... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

China Isolasi 40 Juta Orang Lebih Akibat Wabah Corona

Foto: Virus corona

KIBLAT.NET, Beijing – Pemerintah China baru-baru ini mengisolasi sebanyak 40 juta orang lebih untuk menahan penyebaran virus korona yang mematikan. Sejumlah besar situs wisata yang sangat popular ditutup, termasuk bagian dari Tembok Besar China yang terkenal.

Jumlah kematian akibat epidemi virus di China telah meningkat menjadi 26 dari 830 orang yang terjangkiti virus tersebut. Sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menahan diri dari menyatakan darurat kesehatan internasional.

Penyakit misterius ini muncul Desember lalu di pasar grosir makanan laut di Wuhan, China tengah.

Dari 830 kasus, 177 dianggap serius —menurut angka terakhir— sementara 34 orang pulih dan dibolehkan pulang dari rumah sakit. Sebanyak seribu orang lebih tengah diperiksa karena diduga terindikasi terserang virus tersebut.

Dilaporkan terjadi dua kematian akibat virus tersebut untuk pertama kalinya, justeru jauh dari daerah pusat sumber virus. Korban pertama itu dari kota Hubei, wilayah di sekitar ibukota Beijing, dan yang kedua dari Provinsi Heilongjiang, yang berbatasan dengan Rusia.

Provinsi Wuhan yang penduduknya berjumlah 11 juta jiwa dikarantina sejak Kamis. Jalan-jalan sepi, toko-toko tutup, dan lalu lintas dibatasi seminimal mungkin. Mengenakan topeng pelindung menjadi wajib. Bahkan polisi diturunkan untuk menahan warga yang keluar tanpa penutup hidup.

Perayaan Imlex dibatalkan dan situs wisata ditutup untuk mencegah penyebaran virus. Biasanya China merima ribuan wisatawan dari berbagai negara selama perayaan Tahun Baru China.

BACA JUGA  Terkait Uighur, Seruan Boikot Film Mulan Menggema

Sebagai tanda keprihatinan di seluruh China, pihak berwenang mengumumkan penutupan bagian dari Tembok Besar China dan situs simbolik seperti Makam Ming. Stadion Nasional Beijing, yang dibangun untuk Olimpiade 2008, akan tetap ditutup hingga akhir bulan ini.

Di Beijing, “Kota Terlarang” (istana kekaisaran lama) juga ditutup sejak Kamis hingga pemberitahuan lebih lanjut. Perayaan Tahun Baru yang biasanya dihadiri ratusan juta orang di taman dibatalkan untuk dirayakan. Staf metro mengenakan seragam untuk melindungi diri mereka sendiri, dan mengukur panas badan penumpang di pintu masuk Stasiun.

Di Shanghai, taman hiburan Disneyland mengumumkan penutupan pintunya. Dari Montreal, “Circus Dosolay” Kanada membatalkan tawaran yang dijadwalkan di Beijing atas permintaan pihak berwenang.

Dalam menghadapi krisis, rezim Komunis membuat keputusan pada Kamis yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mencegah semua kereta api dan pesawat meninggalkan Wuhan dan menutup jalan raya.

Beberapa pesawat pergi ke kota pada siang hari. Bus dan kapal di Sungai Yangtze –sungai terpanjang di Cina dan Wuhan di tepiannya– diperintahkan untuk berhenti di kedua arah.

Dengan rumah sakit yang penuh sesak, pihak berwenang mulai membangun rumah sakit yang ditunjuk untuk menerima 1.000 orang yang terinfeksi virus dalam sepuluh hari, dan diharapkan untuk membuka pintunya pada 3 Februari, menurut media resmi.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Khutbah Jumat: Tinggalkan Segala yang Haram – Ust. Muizz Abu Turob

Diantara yang perlu diperhatikan oleh seorang muslim dan mukmin adalah hendaknya dia selalu memakan makanan yang halal.

Jum'at, 24/01/2020 19:34 0

Feature

Kisah Inspiratif: Tukang Becak Pendiri Rumah Sakit

Kematian ayah tercinta membuat Zainal Abidin mengambil keputusan yang mengubah hidupnya. Keputusan yang akan bermanfaat bagi ribuan sesama.

Jum'at, 24/01/2020 14:29 0

Indonesia

Syaikh Ali Jaber Resmi Jadi WNI

Penceramah Syaikh Ali Jaber resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Jum'at, 24/01/2020 02:48 0

Indonesia

Gelar Program Penceramah Bersertifikat, Kemenag Gandeng BNPT Hingga BPIP

ementerian Agama akan melaksanakan program penceramah bersertifikat.

Jum'at, 24/01/2020 02:36 0

Indonesia

Amnesty International Indonesia: Pengakuan Luthfi Dianiaya Polisi Harus Diusut

mnesti Internasional Indonesia memberikan respon terhadap kesaksian Luthfi Alfiandi, yang mengaku bahwa dirinya telah disiksa oleh aparat saat pemeriksaan di kepolisian.

Jum'at, 24/01/2020 02:25 0

Indonesia

Pemerintah Diminta Perhatikan Kondisi Kesehatan Narapidana

Pemerintah Diminta Perhatikan Kondisi Kesehatan Narapidana

Jum'at, 24/01/2020 02:18 0

Video News

Lagi, Napi Kasus Terorisme di LP Gunung Sindur Meninggal Dunia

Salah seorang narapidana teroris di Lapas Maximum Security Gunung Sindur kembali meninggal dunia. Rifaat Al-Barki, seorang tahanan asal Padang dikabarkan meninggal pada Rabu (22/1/2020) pagi.

Kamis, 23/01/2020 17:03 0

Indonesia

Lagi, Napi Kasus Terorisme di LP Gunung Sindur Meninggal Dunia

"Kami lagi di jalan ke RS Polri. Masih belum diketahui penyebab kematiannya apa," ujar Arif dihubungi Kiblat.net pagi ini.

Rabu, 22/01/2020 12:55 0

Artikel

Menilik Motif Peperangan: Menambang Uang dari Perang Aceh

Peristiwa dibunuhnya pejabat militer Iran, Jenderal Qassem Soleimani oleh AS dianggap sebagian pihak akan memicu peperangan besar. Tentu saja kita harus cermat menilai  satu peristiwa. Seringkali peperangan justru dimulai bukan dari yang terlihat. Motif-motif satu peperangan didorong oleh satu sebab yang tak tampak di permukaan.

Rabu, 22/01/2020 12:37 0

Indonesia

Langgar Kesepakatan Soal BPJS, Pemerintah Dinilai Tak Pro Rakyat Kecil

Pernyataan ini untuk menunjukkan betapa kecewanya para wakil rakyat atas tidak dilaksanakannya hasil rapat tanggal 12 Desember 2019.

Selasa, 21/01/2020 13:06 0

Close