Dokter Thailand Mengaku Berhasil Obati Pasien Virus Corona

KIBLAT.NET, Bangkok – Seorang wanita China yang terinfeksi virus corona baru mengalami peningkatan kesehatan dramatis setelah diobati dengan campuran anti-virus yang digunakan untuk mengobati flu dan HIV. Demikian kata kementerian kesehatan Thailand, Ahad (02/02/2020).

Dokter Kriengsak Attipornwanich selama konferensi pers, mengatakan bahwa pasien 71 tahun itu dites negatif terkena virus 48 jam setelah dokter Thailand memberikan obat kombinasi tersebut.

“Hasil lab positif pada coronavirus berubah negatif dalam 48 jam,” kata Kriengsak. “Dari kelelahan sebelumnya, dia bisa duduk di tempat tidur 12 jam kemudian.”

Para dokter menggabungkan obat anti-flu oseltamivir dengan lopinavir dan ritonavir, anti-virus yang digunakan untuk mengobati HIV. Kriengsak menambahkan bahwa kementerian sedang menunggu hasil penelitian untuk membuktikan temuan.

Berita ini muncul ketika virus baru itu merenggut nyawa seseorang di luar wilayah China, seorang pria berusia 44 tahun di Filipina. Thailand sejauh ini telah mendeteksi 19 kasus yang dikonfirmasi.

Itu adalah jumlah kasus tertinggi kedua di luar Tiongkok, dengan Jepang mencatat 20 orang.

Sejauh ini, delapan pasien di Thailand telah pulih dan kembali ke rumah, sementara 11 pasien masih di rumah sakit.

Sumber: Al-Arabiya
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat