab dan Muslim mengenai masalah “kesepakatan abad ini” yang digagas Amerika Serikat.

Senin, 03/02/2020 13:34 0

Suriah

Empat Tentara Turki Tewas dalam Serangan Pasukan Assad

Empat tentara Turki tewas ditembaki pasukan rezim Suriah di wilayah barat laut Suriah. Demikian laporan kementerian pertahanan Turki.

Senin, 03/02/2020 13:05 0

Yaman

AQAP Klaim Insiden Penembakan di Pangkalan Militer AS di Florida

"Kami memberi selamat kepada negara Muslim kami dan menyambut gembira operasi Ksatria syuhada yang heroik, Mughrabi Muhammed bin Said al-Shamrani (di pangkalan Pensacola)," kata rekaman audio yang diterbitkan AQAP.

Senin, 03/02/2020 09:50 0

Prancis

Prancis Putuskan Tambah Personil Militer di Afrika

Bagian lain dari pasukan tambahan ini akan berpartisipasi langsung dalam pasukan kelompok lima negara Sahel untuk menemani mereka dalam pertempuran.

Senin, 03/02/2020 09:29 0

Mesir

Gerilyawan Ledakkan Jalur Pipa Gas dari Israel di Sinai Mesir

ledakan itu menargetkan saluran pipa yang menghubungkan ladang Leviathan di Israel ke Mesir.

Senin, 03/02/2020 09:14 0

Close