... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Daftar Negara yang Terinfeksi Virus Corona, dari Malaysia Hingga AS

Foto: Pemerintah China juga menerjunkan polisi untuk mencegah penyebaran wabah virus Corona [AFP]

KIBLAT.NET, Wuhan – Virus Corona telah menjadi wabah yang menyebar dengan cepat. Tak hanya di negara tempat munculnya virus mematikan itu, Corona juga menyebar ke negara-negara lain. Berikut negara-negara yang sudah terinfeksi, seperti dilaporkan AFP pada Ahad (26/01/2020).

1. China

Sekitar dua ribu orang di Tiongkok tertular virus ini. Setidaknya 56 di antaranya tewas, menurut hitungan resmi terbaru pada Sabtu lalu. Mayoritas korban berada di wilayah Yuhuan, sementara empat lainnya meninggal di luar wilayah ini.

Setidaknya lima orang warga negara semi otonom Hong Kong positif terinfeksi Corona. Beberapa dari mereka terinfeksi setelah pulang Wuhan, tempat munculnya virus tersebut.

Di Makau, lima orang juga dilaporkan tertular. Pada 22 Januari, pihak berwenang mengumumkan korban positif pertama pada seorang pengusaha wanita berusia 52 tahun yang tiba tiga hari sebelumnya dengan kereta api dari Zhuhai, Cina.

2. Thailand

Setidaknya lima orang positif terinfeksi Corona di negara ini. Mereka terdiri dari empat warga negara China dari Wuhan yang tinggal di Thailand dan satu warga negara lokal.

Di Thailand, tercatat infeksi pertama yang terjadi di luar China pada 8 Januari. Virus itu menginfeksi seorang wanita yang pulang setelah berkunjung ke Wuhan.

3. Australia

Empat korban virus Corona dikonfirmasi di Australia pada 25 Januari. Orang pertama yang terkena infeksi, seorang pria yang tiba di Melbourne dari Wuhan seminggu sebelumnya. Adapun sisanya, mereka juga mengunjungi China.

4. Malaysia

Setidaknya empat orang terinfeksi Corona. Kesemuanya warga China yang datang dari Wuhan. Mereka berkunjung ke Malaysia untuk berlibur. Di antara mereka seorang wanita berusia 66 tahun dan dua anak lelaki yang tiba dua hari yang lalu melalui Singapura, dan seorang lelaki berusia 40-an yang tiba dengan menumpangi sebuah bus dengan sekelompok turis Tiongkok.

BACA JUGA  Masjid-masjid di Arab Saudi Kembali Dibuka

5. Singapura

Pada 23 Januari, laporan korban terinfeksi virus Corona pertama pada seorang pria berusia 66 tahun. Tiga hari sebelumnya, lansia itu tiba dari Wuhan. Ia menderita panas dan batuk setibanya di Singapura. Putranya yang berusia 37 tahun, yang menemaninya, ditemukan juga mengalami gejala sama dan positif Corona.

Seorang wanita berusia lima puluh dua tahun yang tinggal di Wuhan, yang tiba di Singapura pada 21 Januari, juga terinfeksi. Kasus keempat diumumkan pada Ahad menjangkiti seorang pria berusia 36 tahun yang tiba di Singapura pada Rabu.

6. Perancis
Prancis merupakan negara Eropa pertama yang terinfeksi virus Corona. Sedikitnya tiga korban tercatat terkena virus ini. Tercatat tiga orang terinfeksi. Salah satu di Bordeaux dan yang lainnya di Paris. Ketiganya telah melakukan perjalanan ke China baru-baru ini.

7. Jepang

Kasus pertama di Jepang tercatat pada seorang pria tiga puluh tahun yang dirawat di rumah sakit pada 10 Januari karena demam tinggi dan gejala lainnya. Ia sakit setelah pulang dari Wuhan, beberap hari sebelumnya.

Dua kasus lain dicatat setelah dua tes untuk dua orang yang tinggal di Wuhan.

8. Taiwan

Empat korban terserang Corona di Taiwan. Yang terakhir menimpa seorang wanita berusia 50 tahun yang habis pulang berlibur dari Wuhan.

9. Korea Selatan

Kasus korban Corona pertama di Korea Selatan terdeteksi pada seorang warga China berusia 35 tahun, yang tiba di Seoul pada 19 Januari dengan menumpangi pesawat dari Wuhan.

BACA JUGA  New Normal Tanpa Pengendalian Dinilai Berpotensi Timbulkan Bencana Lebih Besar

Dua pria lainnya yang bekerja di Wuhan juga positif Corona.

10. Amerika Serikat

Seorang lelaki berusia 30 tahun, yang mengunjungi wilayah Wuhan pada 15 Januari, dirawat di rumah sakit tidak jauh dari Seattle, kata pihak berwenang pada 21 Januari. Pria itu telah kembali dari Wuhan pada 15 Januari.

Kasus lain didaftarkan pada 24 Januari dengan seorang pria berusia 60 tahun yang tiba dari Wuhan pada 13 Januari dan tinggal di Chicago. Otoritas kesehatan setempat mengatakan mereka “dalam kondisi klinis yang baik.”

Pada Ahad, pihak berwenang mengumumkan bahwa orang ketiga telah terluka di California, yang telah mengunjungi Wuhan.

11. Vietnam
Tercatat dua korban Corona di negara ini. Mereka warga negara China dan sempat dirawat di rumah sakit pada 17 dan 18 Januari. Keduanya adalah seorang pria yang tiba dari Wuhan pada 13 Januari dan putranya, yang tinggal di Ho Chi Minh.

12. Nepal

Kasus pertama diumumkan pada 24 Januari di Nepal, oleh seorang siswa yang pulang dari sekolah di luar negeri pada 9 Januari.

13. Kanada

Di Kanada, baru dicurigai dua orang terkena Corona. Yaitu pada seorang pria berusia lima puluh tahun di Toronto, yang telah tinggal di Wuhan dan kembali pada 22 Januari.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

GNPF Ulama: Halangi Penuntasan Korupsi, Dewas KPK Harus Dibubarkan

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF Ulama) turut berkomentar terkait maraknya kasus korupsi

Sabtu, 25/01/2020 16:40 0

Video Kajian

Khutbah Jumat: Tinggalkan Segala yang Haram – Ust. Muizz Abu Turob

Diantara yang perlu diperhatikan oleh seorang muslim dan mukmin adalah hendaknya dia selalu memakan makanan yang halal.

Jum'at, 24/01/2020 19:34 0

Feature

Kisah Inspiratif: Tukang Becak Pendiri Rumah Sakit

Kematian ayah tercinta membuat Zainal Abidin mengambil keputusan yang mengubah hidupnya. Keputusan yang akan bermanfaat bagi ribuan sesama.

Jum'at, 24/01/2020 14:29 0

Indonesia

Syaikh Ali Jaber Resmi Jadi WNI

Penceramah Syaikh Ali Jaber resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Jum'at, 24/01/2020 02:48 0

Indonesia

Gelar Program Penceramah Bersertifikat, Kemenag Gandeng BNPT Hingga BPIP

ementerian Agama akan melaksanakan program penceramah bersertifikat.

Jum'at, 24/01/2020 02:36 0

Indonesia

Amnesty International Indonesia: Pengakuan Luthfi Dianiaya Polisi Harus Diusut

mnesti Internasional Indonesia memberikan respon terhadap kesaksian Luthfi Alfiandi, yang mengaku bahwa dirinya telah disiksa oleh aparat saat pemeriksaan di kepolisian.

Jum'at, 24/01/2020 02:25 0

Indonesia

Pemerintah Diminta Perhatikan Kondisi Kesehatan Narapidana

Pemerintah Diminta Perhatikan Kondisi Kesehatan Narapidana

Jum'at, 24/01/2020 02:18 0

Video News

Lagi, Napi Kasus Terorisme di LP Gunung Sindur Meninggal Dunia

Salah seorang narapidana teroris di Lapas Maximum Security Gunung Sindur kembali meninggal dunia. Rifaat Al-Barki, seorang tahanan asal Padang dikabarkan meninggal pada Rabu (22/1/2020) pagi.

Kamis, 23/01/2020 17:03 0

Indonesia

Lagi, Napi Kasus Terorisme di LP Gunung Sindur Meninggal Dunia

"Kami lagi di jalan ke RS Polri. Masih belum diketahui penyebab kematiannya apa," ujar Arif dihubungi Kiblat.net pagi ini.

Rabu, 22/01/2020 12:55 0

Artikel

Menilik Motif Peperangan: Menambang Uang dari Perang Aceh

Peristiwa dibunuhnya pejabat militer Iran, Jenderal Qassem Soleimani oleh AS dianggap sebagian pihak akan memicu peperangan besar. Tentu saja kita harus cermat menilai  satu peristiwa. Seringkali peperangan justru dimulai bukan dari yang terlihat. Motif-motif satu peperangan didorong oleh satu sebab yang tak tampak di permukaan.

Rabu, 22/01/2020 12:37 0

Close