... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gerilyawan Ledakkan Jalur Pipa Gas dari Israel di Sinai Mesir

KIBLAT.NET, Sinai – Gerilyawan tak dikenal meledakkan pipa gas alam di semenanjung Sinai, Mesir, pada Ahad (02/02/2020) malam, menurut sumber keamanan dan saksi mata seperti dilansir AFP.

Sumber-sumber tersebut mengatakan kepada AFP bahwa sekelompok pria bersenjata bertopeng datang mengendarai roda empat, meledakkan pipa gas di daerah Al-Touloul, sekitar 80 km barat kota Al-Arish. Mereka menempatkan bom di bawah pipa gas tersebut.

Tidak ada korban yang dilaporkan dalam serangan itu. Belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab.

Sumber-sumber itu mengonfirmasi bahwa jalur itu merupakan jalur pipa penghubung dalam negeri, bukan jalur internasional. Pipa gas itu untuk memasok bahan bakar ke pembangkit tenaga uap di El-Arish, rumah, kawasan industri dan pabrik semen di Sinai tengah.

Sementara media Mesir dan Israel mengatakan bahwa ledakan itu menargetkan saluran pipa yang menghubungkan ladang Leviathan di Israel ke Mesir.

Setelah serangan itu, pasukan keamanan menyisir daerah sekitar untuk mencari pelakunya. Sementara operator saluran gas Sinai Utara menutup penyaluran minyak dan gas mengarah ke daerah Al-Arish.

Dua minggu lalu, Israel mulai memompa gas alam ke Mesir untuk likuidasi dan ekspor kembali ke Eropa, dalam implementasi perjanjian 15-miliar dolar 15 tahun.

Ini adalah pertama kalinya Israel mengekspor gas ke tetangganya, yang pada 1979 menjadi negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian damai.

Israel sebelumnya membeli gas dari Mesir, tetapi jaringan pipa tanah telah berulang kali menjadi sasaran serangan oleh kelompok-kelompok Islam di Sinai pada 2011 dan 2012.

Gas Israel datang dari dua ladang Tamar dan Leviathan ke Mesir melalui pipa East Mediterranean Gas Company, yang sebagian besar di bawah air dan menghubungkan antara kota pesisir Israel, Ashkelon dan kota Mesir, El-Arish.

Produksi dimulai di ladang Tamar pada 2013, dan cadangannya diperkirakan mencapai 238 miliar meter kubik (8,4 triliun kaki kubik).

Diperkirakan Leviathan, yang mulai memompa gas pada akhir Desember, mengandung 535 miliar meter kubik (18,9 triliun kaki kubik) gas alam, bersama dengan 34,1 juta barel kondensat.

Selama bertahun-tahun, Mesir menghadapi pemberontakan Islam di Sinai Utara, yang meningkat setelah tentara menggulingkan Presiden Islam Mohamed Morsi pada 2013 setelah protes massa populer.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Gus Sholah, Ulama Pembela Agama dan Hak Asasi Manusia

Indonesia kembali kehilangan sosok ulama kharismatik, yaitu KH. Sholahuddin Wahid atau yang akrab dengan sapaan Gus Sholah.

Senin, 03/02/2020 00:31 0

Indonesia

KH Luthfi Bashori: Gus Sholah Selalu Membela Islam

langkah-langkah Gus Sholah itu selalu membela Islam dan dekat dengan kelompok-kelompok pergerakan Islam

Ahad, 02/02/2020 23:20 0

Indonesia

Innalilahi, KH Sholahuddin Wahid Meninggal Dunia

Ulama KH. Sholahuddin Wahid atau yang akrab dengan sapaan Gus Sholah meninggal dunia.

Ahad, 02/02/2020 22:29 0

Video News

Kesaksian WNI Saat di Xinjiang: Mencari Masjid Susah, Warga Diawasi Ketat

Umaier Khaz pada akhir tahun 2019 mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Cina tepatnya di Xinjiang. Kunjungan tersebut ia agendakan terkait adanya kabar penyiksaan yang diberikan pemerintahan Cina terhadap Muslim Uighur yang ada di Xinjiang.

Sabtu, 01/02/2020 18:28 0

Indonesia

Musholla Al-Hidayah Minahasa Dirusak, FPI: Sama Saja Menantang Perang

Pengerusakan ini sama saja seperti menantang perang dengan umat Islam

Sabtu, 01/02/2020 17:20 1

Indonesia

Enam Terduga Perusak Musholla Al-Hidayah Minahasa Utara Ditangkap

Enam orang yang diduga perusakan Musholla Al-Hidayah di Perum Agape, Minahasa, Sulawesi Utara ditangkap pihak kepolisian.

Sabtu, 01/02/2020 17:02 0

Indonesia

Jumlah Penderita HIV Meningkat, Warga Depok Aksi Tolak LGBT

Sejumlah komunitas pemuda dan organisasi masyarakat menggelar aksi Tolak LGBT dengan melakukan longmarch dari Lampu Merah Ramanda menuju Kantor Walikota Depok.

Sabtu, 01/02/2020 14:16 0

Indonesia

Perusakan Musholla Al-Hidayah Minahasa Ternyata Bukan Pertama Kali

Yusuf juga menyebut pengerusakan Masjid Al Hidayah ini bukan terjadi pertama kali, melainkan kali kedua.

Jum'at, 31/01/2020 22:44 0

Video News

MER-C Siap Diperbantukan untuk Evakuasi WNI di Wuhan

MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) mengaku siap diperbantukan bahkan siap diberangkatkan ke Wuhan, Cina dalam rangka menanggulangi wabah Corona.

Jum'at, 31/01/2020 22:15 0

Indonesia

KAHMI Tegaskan Perusak Mushalla Minahasa Utara Intoleran

Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Sulawesi Utara mengecam perusakan Mushalla Al-Hidayah di Minahasa Utara

Jum'at, 31/01/2020 15:27 0

Close