... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Wabah Virus Corona, Turki Batalkan Setengah Kunjungan Turis China

Foto: Seorang pegawai memindahkan wadah limbah bio melewati pintu masuk Pusat Perawatan Medis Wuhan, tempat beberapa orang yang terinfeksi virus baru sedang dirawat, di Wuhan, Cina, 22 Januari 2020.

KIBLAT.NET, Ankara – Hampir setengah dari pemesanan visa oleh wisatawan Tiongkok untuk Turki dibatalkan menjelang periode perjalanan yang sibuk untuk China karena wabah virus baru yang mematikan di kota Wuhan di selatan negara Asia akhir bulan lalu.

Lebih dari 30.000 turis Tiongkok diperkirakan akan mengunjungi Turki pada bulan Januari, bulan yang sibuk bagi wisatawan China karena banyak orang membuat rencana liburan Tahun Baru Imlek di seluruh negeri dan luar negeri pada bulan ini. Tetapi jumlah ini sekarang cenderung menurun, perwakilan pariwisata telah stres.

Penyebaran wabah menyebabkan penutupan setidaknya 13 kota di China, termasuk Wuhan, Ezhou, Huanggang, Chibi, Qianjiang, Zhijiang, Jingmen dan Xiantao, semuanya di provinsi Hubei, China tengah, tempat penyakit terkonsentrasi.

Penerbangan dan kereta api juga dihentikan sebelumnya pada hari Kamis setelah patogen itu, yang dikenal dengan nama teknis 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV), pada hari Jumat telah merenggut 26 nyawa dan mempengaruhi ratusan orang di kota-kota Cina. Virus ini ditemui dalam beberapa kasus di sembilan negara lain, termasuk Hong Kong, Makao, Amerika Serikat, Jepang, Taiwan, Korea Selatan, Thailand, Singapura dan Vietnam.

Ahmet Serdar Körükçü, ketua Dorak Tourism and Real Estate Inc., penyedia layanan pariwisata bagi sekitar 80% turis Tiongkok yang bepergian ke Turki, mengatakan bahwa perusahaan itu menerima lebih dari 5.000 permintaan pembatalan minggu lalu saja.

BACA JUGA  Erdogan Ancam Militer Suriah

Körükçü mencatat bahwa ada permintaan pembatalan untuk pemesanan yang dilakukan dari Malaysia dan Jepang juga.

Jumlah wisatawan China yang mengunjungi Turki telah meningkat selama empat tahun terakhir. Total 403.739 turis Tiongkok datang ke Turki tahun lalu, sedangkan jumlahnya 313.704 pada tahun 2015. Sekitar 25.033 dari mereka melakukan perjalanan ke negara itu pada bulan pertama tahun 2019, sementara hampir 7 juta turis China diperkirakan telah melakukan perjalanan ke luar negeri pada saat yang sama.

Virus corona telah menginfeksi seribu lebih orang di China dan luar negeri. Laporan jumlah yang tewas telah mencapai 41 orang, sejak laporan muncul di kota Wuhan awal bulan ini.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dia menunda keputusan apakah akan mengumumkan darurat kesehatan global atau tidak – instrumen langka yang hanya digunakan untuk wabah terburuk. Dia mengatakan masih membutuhkan “informasi lebih lanjut.”

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Khutbah Jumat: Tinggalkan Segala yang Haram – Ust. Muizz Abu Turob

Diantara yang perlu diperhatikan oleh seorang muslim dan mukmin adalah hendaknya dia selalu memakan makanan yang halal.

Jum'at, 24/01/2020 19:34 0

Feature

Kisah Inspiratif: Tukang Becak Pendiri Rumah Sakit

Kematian ayah tercinta membuat Zainal Abidin mengambil keputusan yang mengubah hidupnya. Keputusan yang akan bermanfaat bagi ribuan sesama.

Jum'at, 24/01/2020 14:29 0

Indonesia

Syaikh Ali Jaber Resmi Jadi WNI

Penceramah Syaikh Ali Jaber resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Jum'at, 24/01/2020 02:48 0

Indonesia

Gelar Program Penceramah Bersertifikat, Kemenag Gandeng BNPT Hingga BPIP

ementerian Agama akan melaksanakan program penceramah bersertifikat.

Jum'at, 24/01/2020 02:36 0

Indonesia

Amnesty International Indonesia: Pengakuan Luthfi Dianiaya Polisi Harus Diusut

mnesti Internasional Indonesia memberikan respon terhadap kesaksian Luthfi Alfiandi, yang mengaku bahwa dirinya telah disiksa oleh aparat saat pemeriksaan di kepolisian.

Jum'at, 24/01/2020 02:25 0

Indonesia

Pemerintah Diminta Perhatikan Kondisi Kesehatan Narapidana

Pemerintah Diminta Perhatikan Kondisi Kesehatan Narapidana

Jum'at, 24/01/2020 02:18 0

Video News

Lagi, Napi Kasus Terorisme di LP Gunung Sindur Meninggal Dunia

Salah seorang narapidana teroris di Lapas Maximum Security Gunung Sindur kembali meninggal dunia. Rifaat Al-Barki, seorang tahanan asal Padang dikabarkan meninggal pada Rabu (22/1/2020) pagi.

Kamis, 23/01/2020 17:03 0

Indonesia

Lagi, Napi Kasus Terorisme di LP Gunung Sindur Meninggal Dunia

"Kami lagi di jalan ke RS Polri. Masih belum diketahui penyebab kematiannya apa," ujar Arif dihubungi Kiblat.net pagi ini.

Rabu, 22/01/2020 12:55 0

Artikel

Menilik Motif Peperangan: Menambang Uang dari Perang Aceh

Peristiwa dibunuhnya pejabat militer Iran, Jenderal Qassem Soleimani oleh AS dianggap sebagian pihak akan memicu peperangan besar. Tentu saja kita harus cermat menilai  satu peristiwa. Seringkali peperangan justru dimulai bukan dari yang terlihat. Motif-motif satu peperangan didorong oleh satu sebab yang tak tampak di permukaan.

Rabu, 22/01/2020 12:37 0

Indonesia

Langgar Kesepakatan Soal BPJS, Pemerintah Dinilai Tak Pro Rakyat Kecil

Pernyataan ini untuk menunjukkan betapa kecewanya para wakil rakyat atas tidak dilaksanakannya hasil rapat tanggal 12 Desember 2019.

Selasa, 21/01/2020 13:06 0

Close