Turki Siapkan Pesawat Militer untuk Evakuasi Warga di China

KIBLAT.NET, Ankara – Otoritas Turki mempersiapkan proses evakuasi bagi warganya di Wuhan China, pusat penyebaran wabah virus corona. Sebuah pesawat kargo militer A400M dijadikan ambulans udara, yang dijadwalkan berangkat ke China, Kamis (30/01/2020 ) untuk membawa pulang 34 warganya.

Pesawat itu juga akan menerbangkan tujuh warga Azerbaijan, tujuh warga Georgia, dan satu warga negara Albania ke Turki.

Pesawat yang dikoordinir oleh Kementerian Kesehatan Turki, diperkirakan lepas landas Kamis dari lapangan terbang militer Etimesgut di ibu kota Ankara.

Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TİKA) juga memuat peralatan medis ke dalam pesawat, termasuk 1.000 pakaian biohazard, 93.500 masker wajah dengan filter pelindung dan 1.000 pakaian pelindung sekali pakai, untuk mengirim ke China untuk bantuan dalam memerangi wabah.

Para pengungsi akan diminta untuk menandatangani pernyataan bahwa mereka sehat sebelum naik pesawat. Sementara dokter Turki akan memeriksa pengungsi sebelum mereka naik ke pesawat.

Sementara itu, maskapai andalan Turkish Airlines (THY) mengumumkan pengurangan penerbangan dalam beberapa hari mendatang antara Turki dan China di Beijing, Guangzhou, Shanghai dan Xian.

Penasihat media THT Yahya Üstün mengatakan bahwa jumlah penerbangan yang direncanakan ke dan dari kota-kota China akan berkurang dari 5 Februari hingga 29 Februari.

Menurut Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca, keputusan untuk evakuasi datang setelah warga menghubungi pihak Kementerian Luar Negeri dan meminta bantuan untuk meninggalkan kota, yang diblokade oleh otoritas Tiongkok.

“Kami tidak ingin semua warga kami di luar negeri berisiko terkena infeksi. Kami berhubungan erat dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kami juga mengambil semua langkah yang diperlukan untuk izin.”

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat