... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KH Luthfi Bashori: Gus Sholah Selalu Membela Islam

Foto: KH. Luthfi Basori

KIBLAT.NET, Jakarta – Tokoh Nahdlatul Ulama Jawa Timur, KH. Luthfi Basori turut berduka cita atas wafatnya KH. Sholahuddin Wahid. Kyai Lutfhi mengungkapkan bahwa dirinya dan Gus Sholah sangat akrab.

“Cukup lama saya kenal dekat Gus Sholah. Bahkan jika bertemu berdua saja, beliau selalu memanggil saya Dik Luthfi dan saya pun memanggil beliau, Mas Sholah,” katanya kepada Kiblat.net pada Ahad (02/02/2020).

Kedekatan Kyai Luthfi dengan Almarhum semakin erat saat pertama diterapkan adanya Multi Partai, pasca gerakan reformasi lengsernya Pak Harto. Saat itu, Gus Sholah bersama sang Paman, KH. Yusuf Hasyim membuat partai baru, PKU (Partai Kebangkitan Umat).

“Kedua beliau ini minta agar saya ikut membantu, dan saya menyanggupinya. Namun saya menyatakan tidak bersedia ikut dalam kepengurusan partai secara resmi. Maka sesuai janji, saya ajak Gus Sholah keliling Jawa Timur, hingga akhirnya PKU mendapat dua kursi dari Jawa Timur untuk DPR RI,” paparnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa walaupun figur Gus Sholah yang low profile, namun beliau cukup berani mengatakan ‘tidak’ terhadap suatu kemunkaran. Baik dalam dunia kemasyarakatan, keorganisasian maupun dalam tataran kenegaraan.

“Dan yang menggembirakan saya, langkah-langkah Gus Sholah itu selalu membela Islam dan dekat dengan kelompok-kelompok pergerakan Islam tanpa dibatasi sekat keorganisasian,” jelasnya.

Walaupun beliau adalah cucu pendiri NU, kata dia, namun beliau tidak fanatik buta terhadap keormasan NU. Misalnya, jika ada pengurus/struktur NU yang salah, maka dengan tegas Gus Sholah akan mengatakan salah, walaupun penyampaian dengan lembut dan datar.

BACA JUGA  Sejumlah BEM Merasa Dicatut Aliansi BEM DKI yang Kritik Anies

“Sedangkan terhadap tokoh Islam dari ormas Non NU, jika ada langkah yang dinilai benar, maka Gus Sholah juga tidak akan segan memujinya atau mengatakan benar. Walaupun terkadang harus berseberangan dengan pandangan kalangan struktur PBNU (NU),” tuturnya.

“Bagi saya, Almarhum Gus Sholah adalah figur yang bijak dan mempunyai ketabahan yang luar biasa, hingga sulit dicari duplikat beliau,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Kesaksian WNI Saat di Xinjiang: Mencari Masjid Susah, Warga Diawasi Ketat

Umaier Khaz pada akhir tahun 2019 mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Cina tepatnya di Xinjiang. Kunjungan tersebut ia agendakan terkait adanya kabar penyiksaan yang diberikan pemerintahan Cina terhadap Muslim Uighur yang ada di Xinjiang.

Sabtu, 01/02/2020 18:28 0

Suriah

Derita Warga Idlib, Terhina dan Tertindas di Negara Sendiri

Khaled Sabri dan keluarganya berkerumun di tempat penampungan sementara di Idlib utara. Dia masih terguncang setelah melarikan diri dari pemboman tiba-tiba di kotanya awal pekan ini.

Sabtu, 01/02/2020 11:08 0

News

Maskapai-maskapai Terkemuka Dunia Hentikan Penerbangan ke China

Papan pemberitahuan penerbangan online untuk bandara Beijing dan Shanghai menunjukkan banyak pembatalan untuk maskapai domestik dan asing pada hari Rabu:

Sabtu, 01/02/2020 10:52 0

Inggris

Brexit Terjadi, Inggris Akhirnya Keluar dari Uni Eropa

Uni Eropa sekarang kehilangan salah satu anggotanya pada Jumat (31/01/2020) untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Sabtu, 01/02/2020 09:57 0

Prancis

Prancis Tangkap Mantan Jubir Faksi Oposisi Suriah Jaisyul Islam

Ia dituduh melakukan kejahatan perang selama menjabat jubir

Sabtu, 01/02/2020 08:52 0

Turki

Turki Ancam Kerahkan Kekuatan untuk Hadapi Risiko Eskalasi di Idlib

Ratusan ribu warga sipil melarikan diri dari kemajuan pemerintah. Erdogan takut mereka mencoba melintasi perbatasan ke wilayah Turki.

Sabtu, 01/02/2020 08:29 0

Irak

Lagi, 5 Roket Jatuh di Pangkalan Militer AS di Irak

Pernyataan itu menambahkan bahwa jatuhnya mortir itu tidak mengakibatkan kerugian manusia atau material.

Sabtu, 01/02/2020 07:35 0

Video News

MER-C Siap Diperbantukan untuk Evakuasi WNI di Wuhan

MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) mengaku siap diperbantukan bahkan siap diberangkatkan ke Wuhan, Cina dalam rangka menanggulangi wabah Corona.

Jum'at, 31/01/2020 22:15 0

Suriah

10 Warga Tewas dalam Serangan Udara di RS Idlib, Rusia Berkelit

"Serangan udara Rusia menewaskan sedikitnya 10 warga sipil dan melukai 70 lainnya di dekat toko roti dan klinik medis di Ariha, sebuah kota di provinsi Idlib," menurut pekerja medis dan pejabat pertahanan sipil.

Jum'at, 31/01/2020 15:14 0

Turki

Turki Siapkan Pesawat Militer untuk Evakuasi Warga di China

Para pengungsi akan diminta untuk menandatangani pernyataan bahwa mereka sehat sebelum naik pesawat.

Jum'at, 31/01/2020 14:50 0

Close