... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Al-Jubeir: Tak Ada Hubungan antara Saudi dan Israel

Foto: Menlu Saudi, Adil Al-Jubair

KIBLAT.NET, Riyadh – Menteri Negara Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al-Jubeir, mengatakan pada Jumat (24/01/2020) bahwa tidak ada hubungan antara negaranya dan Israel.

Pernyataan itu disampaikan Al-Jubeir pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Hongaria, Peter Zegartu, di ibukota Budapest, seperti dilansir Anadolu Agency (AA) dari saluran Saudi Al-Arabiya.

Al-Jubeir mengatakan bahwa negaranya menganut prinsip “solusi dua negara” sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB.

Sebelumnya Jumat, Al-Jubeir memulai kunjungan tak terbatas ke Hongaria, di mana ia akan bertemu dengan sejumlah pejabat.

Komentar Al-Jubeir datang beberapa jam setelah Presiden AS Donald Trump mengumumkan akan mengungkap rencananya untuk menyelesaikan konflik Timur Tengah, yang dikenal sebagai “Kesepakatan Abad Ini”, sebelum Selasa depan.

“Kesepakatan Abad Ini” adalah rencana perdamaian yang disiapkan oleh pemerintahan Trump yang dikatakan didasarkan pada pemaksaan Palestina untuk membuat konsesi yang tidak adil demi kepentingan Israel, termasuk status Yerusalem Timur yang diduduki, dan hak pengembalian pengungsi.

Dengan pengecualian Mesir dan Yordania, negara-negara Arab tidak memiliki hubungan diplomatik publik dengan Israel.

Meskipun demikian, langkah normalisasi meningkat selama periode terakhir dalam berbagai bentuk antara Israel dan Arab, melalui partisipasi Israel dalam kegiatan olahraga dan budaya yang diadakan oleh negara-negara Arab.

Patut dicatat bahwa beberapa faksi Palestina, termasuk Hamas, Jihad Islam, dan Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina, Oktober lalu menolak kunjungan tim Saudi ke Ramallah untuk bertemu dengan mitranya di Palestina, dan menganggapnya semacam normalisasi dengan Israel.

BACA JUGA  Kawanan Belalang Serang Tanaman di Seluruh Wilayah Saudi

Federasi sepakbola Arab biasanya menolak bermain di Tepi Barat, karena masuk ke sana memerlukan visa masuk Israel, suatu langkah yang biasanya disertai dengan tuduhan normalisasi.

Pada Agustus 2019, Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan bahwa pihaknya bertujuan untuk melakukan normalisasi secara terbuka dengan negara-negara Teluk, yang tidak memiliki hubungan resmi.

Menurut pengamatan AA sebelumnya, langkah-langkah resmi Arab untuk normalisasi dengan Israel, yang dipegang oleh orang-orang di wilayah itu sebagai Palestina yang diduduki dan tanah Arab lainnya, mengalami percepatan melalui banyak cara publik.

Sumber: AA
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video Kajian

Khutbah Jumat: Tinggalkan Segala yang Haram – Ust. Muizz Abu Turob

Diantara yang perlu diperhatikan oleh seorang muslim dan mukmin adalah hendaknya dia selalu memakan makanan yang halal.

Jum'at, 24/01/2020 19:34 0

Feature

Kisah Inspiratif: Tukang Becak Pendiri Rumah Sakit

Kematian ayah tercinta membuat Zainal Abidin mengambil keputusan yang mengubah hidupnya. Keputusan yang akan bermanfaat bagi ribuan sesama.

Jum'at, 24/01/2020 14:29 0

Indonesia

Syaikh Ali Jaber Resmi Jadi WNI

Penceramah Syaikh Ali Jaber resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Jum'at, 24/01/2020 02:48 0

Indonesia

Gelar Program Penceramah Bersertifikat, Kemenag Gandeng BNPT Hingga BPIP

ementerian Agama akan melaksanakan program penceramah bersertifikat.

Jum'at, 24/01/2020 02:36 0

Indonesia

Amnesty International Indonesia: Pengakuan Luthfi Dianiaya Polisi Harus Diusut

mnesti Internasional Indonesia memberikan respon terhadap kesaksian Luthfi Alfiandi, yang mengaku bahwa dirinya telah disiksa oleh aparat saat pemeriksaan di kepolisian.

Jum'at, 24/01/2020 02:25 0

Indonesia

Pemerintah Diminta Perhatikan Kondisi Kesehatan Narapidana

Pemerintah Diminta Perhatikan Kondisi Kesehatan Narapidana

Jum'at, 24/01/2020 02:18 0

Video News

Lagi, Napi Kasus Terorisme di LP Gunung Sindur Meninggal Dunia

Salah seorang narapidana teroris di Lapas Maximum Security Gunung Sindur kembali meninggal dunia. Rifaat Al-Barki, seorang tahanan asal Padang dikabarkan meninggal pada Rabu (22/1/2020) pagi.

Kamis, 23/01/2020 17:03 0

Indonesia

Lagi, Napi Kasus Terorisme di LP Gunung Sindur Meninggal Dunia

"Kami lagi di jalan ke RS Polri. Masih belum diketahui penyebab kematiannya apa," ujar Arif dihubungi Kiblat.net pagi ini.

Rabu, 22/01/2020 12:55 0

Artikel

Menilik Motif Peperangan: Menambang Uang dari Perang Aceh

Peristiwa dibunuhnya pejabat militer Iran, Jenderal Qassem Soleimani oleh AS dianggap sebagian pihak akan memicu peperangan besar. Tentu saja kita harus cermat menilai  satu peristiwa. Seringkali peperangan justru dimulai bukan dari yang terlihat. Motif-motif satu peperangan didorong oleh satu sebab yang tak tampak di permukaan.

Rabu, 22/01/2020 12:37 0

Indonesia

Langgar Kesepakatan Soal BPJS, Pemerintah Dinilai Tak Pro Rakyat Kecil

Pernyataan ini untuk menunjukkan betapa kecewanya para wakil rakyat atas tidak dilaksanakannya hasil rapat tanggal 12 Desember 2019.

Selasa, 21/01/2020 13:06 0

Close