Lagi, 5 Roket Jatuh di Pangkalan Militer AS di Irak

KIBLAT.NET, Baghdad – Tentara Irak melaporkan bahwa sedikitnya 5 mortir jatuh pada Jumat (31/01/2020) di dekat pangkalan militer yang menampung tentara Amerika di utara negara itu.

“Sedikitnya 5 mortir mendarat di dekat Pangkalan Angkatan Udara Qayyara di provinsi Nineveh (utara) yang didalamnya juga markas brigade ke-76 Divisi Infanteri ke-16 (Tentara Irak),” kata pernyataan media keamanan Irak seperti dilansir Anadolu Agency (AA).

Pernyataan itu menambahkan bahwa jatuhnya mortir itu tidak mengakibatkan kerugian manusia atau material.

Sementara itu, sebuah sumber di dalam tentara Irak mengatakan kepada AA bahwa helikopter keamanan terbang berputar-putar di pangkalan dan sekitarnya setelah serangan itu.

Pangkalan militer Irak yang menampung tentara Amerika serta kedutaan besar Amerika di Baghdad berulang kali menjadi sasaran roket dalam beberapa pekan terakhir. Sejauh ini, serangan-serangan itu menewaskan seorang kontraktor AS yang bekerja di Pentagon.

Frekuensi serangan-serangan ini meningkat setelah pembunuhan Komandan Pasukan Quds Garda Revolusi Iran Qassem Soleimani dan pemimpin Al-Hasd Al-Syakbi Irak Abu Mahdi Al-Muhandis dalam serangan udara AS di dekat bandara Baghdad pada tanggal 3 Januari.

Washington menuduh brigade “Hizbullah” Irak, yang menerima dana dan pelatihan dari Teheran, berada di balik serangkaian roket yang menargetkan pasukannya itu. Di sisi lain, Hizbullah Irak mengancam akan menargetkan tentara Amerika setelah pembunuhan Soleimani.

AS mengerahkan sekitar lima ribu tentara di pangkalan militer di seluruh Irak, dalam koalisi internasional untuk melawan organisasi teroris “ISIS”.

Sumber: AA
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat