Wabah Virus Wuhan, Filipina Batasi Masuknya WN China

KIBLAT.NET, Manila – Biro Imigrasi Filipina untuk sementara waktu akan berhenti mengeluarkan visa turis untuk mengantisipasi kedatangan warga negara China. Langkah ini diambil untuk membantu memastikan negara itu tetap bebas dari virus corona baru.

“Kami mengambil langkah proaktif ini untuk memperlambat perjalanan, dan mungkin membantu mencegah masuknya 2019-nCov,” Jaime Morente, komisaris biro mengatakan dalam sebuah pernyataan, Selasa (28/01/2020).

Wabah virus, yang dimulai di kota Wuhan di China pada pertengahan Desember, telah menginfeksi lebih dari 4.000 orang di China dan menewaskan lebih dari 100 orang.

Kasus-kasus juga telah dikonfirmasi di Singapura, Thailand, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Nepal, Jerman dan Amerika Serikat.

Virus ini masih menjadi warning, karena masih terlalu dini untuk mengetahui betapa berbahayanya dan betapa mudahnya menyebar di antara manusia. Karena merupakan jenis baru, manusia belum dapat membangun kekebalan terhadapnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Senin, bahwa masih belum jelas apakah virus yang mematikan itu menular selama masa inkubasinya, sebelum gejala muncul.

Sementara WHO tidak menjelaskan pernyataan yang dibuat oleh otoritas China bahwa orang yang terinfeksi dapat menyebarkan penyakit sebelum mereka menunjukkan gejala demam atau kesulitan pernapasan.

Sumber: CNA
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat